Makalah Usaha Roti Bakar
Makalah Usaha Roti Bakar
Jangan lupa, like, share dan comentnya jika ada masalah.. semoga bermanfaat
KATA PENGANTAR
Puji dan syukur penulis sampaikan kepada Allah Maha Pengasih
karena atas berkat rahmat dan karunia-nya. makalah ini terselesaikan tepat pada
waktunya. Selawat beriring salam tidak lupa pula kami sanjungkan kepangkuan
Nabi Besar Muhammad Saw yang telah membawa kita dari alam kebodohan ke alam
yang penuh ilmu pengetahuan seperti yang kita rasakan saat ini.
Tujuan dari penyusunan makalah ini adalah sebagai sarana
perlengkapan ilmu pengetahuan untuk menambah wawasan dalam ruang lingkup
kehidupan, juga kami mengucapkan terima kasih kepada Bapak/Ibu Guru Dosen
Pembimbing yang telah memberikan kami kesempatan untuk menyusun makalah yang
berjudul “USAHA ROTI BAKAR”.
Semoga kerja keras penulis dapat membawa dampak positif bagi
peningkatan belajar kita dan Allah SWT selalu melimpahkan rahmat dan
karunia-nya kepada kita semua.
Oktober 2014
Tertanda,
Penulis
DAFTAR ISI
Halaman
KATA
PENGANTAR..................................................................................................
i
DAFTAR
ISI.................................................................................................................
ii
BAB I PENDAHULUAN........................................................................................
1
1.1. Latar Belakang
.......................................................................................
1
1.2.
Permasalahan...........................................................................................
2
1.3.
Tujuan......................................................................................................
2
1.4.
Manfaat.........................................................................................
......... 2
BAB II PERENCANAAN PEMASARAN
............................................................ 3
2.1
Produk.....................................................................................................
3
2.2 Analisis
Swot...........................................................................................
3
2.3 Marketing Plan
.......................................................................................
5
2.4 Strategi Pemasaran
.................................................................................
5
BAB III PROSES
PEMBUATAN.............................................................................
8
3.1 Produk Plan
............................................................................................
8
BAB IV PERENCANAAN
USAHA/BISNIS......................................................... 10
4.1 Biaya Awal
...........................................................................................
11
4.2 Analisis Resiko Bisnis
.......................................................................... 11
4.3 Laba Rugi
.............................................................................................
12
BAB V
PENUTUP...................................................................................................
13
Kesimpulan ..................................................................................................
13
DAFTAR PUSTAKA
.................................................................................................
14
BAB I
PENDAHULUAN
1.1 Latar belakang
Kondisi ekonomi di jaman sekarang sedang dalam keadaan krisis
ekonomi, krisis ekonomi yang sedang terjadi pada saat ini sangat berpengaruh
pada segi kehidupan ekonomi masyarakat, sehingga masyarakat sangat kesulitan
dalam memenuhi kebutuhan hidupnya, sehingga mengakibatkan rendahnya kehidupan
ekonomi masyarakat dan itu sangat memprihatinkan. Selain itu dimana produksi
perusahaan - perusahaan besar pun ikut menurun, banyak pula perusahaan -
perusahaan yang berhenti berproduksi karena perusahaan tersebut juga tidak bisa
lagi memproduksi dalam jumlah besar dan perusahaan banyak yang mengalami gulung
tikar / kebangkrutan sehingga mengakibatkan penghentian karyawan - karyawan /
yang lazim disebut phk (pemutusan hubungan kerja) sehingga menambah angka
pengangguran dimana - mana semakin banyak dan khususnya di daerah saya sendiri
karena sulitnya untuk mencari pekerjaan lagi.
Mengingat pentingnya perubahan ekonomi masyarakat di jaman
sekarang ini, maka masyaraka di tuntut agar lebih semangat dan berusaha lagi
untuk mencapai suatu pekerjaan dan mengalami perubahan yang lebih baik demi
memenuhi kehidupan sendiri, keluarga, maupun untuk membantu orang lain yang
mengalami kesusahan. Bukan hanya faktor tersebut saja melainkan juga masyarakat
sekarang ini harus lebih kreatif lagi dalam mencari pekerjaan.
Lingkungan saya merupakan daerah yang agraris, masih banyak lahan
pertanian dan lahan pertanian tersebut banyak digunakan untuk menanam pohon
pisang karena kondisi tanah tersebut sangat cocok sekali untuk penanaman pohon
pisang, namun pisang bukanlah kebutuhan pokok di daerah saya maka ketika mereka
panen mereka kebingungan akan menjual pisang ini kemana, saya semakin prihatin
dengan kondisi seperti itu, karena itu merupakan satu - satunya lahan pertanian
yang bisa mereka jadikan sebagai mata pencahariannya.
Dengan melihat kondisi seperti itu saya akan membuat sebuah usaha
yang pastinya dapat membantu kesulitan - kesulitan yang sedang terjadi di
daerah saya yaitu dengan membantu masyarakat yang mempunyai lahan pertanian pohon
pisang dan juga membantu masyarakat yang tidak mempunyai pekerjaan. Saya akan
membuat keripik pisang, dengan seperti itu para petani yang menanam pohon
pisang tidak akan lagi kebingungan untuk menjual hasil panennya dan dengan saya
membuat keripik pisang ini saya juga dapat menarik tenaga kerja sehingga angka
pengangguran dapat berkurang.
Pada saat ini banyak orang yang serba ingin praktis dalam makanan.
Maka dari itu saya akan membuat keripik pisang ini dengan pembuatan yang
berbeda agar orang yang menyukai makanan ini tidak merasa bosan karena
banyaknya kalangan masyarakat yang menyukai cemilan ini, maka saya akan
berusaha memberikan kualitas dan mutu yang baik yang harganya relatif murah
bagi semua kalangan masyarakat.
1.2 Rumusan Masalah
Pisang merupakan tumbuhan tropis yang biasa hidup di dataran
rendah maupun di dataran tinggi.
Sehingga banyak terdapat di berbagai daerah dan mudah mendapatkannya. Keripik
pisang merupakan salah satu makanan jajanan yang sangat disukai oleh
masyarakat. Cara pembuatannya sangat sederhana dan mudah dikerjakan oleh siapa
pun. Dari pemahaman akan dunia usaha, sangat diharapkan produk yang sebaiknya
dihasilkan untuk dapat bersaing dan diterima oleh kalangan masyarakat. Oleh
karena itu, saya lebih memilih usaha untuk pengolahan keripik pisang. Karena
usaha ini terbilang mudah dan cepat di terima oleh masyarakat. Karena keripik
pisang sudah tidak asing lagi menjadi makanan ringan yang gurih dan enak ini di
kalangan masyarakat, sehingga orang pun tak akan bosan untuk terus mencoba
keripik pisang. Dari produk keripik pisang ini, saya akan menjamin kualitas
produk ini. Dari kualitas ini saya dapat melihat bagus atau tidaknya
keberhasilan dalam pengenalan wirausaha dari produk ini. Nantinya produk yang
dihasilkan dapat menjadi produk yang berkembang dalam lingkungan masyarakat.
1.3 Tujuan
Adapun tujuan saya di dalam membuat usaha (makanan) ini adalah :
1. Untuk memenuhi
kebutuhan ekonomi
2. Untuk menambah
daya tampung tenaga kerja sehingga dapat mengurangi angka pengangguran.
3. Dapat membantu
para petani yang menanam pohon pisang
4. Memasarkan
produk hasil olahan kepada masyarakat sekitar
5. Memperkenalkan
hasil olahan sendiri agar masyarakat mengetahui bahwa keripik pisang ini
mempunyai nilai cita rasa yang tinggi.
1.4 Manfaat Usaha
Adapun manfaat usaha keripik pisang sebagai berikut:
a.
Mengembangkan kretifitas didunia usaha
b. Mengurangi
tingkat pengangguran
c. Dapat untuk
mendeteksi asumsi-asumsi secara cermat dan besarnya tingkat keberasilan
wirausaha.
BAB II
PERENCANAAN PEMASARAN
2.1 Target pasar
Semua proses produksi telah dilakukan, dari mulai pemilihan pisang
yang baik sampai kepada packing, kemudian yang akan saya lakukan yaitu mencari
target pasar. Dalam memulai usaha apapun, maka yang harus diketahui adalah
peluang pasar yang dapat menerima produk saya ini. Target pasar sudah merupakan
kunci penting dalam proses pemasaran karena pemasaran akan berjalan dengan
lancar apabila sudah mendapatkan target pasar yang kita inginkan.
Sistem pemasaran saya akan mampu menganalisa keunggulan dan
kelemahan pesaing saya dan sejauh mana kemampuan saya untuk bersaing dengan
mereka dalam segala aspek, baik itu dari sisi harga, pelayanan maupun kualitas
yang saya berikan kepada para konsumen. Saya akan mensurvei dan meneliti
pesaing - pesaing saya bagaimana caranya membuat keripik pisang ini agar
berbeda dengan keripik pisang lainnya yang sudah beredar di pasaran. Bukan
hanya rasanya saja yang berbeda namun saya akan membuat keripik pisang ini
berbeda dari segi packing, dan cara pemasarannya juga, yang pasti akan lebih
unik dari pada yang lainnya, dengan seperti itu para konsumen tidak akan
mengalami yang namanya kejenuhan dalam mengkonsumsi makanan ini.
Saya akan menjual keripik pisang ini di tempat yang cukup ramai,
yang banyak dikenal dan dilalui banyak orang, dengan seperti itu maka keripik
saya ini akan lebih cepat dikenal banyak lapisan masyarakat.
2.2 Promosi
Promosi makanan yang cepat laku adalah pada tempat ramai seperti
pasar, sekolah, kampus, kantor, itu adalah tempat yang paling strategis untuk
mempromosikan barang dagangan. Berikut ini adalah beberapa cara promosi makanan
yang akan saya lakukan :
1. Pertama
adalah lewat brosur, cara ini cukup efektif untuk memperkenalkan makanan yang
saya jual, biasanya makanan sampai di konsumen melalui pesan antar atau sering
disebut delivery.
2. Melakukan
penjualan langsung, cara ini lumayan efektif karena langsung bertemu dengan
pembelinya dan bisa langsung promosikan makanan yang di jual.
3. Melalui
internet cara ini efektif walau tak semua orang memakai internet tapi cara ini
cukup memberikan informasi yang lebih kepada orang karena saat ini orang banyak
membuka internet seperti facebook, twetter, yahoo, google dan lain - lain, tak
ada salahnya bila dicoba.
4. Melalui iklan radio, cara ini cukup lumayan
walau tak ada gambar visual yang dapat terlihat tapi setidaknya pesannya dapat
tersampaikan kepada masyarakat.
2.3 Tips pemasaran
Ø Tips sukses berdagang
1. Tetapkan
impian (carilah impian yang sesuai dengan hobi dan kemampuan) atau menjual
produk sesuai dengan kebutuhan pasar, diperlukan riset dahulu dengan membaca
koran atau membuka buka internet.
2. Cari tahu
tentang bisnis itu (bahan baku, pemasaran, cara produksi)
3. Turun ke
lapangan dan perkenalkan produk
4. Cari
pengusaha yang sukses di bidang sejenis untuk sharing informasi
5. Buat
merek-logo produk
6. Silaturahim
dengan dinas, departemen, kementrian terkait. Serahkan kartu nama, foto produk,
dan company profile
7. Bermitra
dengan bumn atau perusahaan swasta yang sudah memiliki manajemen, usaha
berjalan minimal 2 tahun dan sertakan proposal.
8. Perbaiki
diri, perkuat branding, tingkatkan pelayanan, profesional, dan perluas
pemasaran
9. Berdoa dan
bersedekah, ini adalah kunci sukses yang sering di lupakan orang
Ø Swot
v Strengths (kekuatan)
a. harga keripik
pisang ini cukup terjangkau oleh kalangan masyarakat
b. kualitas dari
keripik pisang ini sangat terjamin, karena dalam proses pembuatannya diutamakan
kebersihan dan untuk kesehatan.
c. tersedia kemasan
berbagai ukuran
d. keripik pisang ini
mempunyai rasa yang gurih dan enak
e. keripik pisang
dapat menjadi salah satu alternanif makanan ringan yang praktis, dan hemat.
f. Weakness
(kelemahan)
g. Bahan baku keripik
pisang yang mudah rusak
h. Keripik pisang akan
mudah rusak jika penyimpanan yang dilakukan sembarangan atau ditumpuk
v Opportunity (peluang)
ü Kondisi masyarakat yang
semakin konsumtif sehingga mempermudah saya untuk memasarkan produk.
ü Permintaan pasar yang
semakin meningkat
v Threats (ancaman)
ü Jumlah kompetitor yang
terus meningkat
ü Munculnya produk baru
yang lebih unggul
ü Kenaikan harga bahan baku
karena jumlahnya semakin terbatas
BAB III
PROSES PEMBUATAN
Proses pembuatan keripik pisang ini cukup mudah dan sederhana,
dalam proses pembuatannya dibutuhkan alat - alat dan bahan - bahan. Setelah
alat dan bahannya telah siap maka proses pembuatannya pun dapat dilakukan. Alat
- alat dan bahan - bahan pembuatan keripik pisang ini sederhana dan mudah
didapatkan, tak lupa juga proses pembuatan keripik pisang ini mudah dan
sederhana sehingga hampir semua lapisan masyarakat dapat membuatnya.
3.1 Alat
Alat - alat yang digunakan dalam proses pembuatan keripik pisang ini
diantaranya adalah :
1. Penggorengan
(wajan) dan perlengkapan penggorengan lainnya digunakan untuk dalam proses
penggorengan.
2. Parutan pisang
atau pisau digunakan untuk memotong pisang
3. Tungku,
penggunaan tungku karena agar dalam proses penggorengan dapat menghasilkan
panas api yang cukup, karena jika menggunakan kompor gas bukan hanya karena
boros saja melainkan api yang dihasilkannya pun kurang.
3.2 Bahan-bahan
Bahan-bahan yang digunakan dalam proses pembuatan keripik pisang
ini adalah :
1. Pisang,
secara umum pisang yang sering digunakan dalam pembuatan keripik pisang ini
yaitu pisang nangka, karena pisang nangka apabila digoreng pisangnya dapat
kering disbanding dengan pisang - pisang lainnya.
2. Minyak goreng,
3. Garam.
3.3 Langkah - langkah
atau proses pengolahan
1. Langkah awal saya
yaitu memilih pisang yang muda untuk dijadikan produk.
2. Kemudian, garam
dicampurkan menjadi ke dalam wajan atau loyang yang berisi air bersih, lalu
diaduk sampai tercampur merata.
3. Selanjutnya,
pisang tersebut dikupas, diiris tipis - tipis dan dimasukkan ke dalam loyang
yang berisi larutan tadi.
4. Setelah itu,
pisang diangkat dari larutan dan dimasukkan ke dalam penggorengan yang berisi
minyak goreng, tetapi sebelum dimasukkan pastikan dulu minyak goreng telah
panas.
5. Selama di dalam
penggorengan, pisang diaduk - aduk atau digerak - gerakkan agar semuanya
merata.
6. Apabila sudah
kekuning - kuningan, pisang dapat diangkat dari penggorengan dan ditiriskan
dalam beberapa menit. Tunggu hingga dingin, kemudian dikemas didalam kantong
plastik dan keripik pisang pun siap untuk dijual / dipasarkan.
Proses Pembuatan Keripik Pisang
Penjualan Keripik Pisang
BAB IV
PERENCANAAN BISNIS
Dalam berwirausaha tujuan yang paling utama ialah memperoleh
keuntungan. Keuntungan di sini tergantung pada apa yang kita hasilkan dan
bagaimana cara menjual produk tersebut. Dalam sehari saya dapat menghasilkan
dan menjual keripik pisang ini sebanyak 30kg dengan membutuhkan bahan baku
yaitu pisang sebanyak 50 kg, selain pisang yang sebagai bahan baku dari
pembuatan keripik pisang ini dibutuhkan juga minyak untuk melakukan proses
penggorengan dan yang dibutuhkan sebanyak 15 kg, agar rasa keripik pisang ini gurih,
renyah dan enak maka dalam proses pembuatannya dibutuhkan bumbu – bumbu sebagai
penyedap rasa dalam keripik pisang ini.
Dalam proses pembuatannya juga saya membutuhkan 3 orang sebagai
tenaga kerja untuk membantu saya dalam memproduksi keripik pisang ini, dan
setelah keripik pisang ini matang maka langkah selanjutnya adalah pengemasan
maka saya membutuhkan kemasan untuk mengemas keripik pisang ini sebagai biaya
pembungkus, setelah semuanya sudah siap maka keripik pisang tersebut tinggal
dipasarkan / dijual, dengan itu maka saya membutuhkan biaya transportasi.
Adapun harga - harga dari bahan - bahan pembuatan keripik pisang
dan biaya - biaya yang akan keluar dalam produksi keripik pisang ini yaitu :
1 Pisang Rp. 4.000 / Kg
2 Minyak Rp. 10.500 / Kg
3 Bumbu Rp. 10.000
4 Tenaga Kerja Rp. 20.000 / Orang
5 Biaya
Pembungkus Rp. 10.000
6 Biaya
Transportasi Rp. 10.000
7 Lain - Lain Rp. 10.000
Adapun perhitungan rugi / laba selama proses produksi hingga
proses pemasaran keripik pisang ini, dari mulai modal 1 hari, 1 minggu hingga 1
bulan dan laba yang diperoleh selama 1 hari, 1 minggu hingga 1 bulan yaitu
sebagai berikut :
Ø Pisang 50 kg x
Rp. 4.000 = Rp. 200.000
Ø Minyak 15 kg x
Rp. 10.500
= Rp. 157.500
Ø Bumbu
= Rp. 20.000
Ø Tenaga kerja 3 x
Rp. 20.000 = Rp.
60.000
Ø Biaya pembungkus = Rp.
10.000
Ø Biaya transportasi = Rp.
10.000
Ø Lain – lain = Rp.
20.000 +
Rp. 477.500,-
Harga jual keripik pisang ini = Rp. 20.000 / kg
Maka dalam sehari = 30 x Rp. 20.000 = Rp.600.000
Jadi labanya = Harga Jual – Modal
600.000 – 477.500
= Rp. 122.500 / hari
Dengan demikian dapat ditarik kesimpulan sebagai berikut :
& Modal
§ Modal dalam 1 hari Rp. 477.500
§ Modal dalam 1
minggu Rp. 3. 342.500
§ Modal dalam 1
bulan Rp. 14.325.000
& Laba
§ Laba dalam 1 hari Rp. 122.500
§ Laba dalam 1
minggu Rp. 857.500
§ Laba dalam 1 bulan Rp. 3.675.000
BAB IV
KESIMPULAN
Dalam melakukan usaha dituntut serius dan focus. Kita tidak bisa
memulai bisnis dengan setengah – setengah dan dikerjakan sambil lalu meskipun
usaha itu adalah usaha sampingan. Kegagalan berusaha sebenarnya bukan
disebabkan oleh orang lain, tetapi berasal dari diri kita sendiri. Dengan
demikian, ketentuaan ketentuaan dalam menjalankannya adal suatu keharusan . Perhitungan – perhitungan
yang matang selayaknya dilakukan di awal memulai usaha, karena sekali kita
salah melangklah dalam perhitungan awal, yang terjadi adalah efek berantai
dimana kita akan terus menerus mengalami kesalahan, sementara modal lama
kelamaan akan habis.
Oleh karena itu, sudah sewajarnya kita ingin memulai usaha,
belajar kepada mereka yang lebih sukses agar kita dapat memilih mana yang pas dan mana yang kurang. Dengan demikian
kita terhindar dari resiko yang lebih besar.
DAFTAR PUSTAKA
0 Response to "Makalah Usaha Roti Bakar"
Post a Comment