Pengaruh Menggunakan Media Elektronik Terhadap Hasil Belajar IPS Terpadu Siswa Kelas VII SMP
Pengaruh Menggunakan Media
Elektronik Terhadap Hasil Belajar IPS Terpadu Siswa Kelas VII SMP
BAB I
PENDAHULUAN
1.1 Latar Belakang Masalah
Dalam upaya menambah Hasil Belajar, butuh dikembangkan
penyempurnaan-penyempurnaan strategi,
kiat dan model pembelajaran yang tepat. Perkembangan pembelajaran Ilmu
Pengetahuan Sosial (IPS) tidak jarang
kali dinamis sebab objek
yang dipelajari ialah hubungan insan dengan manusia, insan dengan gejala alam lingkungan sosial seperti pun pelajaran ekonomi. Jadi, bakal sulit untuk siswa
untuk mengetahui secara utuh bilamana guru tidak dapat untuk merangkai metode dan mengemban
pembelajaran dengan baik.
Belajar ekonomi adalah salah satu teknik yang baik untuk mendapat keterampilan-keterampilan, merawat sikap-sikap, dan
mengembangkan pemahaman konsep-konsep yang sehubungan dengan ekonomi
di dekat kita. Jika siswa
mendapat pengalaman yang seimbang salah satu keterampilan, sikap, dan
konsep, maka bakal memungkinkan
mereka mendapat ide-ide atau fakta-fakta baru, memakai cara-cara bekerja yang pasti,
serta sikap-sikap yang positif yang mana nantinya bisa diaplikasikan dalam hidup mereka sehari-hari.
Oleh sebab itu, pembelajaran ekonomi dapat menolong siswa supaya mampu
menguasai konsep dan prinsip utama alam serta kebersangkutanannya, dan dapat
menggunakan ilmu itu untuk
kehidupan sehari-hari. Dalam belajar ekonomi, proses pembelajaran menjadi urusan pokok untuk menjangkau pembelajaran yang optimal
(Karhami, 2001).
Kendala-kendala yang dihadapi
oleh guru dan murid adalah suatu urusan yang tidak bisa dielakkan,
terutama di SMP Negeri 2 .... Siswa ruang belajar VII SMP Negeri 2 ..., masih mengalami kendala dalam belajar,terutama dalam mempelajari pelajaran lingkungan hidup. Adanya kendala belajar murid dapat mengakibatkan
hasil belajar murid rendah.
Hasil belajar murid SMP Negeri 2
... mengindikasikan hasil yang tidak cukup memuaskan.
Hasil pengamatan mula terhadap hasil belajar murid dari hasil ulangan, diketahui
bahwa siswa ruang belajar VII
SMP Negeri 2 ..., masih tidak sedikit siswa
yang mempunyai hasil belajar
yang belum menjangkau ketuntasan yaitu dari 20 orang siswa, melulu 12 orang murid atau 60% yang menjangkau nilai ketuntasan di atas
75, dan 8 orang murid atau 40%
yang masih sedang di bawah nilai
ketuntasan yaitu < 75. Hal
tersebut diakibatkan oleh guru
dalam menyatakan materi terlalu memakai metode cerama, sampai-sampai siswa merasa jenuh dalam belajar, serta merasa
tidak tertarik terhadap latihan ekonomi,
dalam urusan itu siswa mendapat
nilai dibawah ketuntasan.
Penyebab hasil belajar murid menjadi rendah, dikarena
pembelajaran yang dilangsungkan saat
ini terutama pembelajaran latihan Ekonomi di SMP Negeri 2 ...
masih terpusat pada guru tanpa melibatkan murid secara langsung untuk mengejar masalah dan hasil jawaban, sampai-sampai dikhawatirkan murid akan cepat jenuh dan tidak cukup aktif dalam pembelajaran.
Untuk mewujudkan tercapainya
keberhasilan edukasi di SMP
Negeri 2 ..., tidak sedikit faktor
yang mempengaruhinya, laksana Media,
bakat dan minat siswa, daya dukung orang tua, keterampilan kerja guru,kemudahan
belajar mengajar, iklim kerja, dan sebagainya. Pendidikan, baik formal
maupun nonformal, ialah sarana guna pewarisan kebudayaan.
Setiap masyarakat mewariskan
kebudayaannya untuk generasi
penerus,supaya tradisi
kebudayaannya tetap hidup dan berkembang, melewati pendidikan. Sudah lama tidak sedikit orang mempertanyakan edukasi kita, mengapa
kemudahan belajar tidak cukup memadai
dalam pendidikan,semangat belajar murid yang masih belum optimal. Media
pembelajaran adalah salah satu
komponen pembelajaran yang memiliki peranan urgen dalam Kegiatan Belajar
Mengajar. Pemanfaatan media seharusnya adalah bagian
yang mesti mendapat perhatian
guru / fasilitator dalam setiap
pekerjaan pembelajaran. Oleh karena tersebut guru / fasilitator butuh mempelajari bagaimana
memutuskan media pembelajaran elektroniks upaya dapat mengefektifkan pencapaian destinasi pembelajaran dalam proses belajar mengajar.
Pada prakteknya media pembelajaran elektronik masih tidak jarang terabaikan dengan sekian banyak alasan, antara lain: terbatasnya masa-masa untuk menciptakan persiapan mengajar, sulit menggali media yang tepat, tidak
tersedianya biaya, dan lain-lain. Hal ini sebetulnya tidak butuh terjadi andai setiap guru / fasilitator telah memiliki pengetahuan dan ketrampilan tentang media pembelajaran. Padahal
Media Pembelajaran elektronik adalah sebagian hal mencapai hasil belajar yang
optimal yang didukung peran dan tanggung jawab guru. Belajar yang dilaksanakan tersebut guna meraih sebuah tujuan tertentu. Penggunaan Media pembelajaran elektronik
memegang peranan urgen dalam
proses pembelajaran menyerahkan gairah
atau motivasi dalam belajar, sampai-sampai siswa yang bermotivasi powerful memiliki tidak sedikit energi guna melakukan pekerjaan belajar.
Berdasarkan uraian di atas maka
peneliti hendak melakukan riset untuk menanggapi masalah itu dengan judul “Pengaruh
Menggunakan Media Elektronik Terhadap Hasil Belajar IPS Terpadu Siswa Kelas VII
SMP Negeri 2 ...”.
1.2 Rumusan Masalah
Berdasarkan latar belakang yang sudah diuraikan di atas maka yang
menjadi rumusan masalah dalam riset ini ialah apakah ada pengaruh memakai media
elektronik terhadap hasil belajar IPS terpadu murid Kelas VII SMP Negeri 2 ...?
1.3 Tujuan Penelitian
Berdasarkan rumusan masalah yang itu di atas maka yang menjadi destinasi penelitian ialah untuk memahami pengaruh memakai
media elektronik terhadap hasil belajar IPS terpadu murid Kelas VII SMP Negeri 2 ....
1.4 Manfaat Penelitian
Hasil riset ini diinginkan dapat menyerahkan masukan yang berarti dandonasi pikiran untuk berbagai pihak antara lain:
a. Untuk guru: dengan adanya
riset ini meningkatkan pengetahuan untuk guru bahwa guru yang kreatif memiliki hubungan yang sangat urgen terhadap hasil belajar siswa.
b. Untuk siswa: dengan adanya
riset ini murid dapat menambah minat belajarnya untuk menambah hasil belajar yang cocok harapan.
c. Untuk instansi bersangkutan: menyerahkan masukan untuk SMP Negeri 2 ... terhadap hasil
belajar siswa.
1.5 Anggapan Dasar dan Hipotesis
Penelitian
1.5.1 Anggapan Dasar
Anggapan dasar adalahtitik riset yang sebetulnya dijadikan
landasanuntuk suatu riset ilmiah. Sehubungan dengan riset ini yang menjadi anggapan dasar merupakan:
1. Dengan memakai media elektronik dapat menambah hasil belajar siswa.
2. Media elektronik dapat menambah keaktifan murid dalam belajar.
1.5.2 Hipotesis Penelitian
“Hipotesis ialah perumusan jawaban
sedangkan terhadap sesuatu soal yang dimaksud sebagai tuntutan sedangkan dalam investigasi untuk menjangkau jawaban yang sebenarnya”
(Surachmad, 2005:39). Dengan demikian dapatlah disebutkan bahwa hipotesis
ialah pernyataan sedangkan yang
belum jelas kebenarannya dan masih perlu
diselenggarakan penelitian sehingga pengakuan tersebut dapat
diperlihatkan kebenarannya ataupun ditolak. Adapun hipotesis dalam riset ini ialah ada pengaruh
memakai media elektronik terhadap hasil belajar IPS terpadu murid Kelas VII SMP Negeri 2 ....
1.6 Ruang Lingkup Penelitian
Adapun yang menjadi ruang lingkup
dalam riset ini merupakan:
1. Penelitian ini dilakukan di SMP Negeri 2 ....
2. Penelitian dilakukan pada Tahun Ajaran
2015-2016.
3. Penelitian ini dilaksanakan pada siswa ruang belajar VII SMP Negeri 2 ...
4. Penilitian ini dipakai untuk menyaksikan pengaruh pembelajaran denganmemakai media elektronik terhadap hasil belajar di Kelas VII SMP
Negeri 2 ....
1.7 Definisi Operasional
Demi menghindari kesalah pahaman
pembaca terhadap istilah dalam riset ini,
penulis menciptakan batasan
sebagai berikut:.
1. Pengaruh ialah dampak yang dimunculkan antara satu dengan yang
lain.
2. Hasil belajar ialah wujud dari keterampilan yang didapatkan siswa dari sebuah interaksi dalam proses
pembelajaran melalui penilaian Hasil
belajar baik berupa tes dan non tes.Hasil belajar siswa didapatkan setelah berakhirnya pembelajaran. (Djamarah dan Zain :
2006:121)
3. Media Pembelajaran Elektonik ialah salah satu format media pembelajaran yang bakal memudahkan untuk guru dan murid dalam proses belajar mengajar.
4. Kompetensi Dasar: 3.1
Menganalisis sebaran tumbuhan dan hewan di Indonesia dan dunia menurut karak-teristik ekosistem dan
region iklim. Materi Pesebaran Flora dan Fauna di Indonesia.
BAB I-III
Download
BAB IV-V
Download
SEMOGA BERMANFAAT, SILAHKAN COMENT JIKA ADA KELUHAN
0 Response to "Pengaruh Menggunakan Media Elektronik Terhadap Hasil Belajar IPS Terpadu Siswa Kelas VII SMP"
Post a Comment