Mеnіngkаtkаn Hаѕіl Bеlајаr Sіѕwа Dеngаn Mеnggunаkаn Mоdеl Pеmbеlајаrаn Kоореrаtіf Tіре Mаkе A Mаtсh Pаdа Mаtеrі Dеtеrmіnаn Dаn Invеrѕ Mаtrіkѕ Ordо 3x3 Pаdа Sіѕwа Kеlаѕ XII SMA
Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Dengan Menggunakan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Make A Match Pada Materi Determinan dan Invers Matriks Ordo 3x3 Pada Siswa Kelas XII SMA
BAB I
PENDAHULUAN
1.1 Latar
Belakang Masalah
Pendidikan memiliki peranan penting dalam menciptakan masyarakat yang
cerdas, damai, terbuka, dan demokratis. pendidikan dari segi kehidupan dirasakan sangat penting bagi perkembangan
hidup manusia. Pendidikan sudah merupakan kebutuhan yang mendasar bagi setiap
individu. Oleh karena itu pembaharuan
pendidikan harus selalu dilakukan untuk meningkatkan kualitas pendidikan.
Dalam pelaksanaannya pendidikan dibagi dalam tiga jalur, yaitu
pendidikan formal, pendidikan informal dan pendidikan nonformal. Pendidikan
formal merupakan jalur pendidikan yang terstruktur dan berjenjang yang terdiri
atas pendidikan dasar, pendidikan menengah dan pendidikan tinggi (Undang-Undang
No. 20 tahun 2003).
Skripsi Matematika |
Begitu
juga dengan pembelajaran matematika mempunyai peranan penting dalam dunia
pendidikan, karena erat kaitannya dengan pengaplikasian matematika dalam dunia
pendidikan itu sendiri maupun dalam kehidupan sehari-hari. Melihat pentingnya
matematika, maka perlu diajarkan di sekolah
mulai dari sekolah dasar sampai ke perguruan tinggi. Dimana dengan
belajar matematika, siswa dapat berpikir logis, praktis dan
dinamis sehingga dapat menyelesaikan berbagai masalah dan juga sebagai cabang
penyerahan yang senantiasa mengalami pembaharuan.
Pada kurikulum 2004
(Depdiknas, 2003: 4-6) tertulis bahwa; belajar akan bermakna bagi siswa apabila
mereka aktif dengan berbagai cara untuk mengkrontruksi atau membangun sendiri
pengetahuannya. Selanjutnya dikatakan, guru diharapkan dalam setiap kesempatan
pembelajaran matematika dimulai dengan pengenalan masalah yang berkaitan dengan
kehidupan nyata. Dengan mengajukan masalah-masalah yang kontekstual, siswa
secara bertahap dibimbing untuk menguasai konsep-konsep matematika. Dalam
pembelajaran matematika, guru dapat mengkombinasikan berbagai strategi belajar
mengajar di dalam kelas.
Salah satu metode
mengajar matematika yang dapat diterapkan untuk mewujudkan tujuan pendidikan
matematika sesuai yang tertuang dalam kurikulum 2004 antara lain adalah model
pembelajaran matematika yang memberikan keluasan siswa untuk mempelajarinya
terutama siswa SMA yang sangat memerlukan pemahaman lebih mendalam, dalam
berbagai materi yang diberikan siswa di wajibkan untuk memahaminya, mengerti
dan mampu menyelesaikan setiap tugas yang diberikan oleh guru.
Berdasarkan survey peneliti terhadap SMA Negeri
2 Kuta blang, Dari hasil wawancara dengan guru bidang studi matematika, guru
sudah menerapkan kurikulum KTSP dengan berbagai model pembelajaran kooperatif
dengan tingkat prestasi belajar siswa yang beragam. Namun masih ada siswa yang
berprestasi rendah khusunya pelajaran matematika, akan tetapi masih banyak
siswa yang belum mampu pada materi determinan dan invers matriks yang berordo
3x3, salah satu masalah yaitu masih banyak siswa yang kurang mengerti dan
memahami materi matriks khususnya pada mencari determinan dan invers matriks
berorde 3x3, dalam orde 3x3 siswa banyak mengeluh khususnya dalam pencarian
ekspansi baris dan kofaktor serta adjoint untuk invest suatu matriks berorde
3x3Kurangnya peningkatan hasil belajar siswa pada materi determinan dan invers
menjadi sebuah masalah yang perlu diatas, dengan berbagai solusi diberikan baik
dengan penggunaan model pembelajaran yang mempermudah siswa dalam memahami
materi determinan dan invers matrik.
Dalam pembelajaran dengan materi matriks yang peneliti ingin lakukan
pada kelas XII SMA Negeri 2 Kuta Blang, untuk mengatasi masalah tersebut
peneliti ingin melakukan peningkatan kemampuan siswa dalam hasil belajar yang
lebih baik dengan menggunakan model pembelajaran make a match. Model pembelajaran make a match yang di hadapkan pada materi matriks ini sebagai acuan
peningkatan hasil belajar oleh siswa kelas XII SMA Negeri 2 Kuta Blang.
Model Pembelajaran Make a Match adalah model
pembelajaran mencari Pasangan. Setiap siswa
mendapat sebuah kartu (bisa soal atau jawaban), lalu secepatnya mencari
pasangan yang sesuai dengan kartu yang ia pegang. Suasana pembelajaran dalam
model pembelajaran Make a Match akan
riuh, tetapi sangat asik dan menyenangkan. Untuk dapat melaksanakan pembelajaran matematika dengan menggunakan model
pembelajaran Make a Match maka diperlukan adanya kerja sama antara
guru matematika dan peneliti yaitu melalui penelitian tindakan kelas, juga memberikan kesempatan kepada peneliti dan
guru matematika untuk memperbaiki hasil
belajar siswa dalam berbagai masalah-masalah terhadap hasil pembelajaran siswa di SMA Negeri 2 Kutablang sehingga dapat dikaji,
ditingkatkan dan dituntaskan.
Dari uraian di atas
penulis ingin melakukan penelitian tindakan dengan judul “Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Dengan
Menggunakan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Make A Match Pada Materi Determinan dan Invers Matriks Ordo 3x3 Pada Siswa Kelas XII SMA Negeri ...........”.
1.2 Rumusan
Masalah
Berdasarkan latar
belakang masalah di atas, maka permasalahan yang muncul adalah:
1)
Bagaimanakah meningkatkan hasil belajar siswa dengan menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe make a match pada
materi determinan dan invers
matriks ordo 3x3 pada Siswa
Kelas XII SMA Negeri 2 ...?
2)
Bagaimanakah aktivitas guru dan siswa Kelas XII SMA Negeri 2 ...pada terhadap pelajaran matematika pada materi determinan dan invers matriks ordo 3x3 melalui model
pembelajaran kooperatif tipe make a match?
3)
Respon siswa Kelas XII SMA Negeri 2 ...terhadap pelajaran matematika pada materi determinan dan invers matriks ordo 3x3 masih rendah.
1.3 Tujuan
Penelitian
Sesuai dengan permasalahan pokok di atas,
tujuan yang ingin dicapai dalam penelitian ini adalah:
1)
Untuk
meningkatkan hasil belajar siswa kelas XII SMA Negeri 2 ...pada materi determinan dan invers
matriks ordo 3x3 dengan menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe make a match.
2)
Untuk
meningkatkan aktivitas guru dan siswa kelas XII SMA Negeri 2 ...pada materi determinan dan invers
matriks ordo 3x3 dengan menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe make a match.
3)
Untuk
mengetahui respon siswa kelas XII SMA Negeri 2 ...pada materi determinan dan invers matriks ordo 3x3 dengan menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe make a match.
1.4 Manfaat
Penelitian
Adapun manfaat penelitian ini adalah sebagai
berikut:
1)
Bagi
peneliti, penelitian ini diharapkan dapat membantu menentukan tindakan yang
tepat pada materi determinan dan invers matriks ordo 3x3 dengan menggunakan model
pembelajaran kooperatif tipe make a match.
2)
Bagi guru
SMA, penelitian ini diharapkan sebagai bahan masukan untuk menerapkan
pembelajaran pada materi determinan dan invers matriks ordo 3x3 dengan menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe make a match.
3)
Bagi
murid, penelitian ini menjadi pengalaman bagi siswa untuk materi determinan dan invers matriks ordo 3x3 dengan menggunakan model
pembelajaran kooperatif tipe make a match.
1.5 Definisi
Operasional
Agar
tidak terjadi kesalahpahaman dalam menaksirkan istilah dalam penelitian ini,
maka peneliti akan menjelaskan istilah yang digunakan:
1)
Meningkatkan
adalah memberi dorongan atau memberi motivasi kepada anak tentang materi sifat-sifat bangun datar.
2)
Hasil belajar adalah hasil yang dicapai
sebaik-baiknya menurut kemampuan anak pada waktu tertentu terhadap hal-hal yang
dikerjakan atau dilakukan
3)
Belajar
adalah semua aktivitas mental atau psikis yang berlangsung dalam
interaksi aktif dalam lingkungan, yang menghasilkan perubahan-perubahan dalam
pengelolaan pemahaman.
4)
Model
Pembelajaran Kooperatif Tipe make a match adalah model pembelajaran
mencari Pasangan. Setiap siswa mendapat sebuah kartu (bisa soal atau jawaban), lalu
secepatnya mencari pasangan yang sesuai dengan kartu yang ia pegang.
5)
Determinan
dan invers matriks ordo 3x3
dalam penelitian ini merupakan materi yang akan diajarkan di SMA Negeri 2 ...yang dilaksanakan pada semester genap, penelitian
membatasi tentang materi yang akan diajarkan yaitu, Invers, Matrik ordo 3x3 dan Determinan.
LINK UNDUH:
0 Response to "Mеnіngkаtkаn Hаѕіl Bеlајаr Sіѕwа Dеngаn Mеnggunаkаn Mоdеl Pеmbеlајаrаn Kоореrаtіf Tіре Mаkе A Mаtсh Pаdа Mаtеrі Dеtеrmіnаn Dаn Invеrѕ Mаtrіkѕ Ordо 3x3 Pаdа Sіѕwа Kеlаѕ XII SMA"
Post a Comment