Meningkatkan Hasil Belajar Ekonomi Dengan Menggunakan Model Pembelajaran Cooperative Script Siswa Kelas XI
Meningkatkan Hasil Belajar
Ekonomi Dengan Menggunakan Model Pembelajaran Cooperative Script Siswa Kelas XI
BAB I
PENDAHULUAN
1.1. Latar Belakang Masalah
Pengembangan dalam dunia
pembelajaran yang bergulir dari masa kemasa memperkaya khanzah pembelajaran tersebut sendiri. Sebagai dunia yang
dinamis dan terus berubah, pembelajaran semakin menyempurnakan diri cocok dengan situasi dan kondisi yang
ada ketika ini. Pembelajaran
semakin mengarah pada era kemandirian belajar, didukung dengan sarana
telekomunikasi yang semakin baik bakal lebih
mendekatkan ruang, menghemat waktu, proses pembelajaran semakin fleksibel untuk semua orang.
Belajar ialah suatu proses yang
mengakibatkan terjadinya sebuah pembaharuan
dalam tingkah laku, sukses atau
tidaknya belajar tersebut tergantung
kepada sejumlah faktor yang dipisahkan menjadi dua faktor. Faktor itu antara lain, hal internal dan eksternal. Faktor
internal mencakup intelegensi,
motivasi, kebiasaan, kecemasan, minat, dan sebagainya. Sedangkan hal eksternal mencakup lingkungan keluarga, lingkungan sekolah, lingkungan
masyarakat, suasana sosial
ekonomi, dan sebagainya.
Memenuhi tuntutan pertumbuhan jaman yang semakin maju,
aspek pendidikan diwajibkan membimbing
dan menunjukkan peserta didik guna menjadi lebih aktif dan kreatif.
Keaktifan murid hendaklah
melibatkan siswa tersebut sendiri supaya secara langsung belajar dan mengejar sebuah jawaban. Seringnya
rasa malu murid yang hadir untuk berkomunikasi menciptakan kondisi ruang belajar tidak aktif. Hal laksana ini mengakibatkan rendahnya hasil siswa. Guru hendaknya memancing
keaktifan siswa melewati model-model
pembelajaran yang sesuai.
Pendidikan Ekonomi |
Keberhasilan pencapaian tujuan edukasi terutama ditentukan oleh
proses belajar melatih yang dirasakan siswa. Siswa dalam belajar diinginkan mampu merasakan perubahan baik dalam aspek
kognitif, afektif, dan psikomotorik. Sikap-sikap yang mesti dipungut guru dalam proses pembelajaran hendaknya cocok dan dapat memperbaiki hasil belajar siswa.
Sejalan dengan pendekatan riset tindakan ruang belajar dalam pembelajaran, di antara model pembelajaran, sekarang yang tidak
sedikit mendapat respon ialah model
pembelajaran kooperatif. Pada model pembelajaran ini siswa diserahkan kesempatan guna berkomunikasi dan berinteraksi
sosial dengan temannya untuk menjangkau
destinasi pembelajaran,
sedangkan guru beraksi sebagai
motivator dan fasilitator kegiatan siswa.
Artinya dalam pembelajaran ini
pekerjaan aktif dengan pengetahuan di bina sendiri oleh
murid dan mereka bertanggung jawab atas hasil pembelajarannya.
Setiap murid memiliki teknik atau
gaya berfikir yang bertolak belakang dalam
memecahkan suatu persoalan sesuai
dengan kemampuannya. Kemampuan dalam memecahkan masalah ini terletak pada diri
pelajar. Terkadang pun permasalahan
yang diterjemahkan oleh siswa cocok pola
pikir setiap individu.
Sebagai seorang guru yang
profesional hendaknya bisa memilih
danmerealisasikan model
pembelajaran yang efektif supaya materi
yang dipelajari oleh murid dapat dicerna dengan baik serta dapat menambah hasil belajar. Dengan
demikian, dengan memilih strategi atau model pembelajaran yang tepat dalam masing-masing jenis pekerjaan pembelajaran, diinginkan pencapaian destinasi belajar bisa terpenuhi. Agar dapat menjangkau inti nilai ketuntasan 75
dalam mata latihan ekonomi dibutuhkan lagi proses pembelajaran
yang dapat meningkatkan hasil
belajar murid sehingga menjangkau kriteria ketuntasan pada
siswaruang belajar XI MAN
Kabupaten ..... Hal ini disaksikan dari
28 orangmurid yang menjangkau ketuntasan melulu 10 murid dan yang belum tuntas 18 siswa.
Salah satu teknik yang dapat dilakukan ialah dengan merealisasikan model cooperative script di mana murid bekerja berpasangan dan
bergantian secara lisan. Model cooperative script ini ialah metode simpel yang
dapat digunakan untuk
mempraktekkan suatu kemampuan atau
produser denganrekan belajar.
Tujuan ialah untuk meyakinkan setiap pasangan dapatmengerjakan ketrampilan dengan benar.
Materi-materi yang mempunyai sifat psikomotorik ialah materi yang baik guna diajarkan dengan strategi ini.
Oleh sebab itu, pembelajaran dalam ruang belajar harus melibatkan semua siswa secara langsung untuk membicarakan konsep teori dan materinyasupaya mudah deipahami dengan memakai model pembelajaran cooperative script. Model pembelajaran
Cooperative Script ialah model
belajar dimanamurid dapat
berkelompok berpasangan dan bergantian secara lisan dalam megerjakan tugas dari
bagian-bagian pelajaran yang diserahkan guru.
Guru mesti dapat menciptakan
keadaan belajar yang baik, misalnyamemakai model atau cara dan
tehnik pendekatan dalam pembelajaran yangbisa menigkatkan hasil belajar siswa. Guru pun harus memahami kemampuan-kemampuan
yang terdapat pada murid peserta didik supaya sesuai dengan destinasi pembelajaran yang
ditetapkan.
Berdasarkan latar belakang di
atas, peneliti tertarik untuk
mengerjakan penelitian yang berjudul ”Meningkatkan Hasil Belajar Ekonomi
Dengan Menggunakan Model Pembelajaran Cooperative Script Siswa Kelas XI Man
....”.
1.2 Indentifikasi Masalah
Adapun indentifikasi masalah dalam riset ini yaitu:
1) Hasil belajar murid di MAN ...Kabupaten ..pada latihan ekonomi.
2) Tingkat Aktifitas guru dan murid MAN ..Kabupaten ..belum
maksimal.
3) Respon murid MAN ..Kabupaten ..dalam latihan masih rendah.
1.3 Rumusan Masalah
Adapun yang menjadi masalah dalam riset ini merupakan:
1) Adakah penambahan hasil belajar
murid dengan memakai model
pembelajaran Cooperative Script di
ruang belajar XI MAN ...?
2) Bagaimanakah Aktifitas guru dan murid dengan memakai model pembelajaran Cooperative Script di ruang belajar XI MAN ...?
3) Bagaimanakah respon murid dengan memakai model pembelajaran Cooperative Script di ruang belajar XI MAN ...?
1.4 Tujuan Penelitian
Berdasarkan rumusan masalah yang
telah diajukan diatas adapun
tujuanriset ini merupakan;
1) Bagi mendeskripsikan
penambahan hasil belajar murid dengan memakai model pembelajaran
Cooperativie Script di ruang belajar XI
MAN ....
2) Untuk memahami Aktifitas guru dan murid dengan memakai model
pembelajaran Cooperative Script di
ruang belajar XI MAN ....?
3) Untuk memahami respon murid dengan memakai model pembelajaran
Cooperative Script di ruang belajar XI
MAN ...?
1.5 Manfaat Penelitian
Hasil riset ini diinginkan bermanfaat untuk siswa, guru, peneliti dan
sekolah sebagai berikut
1) Untuk peneliti, sebagai bahan ekstra pengetahuan dalam
melatih menggunakan model pembelajaran cooperative script.
2) Bagi murid antara beda adalah; murid secara aktif tercebur langsung dalam proses
pembelajaran sampai-sampai materi
yang di ajarkan lebih bermakna.
3) Untuk guru antara lain: sebagai motivasi untuk guru latihan ekonomisupaya menggunakan model pembelajaran
yang cocok dengan materi.
4) Untuk sekolah: sebagai bahan masukan untuk sekolah supaya semua
guru dapat memakai metode melatih yang sesuai terutama model Pembelajaran
cooperative script.
1.6 Ruang Lingkup Penelitian
Agar dalam ulasan lebih terarah dan
berlangsung dengan baik maka
butuh adanya ruang lingkup penelitian, yaitu:
1) Ruang lingkup riset hanya diberi batas pada hasil belajar siswa.
2) Peneliti menyatakan tentang memakai model pembelajaran
cooperative script.
3) Peneliti melulu melakukan riset tindakan ruang belajar di ruang
belajar XI MAN ....
4) Kompetensi Dasar 3.8
Menganalisis peran pelaku ekonomi dalam sistem perekonomian Indonesia.
1.7 Devinisi Operasional
Untuk memudahkan pemahaman isi dalam karya tulis ini maka butuh di devinisikan istilah-istilah urgen dalam judul yang menjadi pokok ulasan yaitu
Hasil Belajar ialah suatu proses keinganan yang menyerahkan peluang untuk menjangkau keberhasilan dalam
belajar.
Model pembelajaran cooperative
script ialah adalah salah satu unsur pembelajaran aktif (active
learning) yakni segala format pembelajaran yang memungkinkan murid berperan secara aktif dalam
proses pembelajaran baik dalam format interaksi
antar murid maupun murid dengan guru dalam proses
pembelajaran.
LINK UNDUH:
BAB I-III : Download
BAB IV - V : Download
0 Response to "Meningkatkan Hasil Belajar Ekonomi Dengan Menggunakan Model Pembelajaran Cooperative Script Siswa Kelas XI"
Post a Comment