Pengaruh Menggunakan Media Elektronik Terhadap Hasil Belajar IPS Terpadu Siswa Kelas VII SMP

­
Pengaruh Menggunakan Media Elektronik Terhadap Hasil Belajar IPS Terpadu Siswa Kelas VII SMP

BAB I
PENDAHULUAN

1.1 Latar Belakang Masalah

Dalam upaya menambah Hasil Belajar, butuh dikembangkan penyempurnaan-penyempurnaan strategi, kiat dan model pembelajaran yang tepat. Perkembangan pembelajaran Ilmu Pengetahuan Sosial (IPS) tidak jarang kali dinamis sebab objek yang dipelajari ialah hubungan insan dengan manusia, insan dengan gejala alam lingkungan sosial seperti pun pelajaran ekonomi. Jadi, bakal sulit untuk siswa untuk mengetahui secara utuh bilamana guru tidak dapat untuk merangkai metode dan mengemban pembelajaran dengan baik.

Belajar ekonomi adalah salah satu teknik yang baik untuk mendapat  keterampilan-keterampilan, merawat sikap-sikap, dan mengembangkan pemahaman konsep-konsep yang sehubungan dengan ekonomi di dekat kita. Jika siswa mendapat  pengalaman yang seimbang salah satu keterampilan, sikap, dan konsep, maka bakal memungkinkan mereka mendapat  ide-ide atau fakta-fakta baru, memakai cara-cara bekerja yang pasti, serta sikap-sikap yang positif yang mana nantinya bisa diaplikasikan dalam hidup mereka sehari-hari.


Oleh sebab itu, pembelajaran ekonomi dapat menolong siswa supaya mampu menguasai konsep dan prinsip utama alam serta kebersangkutanannya, dan dapat menggunakan ilmu itu untuk kehidupan sehari-hari. Dalam belajar ekonomi, proses pembelajaran menjadi urusan pokok untuk menjangkau pembelajaran yang optimal (Karhami, 2001).

Kendala-kendala yang dihadapi oleh guru dan murid adalah suatu urusan yang tidak bisa dielakkan, terutama di SMP Negeri 2 .... Siswa ruang belajar VII SMP Negeri 2 ..., masih mengalami kendala dalam belajar,terutama dalam mempelajari pelajaran lingkungan hidup. Adanya kendala belajar murid dapat mengakibatkan hasil belajar murid rendah. Hasil belajar murid SMP Negeri 2 ... mengindikasikan hasil yang tidak cukup memuaskan.

Hasil pengamatan mula terhadap hasil belajar murid dari hasil ulangan, diketahui bahwa siswa ruang belajar VII SMP Negeri 2 ..., masih tidak sedikit siswa yang mempunyai hasil belajar yang belum menjangkau ketuntasan yaitu dari 20 orang siswa, melulu 12 orang murid atau 60% yang menjangkau nilai ketuntasan di atas 75, dan 8 orang murid atau 40% yang masih sedang di bawah nilai ketuntasan yaitu < 75. Hal tersebut diakibatkan oleh guru dalam menyatakan materi terlalu memakai metode cerama, sampai-sampai siswa merasa jenuh dalam belajar, serta merasa tidak tertarik terhadap latihan ekonomi, dalam urusan itu siswa mendapat nilai dibawah ketuntasan.

Penyebab hasil belajar murid menjadi rendah, dikarena pembelajaran yang dilangsungkan saat ini terutama pembelajaran latihan Ekonomi di SMP Negeri 2 ... masih terpusat pada guru tanpa melibatkan murid secara langsung untuk mengejar masalah dan hasil jawaban, sampai-sampai dikhawatirkan murid akan cepat jenuh dan tidak cukup aktif dalam pembelajaran.

Untuk mewujudkan tercapainya keberhasilan edukasi di SMP Negeri 2 ..., tidak sedikit faktor yang mempengaruhinya, laksana Media, bakat dan minat siswa, daya dukung orang tua, keterampilan kerja guru,kemudahan belajar mengajar, iklim kerja, dan sebagainya. Pendidikan, baik formal maupun nonformal, ialah sarana guna pewarisan kebudayaan.

Setiap masyarakat mewariskan kebudayaannya untuk generasi penerus,supaya tradisi kebudayaannya tetap hidup dan berkembang, melewati pendidikan. Sudah lama tidak sedikit orang mempertanyakan edukasi kita, mengapa kemudahan belajar tidak cukup memadai dalam pendidikan,semangat belajar murid yang masih belum optimal. Media pembelajaran adalah salah satu komponen pembelajaran yang memiliki peranan urgen dalam Kegiatan Belajar Mengajar. Pemanfaatan media seharusnya adalah bagian yang mesti mendapat perhatian guru / fasilitator dalam setiap pekerjaan pembelajaran. Oleh karena tersebut guru / fasilitator butuh mempelajari bagaimana memutuskan media pembelajaran elektroniks upaya dapat mengefektifkan pencapaian destinasi pembelajaran dalam proses belajar mengajar.

Pada prakteknya media pembelajaran elektronik masih tidak jarang terabaikan dengan sekian banyak  alasan, antara lain: terbatasnya masa-masa untuk menciptakan persiapan mengajar, sulit menggali media yang tepat, tidak tersedianya biaya, dan lain-lain. Hal ini sebetulnya tidak butuh terjadi andai setiap guru / fasilitator telah memiliki pengetahuan dan ketrampilan tentang media pembelajaran. Padahal Media Pembelajaran elektronik adalah sebagian hal mencapai hasil belajar yang optimal yang didukung peran dan tanggung jawab guru. Belajar yang dilaksanakan tersebut guna meraih sebuah tujuan tertentu. Penggunaan Media pembelajaran elektronik memegang peranan urgen dalam proses pembelajaran menyerahkan gairah atau motivasi dalam belajar, sampai-sampai siswa yang bermotivasi powerful memiliki tidak sedikit energi guna melakukan pekerjaan belajar.

Berdasarkan uraian di atas maka peneliti hendak melakukan riset untuk menanggapi masalah itu dengan judul “Pengaruh Menggunakan Media Elektronik Terhadap Hasil Belajar IPS Terpadu Siswa Kelas VII SMP Negeri 2 ...”.

1.2 Rumusan Masalah

Berdasarkan latar belakang yang sudah diuraikan di atas maka yang menjadi rumusan masalah dalam riset ini ialah apakah ada pengaruh memakai media elektronik terhadap hasil belajar IPS terpadu murid Kelas VII SMP Negeri 2 ...?

1.3 Tujuan Penelitian
Berdasarkan rumusan masalah yang itu di atas maka yang menjadi destinasi penelitian ialah untuk memahami pengaruh memakai media elektronik terhadap hasil belajar IPS terpadu murid Kelas VII SMP Negeri 2 ....
1.4 Manfaat Penelitian

Hasil riset ini diinginkan dapat menyerahkan masukan yang berarti dandonasi pikiran untuk berbagai pihak antara lain:

a. Untuk guru: dengan adanya riset ini meningkatkan pengetahuan untuk guru bahwa guru yang kreatif memiliki hubungan yang sangat urgen terhadap hasil belajar siswa.

b. Untuk siswa: dengan adanya riset ini murid dapat menambah minat belajarnya untuk menambah hasil belajar yang cocok harapan.

c. Untuk instansi bersangkutan: menyerahkan masukan untuk SMP Negeri 2 ... terhadap hasil belajar siswa.

1.5 Anggapan Dasar dan Hipotesis Penelitian

1.5.1 Anggapan Dasar

Anggapan dasar adalahtitik riset yang sebetulnya dijadikan landasanuntuk suatu riset ilmiah. Sehubungan dengan riset ini yang menjadi anggapan dasar merupakan:

1. Dengan memakai media elektronik dapat menambah hasil belajar siswa.

2. Media elektronik dapat menambah keaktifan murid dalam belajar.

1.5.2 Hipotesis Penelitian

“Hipotesis ialah perumusan jawaban sedangkan terhadap sesuatu soal yang dimaksud sebagai tuntutan sedangkan dalam investigasi untuk menjangkau jawaban yang sebenarnya” (Surachmad, 2005:39). Dengan demikian dapatlah disebutkan bahwa hipotesis ialah pernyataan sedangkan yang belum jelas kebenarannya dan masih perlu diselenggarakan penelitian sehingga pengakuan tersebut dapat diperlihatkan kebenarannya ataupun ditolak. Adapun hipotesis dalam riset ini ialah ada pengaruh memakai media elektronik terhadap hasil belajar IPS terpadu murid Kelas VII SMP Negeri 2 ....

1.6 Ruang Lingkup Penelitian
Adapun yang menjadi ruang lingkup dalam riset ini merupakan:

1. Penelitian ini dilakukan di SMP Negeri 2 ....

2. Penelitian dilakukan pada Tahun Ajaran 2015-2016.

3. Penelitian ini dilaksanakan pada siswa ruang belajar VII SMP Negeri 2 ...

4. Penilitian ini dipakai untuk menyaksikan pengaruh pembelajaran denganmemakai media elektronik terhadap hasil belajar di Kelas VII SMP Negeri 2 ....

1.7 Definisi Operasional

Demi menghindari kesalah pahaman pembaca terhadap istilah dalam riset ini, penulis menciptakan batasan sebagai berikut:.

1. Pengaruh ialah dampak yang dimunculkan antara satu dengan yang lain.

2. Hasil belajar ialah wujud dari keterampilan yang didapatkan siswa dari sebuah interaksi dalam proses pembelajaran melalui penilaian Hasil belajar baik berupa tes dan non tes.Hasil belajar siswa didapatkan setelah berakhirnya pembelajaran. (Djamarah dan Zain : 2006:121)

3. Media Pembelajaran Elektonik ialah salah satu format media pembelajaran yang bakal memudahkan untuk guru dan murid dalam proses belajar mengajar.


4. Kompetensi Dasar: 3.1 Menganalisis sebaran tumbuhan dan hewan di Indonesia dan dunia menurut karak-teristik ekosistem dan region iklim. Materi Pesebaran Flora dan Fauna di Indonesia.

LINK UNDUH
BAB I-III
Download

BAB IV-V
Download

SEMOGA BERMANFAAT, SILAHKAN COMENT JIKA ADA KELUHAN

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Pengaruh Menggunakan Media Elektronik Terhadap Hasil Belajar IPS Terpadu Siswa Kelas VII SMP"

Post a Comment