Upaya Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Melalui Model Pembelajaran Snowball Throwing pada Materi Litosfer pada KD Hubungan Manusia Dan Lingkungan Akibat Dinamika Litosfer Siswa Kelas X SMA
Upaya Meningkatkan Hasil Belajar
Siswa Melalui Model Pembelajaran Snowball Throwing pada Materi Litosfer pada KD
Hubungan Manusia Dan Lingkungan Akibat Dinamika Litosfer Siswa Kelas X SMA
BAB I
PENDAHULUAN
1.1. Latar Belakang Masalah
Pendidikan adalah hal urgen yang diperlukan
untuk setiap insan untuk mendapat pengetahuan, wawasan serta menambah martabat dalam kehidupan.
Manusia berhak mendapatkan edukasi yang pantas sesuai perkembangannya.
Pendidikan ini didapatkan melalui
proses dari edukasi dasar,
menengah,hingga perguruan
tinggi. Pengetahuan yang didapatkan melalui edukasi akan paling berguna untuk kehidupan bakal datang manakala masing-masing orang dapat memanfaatkan dan mengoptimalkan edukasi didapatnya sekitar ini.
Pembelajaran terpusat pada guru
sampai ketika ini masih menemukan sejumlah kelemahan. Kelemahan itu dapat disaksikan pada ketika berlangsungnya
proses pembelajaran di kelas, interaksi aktif antara murid dengan guru atau
murid dengan murid jarang
terjadi. Siswa tidak cukup terampil membalas pertanyaan atau bertanya mengenai konsep yang diajarkan. Siswa
kurang dapat bekerja dalam kumpulan diskusi dan solusi masalah yang diberikan. Mereka ingin belajar sendiri-sendiri.
Pengetahuan yang didapat bukan di bina sendiri
secara bertahap oleh murid atas
dasar pemahaman sendiri. Karena murid jarang mengejar jawaban atas persoalan atau konsep yang
dipelajari.
Salah satu masalah yang dihadapi
dunia edukasi di Indonesia ialah rendahnya mutu edukasi Indonesia. Banyak hal yang dapat mengakibatkan hal tersebut, salah satunya diakibatkan karena proses pembelajaran di SMA yang tidak efektif
dan efisien, sampai-sampai hasil
belajar murid SMA ingin rendah. Di Indonesia, model
pembelajarannya masih didominasi oleh model pengajaran yang verbalistik
(ceramah) dan proses pembelajaran masih terpusat pada pengajar atau teacher
centered (Jamil, 2013: 286). Mengakibatkan, siswa tidak cukup didorong guna
mengembangkan keterampilan dalam menambah hasil belajar. Proses
pembelajaran di dalam ruang belajar hanya ditunjukkan kepada keterampilan siswa guna menghafal informasi tanpa
dituntut untuk mengetahui informasi itu dengan kaitannya pada pekerjaan sehari – hari. Sehingga murid akan kesulitan bila mana mendapatkan soal-soal yang memerlukan penalaran.
Salah satu cara pembelajaran yang tepat ialah metode pembelajaran snowball throwing dengan evaluasi portofolio. Snowball throwing ialah suatu cara pembelajaran yang
dimulai dengan pembentukan
kumpulan yang diwakili ketua
kumpulan untuk mendapat tugas dari guru lantas masing-masing siswa
menciptakan pertanyaan yang
disusun seperti bola (kertas pertanyaan) kemudian dilempar ke murid
lain yang setiap siswa membalas pertanyaan dari bola yang didapatkan (Kisworo, 2008:11).
Berdasarkan hasil observasi mula peneliti di ruang belajar X SMA Negeri 1 ...
Kabupaten ... saat mengerjakan PPL, mengindikasikan bahwa dalam pembelajaran
Geografi guru masih memakai model
pembelajaran konvensional atau cara ceramah.
Dalam model pembelajaran konvensional siswa tidak cukup terlibat aktif dalam proses pembelajaran. Akibatnya
proses belajar berpusat pada guru, siswa
melulu menerima pembelajaran secara pasif sampai-sampai konsep yang tertanam gampang terlupakan sehingga mengakibatkan respon
murid terhadap pembelajran semakin berkurang serta kurangnya minat murid dalam belajar Geografi sebab memandang pembelajaran Geografi
pembelajaran yang membosankan.
Hal yang demikian menyebabkan rendahnya hasil belajar
siswa ruang belajar X SMA Negeri
1 ... pada latihan geografi khususnya padapelajaran litosfer. Di
masing-masing akhir semester masih ada murid yang mendapat nilai di bawah standar Kriteria
Ketuntasan Minimal (KKM) yang telah
diputuskan yaitu 75. Dari 25 orang murid di ruang belajar Xmelulu 15 murid yang mendapat nilai 75 yang mengisi nilai KKM,sedangkan
10 orang murid lainnya
mendapat nilai < 75. Hasil nilai itu
didapat dari hasil ulangan di
ruang belajar X SMA Negeri 1 ... Kabupaten .... Bagi memperbaiki urusan
itu perlu dibentuk suatu
model pembelajaran yang lebih komprehensip dan bisa mengaitkan pelajaran
teori dengan fakta yang terdapat di lingkungan sekitarnya.
Atas dasar itulah peneliti mengupayakan
mengembangkan pembelajaran dengan model pembelajaran Snowball Throwing.
Berdasarkan penyebab masalah
tersebut pilihan solusi yang
ditawarkanialah pengaruh hasil
belajar murid dengan memakai model pembelajaran Snowball
Throwing. Model pembelajaran Snowball Throwing (melempar bola salju) yakni strategi belajar yang dibuka dari guru memberi pelajaran awal, lantas membentuk kelompok-kelompok
dan memanggil setiap ketuakumpulan untuk menyerahkan penjelasan
mengenai materi. Masing-masing ketua kumpulan kembali ke kelompoknya masing-masing, lantas menjelaskan pelajaran yang dikatakan oleh guru untuk
temannya. Kemudian setiap siswa diserahkan satu eksemplar kertas kerja, guna menyebutkan satu pertanyaan apa
saja yang mencantol materi yang
sudah diterangkan oleh ketua
kelompok. Kemudian kertas yang mengandung
pertanyaan tersebut diciptakan seperti
bola dan dilempar dari satu murid ke murid yang lain sekitar ± 15 menit. Setelah murid dapat satu bola/ satu
pertanyaan,diserahkan kesempatan untuk siswa beda untuk membalas pertanyaan
yang tertulis dalam kertas berbentuk bola itu secara bergantian.
Kelebihan Model pembelajaran
Snowball Throwing seringkali siswa
menjadi lebih aktif dalam belajar,
murid dapat berkolaborasi untuk
memaksimalkan belajar, dan dapat
mencari potensi kepemimpinan
murid dalam kelompok. Sedangkan
kekurangan Model pembelajaran Snowball Throwing yakni pengetahuan tidak luas melulu berfokus pada pengetahuan selama siswasampai-sampai
siswa menjadi tidak cukup efektif.
Berdasarkan latar belakang di
atas, peneliti tertarik untuk
mengerjakan penelitian yang berjudul ”Upaya Meningkatkan Hasil Belajar
Siswa Melalui Model Pembelajaran Snowball Throwing pada Materi Litosfer pada KD
Hubungan Manusia Dan Lingkungan Akibat Dinamika Litosfer Siswa Kelas X SMA
Negeri 1 ...”.
1.2 Indentifikasi Masalah
Adapun indentifikasi masalah dalam riset ini yaitu:
1) Hasil belajar murid di SMA Negeri 1 ... Kabupaten ...
pada latihan Geografi belum
optimal, murid masih belum menjangkau tingkat ketuntasan dalam
proses belajar.
2) Tingkat Aktifitas guru dan murid belum sepenuhnya maksimal.
3) Tingkat Pemahaman murid Kelas X SMA Negeri 1 ...
Kabupaten ... dalam latihan masih
rendah.
1.3 Rumusan Masalah
Berdasarkan persoalan di atas, maka penulis memutuskan rumusan masalah dalam riset ini merupakan:
1. Bagaimana penambahan hasil Belajar murid pada KD Hubungan Manusia dan
Lingkungan Akibat Dinamika Litosfer di Kelas X SMA Negeri 1 ... dengan memakai Model Pembelajaran Snowball
Throwing?
2. Bagaimana kegiatan guru dan murid dalam pengamalan pembelajaran pada KD Hubungan Manusia dan Lingkungan
Akibat Dinamika Litosfer dengan memakai Model
Pembelajaran Snowball Throwing di Kelas X SMA Negeri 1 ...?
3. Bagaimana respon murid terhadap Model Pembelajaran
Snowball Throwing di Kelas X SMA Negeri 1 ... pada KD Hubungan Manusia dan
Lingkungan Akibat Dinamika Litosfer?
1.4 Tujuan Penelitian
Seiring dengan rumusan masalah di
atas, maka yang menjadi tujuan riset tindakan ruang belajar ini merupakan:
1. Untuk memahami peningkatan hasil Belajar murid pada KD Hubungan Manusia dan Lingkungan Akibat Dinamika
Litosfer di Kelas X SMA Negeri 1 ... dengan memakai Model Pembelajaran Snowball Throwing?
2. Bagi mengetahui kegiatan guru
dan murid dalam pengamalan pembelajaran pada KD
Hubungan Manusia dan Lingkungan Akibat Dinamika Litosfer dengan memakai Model Pembelajaran Snowball
Throwing di Kelas X SMA Negeri 1 ...?
3. Untuk memahami respon murid terhadap
Model Pembelajaran Snowball Throwing di Kelas X SMA Negeri 1 ... pada KD
Hubungan Manusia dan Lingkungan Akibat Dinamika Litosfer?
1.5 Manfaat Penelitian
Hasil riset ini diinginkan bermanfaat untuk siswa, guru/peneliti dan
sekolah sebagai berikut:
1. Untuk peneliti, sebagai bahan pengetahuan dalam mengerjakan penelitian dengan model
Pembelajaran Snowball Throwing
khususnya dalamlatihan Geografi.
2. Manfaat untuk guru antara lain: Sebagai motivasi untuk guru latihan Geografi supaya menggunakan model pembelajaran
yang cocok dengan materi.
3. Manfaat untuk siswa antara beda adalah; murid secara aktif tercebur langsung dalam proses
pembelajaran sampai-sampai materi
yang di ajarkan lebih bermakna.
4. Manfaat untuk sekolah: Sebagai bahan masukan untuk sekolah supaya semua
guru dapat memakai model melatih yang sesuai terutama Model Pembelajaran Snowball
Throwing.
1.6 Ruang Lingkup Penelitian
Agar dalam ulasan lebih terarah dan
berlangsung dengan baik maka
butuh adanya ruang lingkup penelitian, yaitu:
1) Ruang lingkup riset hanya diberi batas pada hasil belajar siswa.
2) Peneliti menyatakan tentang memakai model Pembelajaran Snowball
Throwing.
3) Peneliti melulu melakukan riset tindakan ruang belajar di ruang
belajar X SMA Negeri 1 ....
1.7 Definisi Operasional
Untuk memudahkan pemahaman isi dalam karya tulis ini maka butuh di devinisikan istilah–istilah urgen dalam judul yang menjadi pokok ulasan yaitu
1. Hasil Belajar ialah suatu proses keinganan yang menyerahkan peluang untuk menjangkau keberhasilan dalam
belajar.
2. Model pembelajaran Snowball
Throwing adalahpembelajaran ini mengajar siswa guna lebih tanggap menerima pesan dari murid lain dalam format bola
salju yang tercipta dari kertas,
dan mengucapkan pesan tersebutuntuk temannya dalam satu kelompok.
3. KD Hubungan Manusia dan
Lingkungan Akibat Dinamika Litosfer. Semester I Kelas X SMA Negeri 1 ....
Litosfer ialah lapisan kerak
bumi, berasal dari bahasa latin litho yang berarti batuan dan sphaira yang
berarti lingkungan atau bola. Lapisan ini terdiri atas zat padat disebut batuan yang secara umum
terbagi menjadi dua, yaitu. a. Lapisan atas ialah SiAl (Silikat dan Alumunium), b. Lapisan bawah ialah SiMa (Silikat dan Magnesium).
LINK UNDUH;
0 Response to "Upaya Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Melalui Model Pembelajaran Snowball Throwing pada Materi Litosfer pada KD Hubungan Manusia Dan Lingkungan Akibat Dinamika Litosfer Siswa Kelas X SMA"
Post a Comment