Kinerja PUSKESMAS (Pusat Kesehatan Masyarakat) Dalam Pelayanan Kesehatan Masyarakat.

Kinerja PUSKESMAS (Pusat Kesehatan Masyarakat) Dalam Pelayanan Kesehatan Masyarakat.

BAB I
PENDAHULUAN

A. Latar Belakang

Dalam rangka konsep penyusunan strategi penambahan kinerja, maka tahapan yang bakal dilakukan ialah mengembangkan faktor-faktor yang memprovokasi kinerja tersebut, khususnya mengantisipasi pertumbuhan lingkungan internal maupun eksternal sebagai konsekwensi dari pertumbuhan era globalisasi dan penerapan liberalisasi ekonomi.

Tujuan organisasi yang telah diputuskan wring tidak bisa diraih cocok dengan apa yang diharapkan. Hal ini disebabkan tidak beda terjadinya gejolak dan kekisruhan ataupun evolusi yang terjadi pada lingkungan. Organisasi publik maupun privat didirikan pasti saja dengan destinasi yang berbeda-beda. Tujuan yang diputuskan oleh sebuah organisasi sangat diprovokasi oleh visi dan tujuan serta nilai¬-nilai yang terdapat dalam organisasi tersebut, oleh karenanya destinasi organisasi yang baik bakal merefleksikan orientasinya pada visi dan tujuan organisasi.

Seperti halnya kinerja Puskesmas dalam menyerahkan pelayanan kesehatan masyarakat maka butuh mendapatkan perhatian yang lebih serius khususnya yang sehubungan dengan SDM (sumber daya manusia) yang bekerja pada organisasi tersebut, sampai-sampai dapat menyerahkan kontribusi yang terbaik untuk pencapaian destinasi organisasi maka dituntut kesadarannya, profesionalisme, kedisiplinan dan kinerja yang setinggibarangkali sehingga roda organisasi dapat berlangsung dengan efektif dan efesien.

Fisipol

Dalam kaitannya urusan itu diatas, maka guna mewujudkan cita-cita Indonesia sehat 2010 yang memuat harapan supaya penduduk Indonesia memiliki keterampilan untuk mencapai pelayanan kesehatan yang bermutu, adil, dan merata serta berkesinambungan. Walaupun demikian, sekian banyak  fakta menyadarkan bahwa pelayanan kesehatan yang bermutu, adil dan merata tersebut masih jauh dari asa masyarakat dan memerlukan upaya yang betul-betul untuk mencapainya. (Anonim, 2003 :1).

Berkaitan dengan pentingnya aspek kesehatan dalam rangka pembangunan nasional yang dicocokkan pada situasi sosial kebiasaan dan geografiswarga Indonesia, maka pada bulan November 1967 Pemerintah Republik Indonesia merumuskan program kesehatan terpadu cocok dengan situasi social dan keterampilan rakyat Indonesia yang disebut dengan PUSKESMAS (Pusat Kesehatan Masyarakat) sebagai sebuah pelayanan kesehatan yangmenyerahkan pelayanan kuratif dan preventif secara terpadu dan lengkap dan mudah dicapai oleh masyarakat.

Dewasa ini Puskesmas sudah didirikan di nyaris seluruh pelosok tanah air dan bahkan untuk mencapai seluruh distrik kerjanya, Puskesmas Indukditolong oleh Puskesmas penolong dan Puskesmas Keliling. Tercatat pada tahun 2002 jumlah Puskesmas diseluruh Indonesia ialah 7.277 unit dan Puskesmas Pembantu sejumlah 2L587 unit serta Puskesmas Keliling 5.084 unit (perahu 716 unit dan Ambulance 1.302). (Warta Kesehatan Indonesia Edisi Oktober 2002)

Adapun jumlah Puskesmas yang terdapat di semua Wilayah Sulawesi Tenggarasejumlah 148 unit yang tersebar disemua kecamatan. Khususnya di kecamatan ... Kabupaten Buton ada I Puskesmas Induk dan mempunyai 7 Puskesmaspenolong dan 4 buah Polindes serta 23 Posyandu yang tersebar di semua wilayah kecamatan .... Dan di antara Puskesmas induk yang ada di kecamatan ... ialah Puskesmas ... yang ada di kelurahan ... yang pun Ibu kota Kecamatan .... (Arsip Puskemas ... 2004-2005).

Permasalahan yang lantas muncul ialah aksebilitas, bobot pelayanan dan pemanfaatan Puskesmas serta kinerja Puskesmas dalam menyerahkan pelayanan kesehatan masyarakat terutama di Kecamatan ... serta jangkauan kegiatan program pelayanan kesehatan pada masyarakat seluruhnya belum optimal dan terlaksana cocok apa yang diharapkan, ini dapat dilihat dari bulan Februari - Maret 2006 jumlah pasien/pengunjung yang berobat di Puskesmas ... sejumlah 155 orang, situasi ini menunjukan bahwa pemanfaatan Puskesmas sebagai lokasi tinggal berobat masyarakatterutama di Puskesmas ... masih paling minim, masyarakat ingin menggunakan tenaga dukun/ medis tradisional. Hal ini diprovokasi olehsejumlah faktor antara beda (1). Kemampuan SDM (2). Kemampuan ongkos (3). Ketersediaan sarana dan prasarana (4). Penempatan serta penyaluran tenaga kesehatan. (Arsip pengunjung/pasien Puskesmas ... Februari - Maret 2006).

Berdasarkan latar belakang itu diatas yang dikaitkan dengan dasar pentingnya kinerja Puskesmas dalam upaya menambah pelayanan kesehatan masyarakat. Maka peneliti terdorong untuk mengerjakan kajian riset dengan judul riset : Kinerja PUSKESMAS (Pusat Kesehatan Masyarakat) Dalam Pelayanan Kesehatan Masyarakat. Studi Puskesmas … Kecamatan … Kabupaten …. .



B.    Rumusan Masalah
Berdasarkan latar belakang tersebut diatas, maka masalah yang akan ditelaah dan dikaji adalah masih kurang optimalnya peranan Puskesmas .... dalam memberikan pelayanan kesehatan kepada masyarakat. Oleh karena itu, agar penelitian ini lebih terarah dalam mengkaji masalah tersebut maka peneliti merumuskan pertanyaan sebagai berikut : Bagaimana Kinerja Puskesmas .... dalam memberikan pelayanan kesehatan masyarakat?.

C.    Tujuan Dan Manfaat Penelitian
1.     Tujuan Penelitian
Berdasarkan latar belakang diatas maka, tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui : Kinerja Puskesmas ... dalam memberikan pelayanan kesehatan masyarakat.
2.     Manfaat Penelitian
Adapun manfaat yang dapat diperoleh dari penelitian ini adalah :
a.      Sebagai bahan masukan bagi pemerintah khusunya Dinas Kesehatan dalam rangka meningkatkan pelayanan kesehatan masyarakat.
b.      Sebagai bahan masukan bagi para petugas medis/kesehatan khususnya petugas Puskesmas .... untuk meningkatkan tugas dan tanggungjawabnya sebagai petugas kesehatan serta dapat mencari langkah-¬langkah konkrit untuk peningkatan/perbaikan mutu pelayanan Puskesmas ..... .

c.      Sebagai bahan informasi untuk penelitian-penelitian selanjutnya yang relevan dengan penelitian ini.

link Unduh full:

Download

Jangan lupa, like, share dan comentnya jika ada masalah.. semoga bermanfaat

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Kinerja PUSKESMAS (Pusat Kesehatan Masyarakat) Dalam Pelayanan Kesehatan Masyarakat."

Post a Comment