Meningkatkan Hasil Belajar Ekonomi Dengan Menggunakan Model Pembelajaran Cooperative Script Siswa Kelas XI

Meningkatkan Hasil Belajar Ekonomi Dengan Menggunakan Model Pembelajaran Cooperative Script Siswa Kelas XI

BAB I
PENDAHULUAN

1.1. Latar Belakang Masalah

Pengembangan dalam dunia pembelajaran yang bergulir dari masa kemasa memperkaya khanzah pembelajaran tersebut sendiri. Sebagai dunia yang dinamis dan terus berubah, pembelajaran semakin menyempurnakan diri cocok dengan situasi dan kondisi yang ada ketika ini. Pembelajaran semakin mengarah pada era kemandirian belajar, didukung dengan sarana telekomunikasi yang semakin baik bakal lebih mendekatkan ruang, menghemat waktu, proses pembelajaran semakin fleksibel untuk semua orang.

Belajar ialah suatu proses yang mengakibatkan terjadinya sebuah pembaharuan dalam tingkah laku, sukses atau tidaknya belajar tersebut tergantung kepada sejumlah faktor yang dipisahkan menjadi dua faktor. Faktor itu antara lain, hal internal dan eksternal. Faktor internal mencakup intelegensi, motivasi, kebiasaan, kecemasan, minat, dan sebagainya. Sedangkan hal eksternal mencakup lingkungan keluarga, lingkungan sekolah, lingkungan masyarakat, suasana sosial ekonomi, dan sebagainya.

Memenuhi tuntutan pertumbuhan jaman yang semakin maju, aspek pendidikan diwajibkan membimbing dan menunjukkan peserta didik guna menjadi lebih aktif dan kreatif. Keaktifan murid hendaklah melibatkan siswa tersebut sendiri supaya secara langsung belajar dan mengejar sebuah jawaban. Seringnya rasa malu murid yang hadir untuk berkomunikasi menciptakan kondisi ruang belajar tidak aktif. Hal laksana ini mengakibatkan rendahnya hasil siswa. Guru hendaknya memancing keaktifan siswa melewati model-model pembelajaran yang sesuai.
Pendidikan Ekonomi

Keberhasilan pencapaian tujuan edukasi terutama ditentukan oleh proses belajar melatih yang dirasakan siswa. Siswa dalam belajar diinginkan mampu merasakan perubahan baik dalam aspek kognitif, afektif, dan psikomotorik. Sikap-sikap yang mesti dipungut guru dalam proses pembelajaran hendaknya cocok dan dapat memperbaiki hasil belajar siswa.

Sejalan dengan pendekatan riset tindakan ruang belajar dalam pembelajaran, di antara model pembelajaran, sekarang yang tidak sedikit mendapat respon ialah model pembelajaran kooperatif. Pada model pembelajaran ini siswa diserahkan kesempatan guna berkomunikasi dan berinteraksi sosial dengan temannya untuk menjangkau destinasi pembelajaran, sedangkan guru beraksi sebagai motivator dan fasilitator kegiatan siswa. Artinya dalam pembelajaran ini pekerjaan aktif dengan pengetahuan di bina sendiri oleh murid dan mereka bertanggung jawab atas hasil pembelajarannya.

Setiap murid memiliki teknik atau gaya berfikir yang bertolak belakang dalam memecahkan suatu persoalan sesuai dengan kemampuannya. Kemampuan dalam memecahkan masalah ini terletak pada diri pelajar. Terkadang pun permasalahan yang diterjemahkan oleh siswa cocok pola pikir setiap individu.

Sebagai seorang guru yang profesional hendaknya bisa memilih danmerealisasikan model pembelajaran yang efektif supaya materi yang dipelajari oleh murid dapat dicerna dengan baik serta dapat menambah hasil belajar. Dengan demikian, dengan memilih strategi atau model pembelajaran yang tepat dalam masing-masing jenis pekerjaan pembelajaran, diinginkan pencapaian destinasi belajar bisa terpenuhi. Agar dapat menjangkau inti nilai ketuntasan 75 dalam mata latihan ekonomi dibutuhkan lagi proses pembelajaran yang dapat meningkatkan hasil belajar murid sehingga menjangkau kriteria ketuntasan pada siswaruang belajar XI MAN Kabupaten ..... Hal ini disaksikan dari 28 orangmurid yang menjangkau ketuntasan melulu 10 murid dan yang belum tuntas 18 siswa.

Salah satu teknik yang dapat dilakukan ialah dengan merealisasikan model cooperative script di mana murid bekerja berpasangan dan bergantian secara lisan. Model cooperative script ini ialah metode simpel yang dapat digunakan untuk mempraktekkan suatu kemampuan atau produser denganrekan belajar. Tujuan ialah untuk meyakinkan setiap pasangan dapatmengerjakan ketrampilan dengan benar. Materi-materi yang mempunyai sifat psikomotorik ialah materi yang baik guna diajarkan dengan strategi ini.

Oleh sebab itu, pembelajaran dalam ruang belajar harus melibatkan semua siswa secara langsung untuk membicarakan konsep teori dan materinyasupaya mudah deipahami dengan memakai model pembelajaran cooperative script. Model pembelajaran Cooperative Script ialah model belajar dimanamurid dapat berkelompok berpasangan dan bergantian secara lisan dalam megerjakan tugas dari bagian-bagian pelajaran yang diserahkan guru.

Guru mesti dapat menciptakan keadaan belajar yang baik, misalnyamemakai model atau cara dan tehnik pendekatan dalam pembelajaran yangbisa menigkatkan hasil belajar siswa. Guru pun harus memahami kemampuan-kemampuan yang terdapat pada murid peserta didik supaya sesuai dengan destinasi pembelajaran yang ditetapkan.

Berdasarkan latar belakang di atas, peneliti tertarik untuk mengerjakan penelitian yang berjudul ”Meningkatkan Hasil Belajar Ekonomi Dengan Menggunakan Model Pembelajaran Cooperative Script Siswa Kelas XI Man ....”.

1.2 Indentifikasi Masalah
Adapun indentifikasi masalah dalam riset ini yaitu:
1) Hasil belajar murid di MAN ...Kabupaten ..pada latihan ekonomi.
2) Tingkat Aktifitas guru dan murid MAN ..Kabupaten ..belum maksimal.
3) Respon murid MAN ..Kabupaten ..dalam latihan masih rendah.

1.3 Rumusan Masalah

Adapun yang menjadi masalah dalam riset ini merupakan:

1) Adakah penambahan hasil belajar murid dengan memakai model pembelajaran Cooperative Script di ruang belajar XI MAN ...?
2) Bagaimanakah Aktifitas guru dan murid dengan memakai model pembelajaran Cooperative Script di ruang belajar XI MAN ...?
3) Bagaimanakah respon murid dengan memakai model pembelajaran Cooperative Script di ruang belajar XI MAN ...?

1.4 Tujuan Penelitian

Berdasarkan rumusan masalah yang telah diajukan diatas adapun tujuanriset ini merupakan;

1) Bagi mendeskripsikan penambahan hasil belajar murid dengan memakai model pembelajaran Cooperativie Script di ruang belajar XI MAN ....
2) Untuk memahami Aktifitas guru dan murid dengan memakai model pembelajaran Cooperative Script di ruang belajar XI MAN ....?
3) Untuk memahami respon murid dengan memakai model pembelajaran Cooperative Script di ruang belajar XI MAN ...?

1.5 Manfaat Penelitian

Hasil riset ini diinginkan bermanfaat untuk siswa, guru, peneliti dan sekolah sebagai berikut

1) Untuk peneliti, sebagai bahan ekstra pengetahuan dalam melatih menggunakan model pembelajaran cooperative script.
2) Bagi murid antara beda adalah; murid secara aktif tercebur langsung dalam proses pembelajaran sampai-sampai materi yang di ajarkan lebih bermakna.
3) Untuk guru antara lain: sebagai motivasi untuk guru latihan ekonomisupaya menggunakan model pembelajaran yang cocok dengan materi.
4) Untuk sekolah: sebagai bahan masukan untuk sekolah supaya semua guru dapat memakai metode melatih yang sesuai terutama model Pembelajaran cooperative script.

1.6 Ruang Lingkup Penelitian

Agar dalam ulasan lebih terarah dan berlangsung dengan baik maka butuh adanya ruang lingkup penelitian, yaitu:

1) Ruang lingkup riset hanya diberi batas pada hasil belajar siswa.
2) Peneliti menyatakan tentang memakai model pembelajaran cooperative script.
3) Peneliti melulu melakukan riset tindakan ruang belajar di ruang belajar XI MAN ....
4) Kompetensi Dasar 3.8 Menganalisis peran pelaku ekonomi dalam sistem perekonomian Indonesia.

1.7 Devinisi Operasional

Untuk memudahkan pemahaman isi dalam karya tulis ini maka butuh di devinisikan istilah-istilah urgen dalam judul yang menjadi pokok ulasan yaitu

Hasil Belajar ialah suatu proses keinganan yang menyerahkan peluang untuk menjangkau keberhasilan dalam belajar.
Model pembelajaran cooperative script ialah adalah salah satu unsur pembelajaran aktif (active learning) yakni segala format pembelajaran yang memungkinkan murid berperan secara aktif dalam proses pembelajaran baik dalam format interaksi antar murid maupun murid dengan guru dalam proses pembelajaran.

LINK UNDUH:
BAB I-III : Download
BAB IV - V : Download
DAFTAR PUSTAKA : Download

SEMOGA BERMANFAAT, JIKA ADA KELUHAN SILAHKAN COMENT, TERIMA KASIH

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Meningkatkan Hasil Belajar Ekonomi Dengan Menggunakan Model Pembelajaran Cooperative Script Siswa Kelas XI"

Post a Comment