Mеnіngkаtkаn Hаѕіl Bеlајаr Sіѕwа Dеngаn Mеnggunаkаn Mоdеl Pеmbеlајаrаn Kоореrаtіf Tіре Mаkе A Mаtсh Pаdа Mаtеrі Dеtеrmіnаn Dаn Invеrѕ Mаtrіkѕ Ordо 3x3 Pаdа Sіѕwа Kеlаѕ XII SMA

Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Dengan Menggunakan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Make A Match Pada Materi Determinan dan Invers Matriks Ordo 3x3 Pada Siswa Kelas XII SMA 

BAB I
PENDAHULUAN

1.1  Latar Belakang Masalah
Pendidikan memiliki peranan penting dalam menciptakan masyarakat yang cerdas, damai, terbuka, dan demokratis. pendidikan dari segi kehidupan  dirasakan sangat penting bagi perkembangan hidup manusia. Pendidikan sudah merupakan kebutuhan yang mendasar bagi setiap individu.  Oleh karena itu pembaharuan pendidikan harus selalu dilakukan untuk meningkatkan kualitas pendidikan.

Dalam pelaksanaannya pendidikan dibagi dalam tiga jalur, yaitu pendidikan formal, pendidikan informal dan pendidikan nonformal. Pendidikan formal merupakan jalur pendidikan yang terstruktur dan berjenjang yang terdiri atas pendidikan dasar, pendidikan menengah dan pendidikan tinggi (Undang-Undang No. 20 tahun 2003).  
Skripsi Matematika

Pendidikan adalah salah satu upaya dalam meningkatkan sumber daya manusia dan merupakan tanggung-jawab semua pihak, baik pemerintah, masyarakat, dan lembaga pendidikan. Berbagai upaya peningkatan mutu pendidikan menjadi prioritas utama salah satu upaya yang dilakukan adalah dengan meningkatkan kualitas proses pembelajaran. 

Begitu juga dengan pembelajaran matematika mempunyai peranan penting dalam dunia pendidikan, karena erat kaitannya dengan pengaplikasian matematika dalam dunia pendidikan itu sendiri maupun dalam kehidupan sehari-hari. Melihat pentingnya matematika, maka perlu diajarkan di sekolah  mulai dari sekolah dasar sampai ke perguruan tinggi. Dimana dengan belajar matematika, siswa dapat berpikir logis, praktis dan dinamis sehingga dapat menyelesaikan berbagai masalah dan juga sebagai cabang penyerahan yang senantiasa mengalami pembaharuan.

Pada kurikulum 2004 (Depdiknas, 2003: 4-6) tertulis bahwa; belajar akan bermakna bagi siswa apabila mereka aktif dengan berbagai cara untuk mengkrontruksi atau membangun sendiri pengetahuannya. Selanjutnya dikatakan, guru diharapkan dalam setiap kesempatan pembelajaran matematika dimulai dengan pengenalan masalah yang berkaitan dengan kehidupan nyata. Dengan mengajukan masalah-masalah yang kontekstual, siswa secara bertahap dibimbing untuk menguasai konsep-konsep matematika. Dalam pembelajaran matematika, guru dapat mengkombinasikan berbagai strategi belajar mengajar di dalam kelas.

Salah satu metode mengajar matematika yang dapat diterapkan untuk mewujudkan tujuan pendidikan matematika sesuai yang tertuang dalam kurikulum 2004 antara lain adalah model pembelajaran matematika yang memberikan keluasan siswa untuk mempelajarinya terutama siswa SMA yang sangat memerlukan pemahaman lebih mendalam, dalam berbagai materi yang diberikan siswa di wajibkan untuk memahaminya, mengerti dan mampu menyelesaikan setiap tugas yang diberikan oleh guru.

Berdasarkan survey peneliti terhadap SMA Negeri 2 Kuta blang, Dari hasil wawancara dengan guru bidang studi matematika, guru sudah menerapkan kurikulum KTSP dengan berbagai model pembelajaran kooperatif dengan tingkat prestasi belajar siswa yang beragam. Namun masih ada siswa yang berprestasi rendah khusunya pelajaran matematika, akan tetapi masih banyak siswa yang belum mampu pada materi determinan dan invers matriks yang berordo 3x3, salah satu masalah yaitu masih banyak siswa yang kurang mengerti dan memahami materi matriks khususnya pada mencari determinan dan invers matriks berorde 3x3, dalam orde 3x3 siswa banyak mengeluh khususnya dalam pencarian ekspansi baris dan kofaktor serta adjoint untuk invest suatu matriks berorde 3x3Kurangnya peningkatan hasil belajar siswa pada materi determinan dan invers menjadi sebuah masalah yang perlu diatas, dengan berbagai solusi diberikan baik dengan penggunaan model pembelajaran yang mempermudah siswa dalam memahami materi determinan dan invers matrik.

 Dalam pembelajaran dengan materi matriks yang peneliti ingin lakukan pada kelas XII SMA Negeri 2 Kuta Blang, untuk mengatasi masalah tersebut peneliti ingin melakukan peningkatan kemampuan siswa dalam hasil belajar yang lebih baik dengan menggunakan model pembelajaran make a match. Model pembelajaran make a match yang di hadapkan pada materi matriks ini sebagai acuan peningkatan hasil belajar oleh siswa kelas XII SMA Negeri 2 Kuta Blang.

Model Pembelajaran Make a Match adalah model pembelajaran mencari Pasangan. Setiap siswa mendapat sebuah kartu (bisa soal atau jawaban), lalu secepatnya mencari pasangan yang sesuai dengan kartu yang ia pegang. Suasana pembelajaran dalam model pembelajaran Make a Match akan riuh, tetapi sangat asik dan menyenangkan. Untuk dapat melaksanakan pembelajaran matematika dengan menggunakan model pembelajaran Make a Match maka diperlukan adanya kerja sama antara guru matematika dan peneliti yaitu melalui penelitian tindakan kelas, juga memberikan kesempatan kepada peneliti dan guru matematika untuk memperbaiki hasil belajar siswa dalam berbagai masalah-masalah terhadap hasil pembelajaran siswa di SMA Negeri 2 Kutablang sehingga dapat dikaji, ditingkatkan dan dituntaskan.

            Dari uraian di atas penulis ingin melakukan penelitian tindakan dengan judul “Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Dengan Menggunakan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Make A Match Pada Materi Determinan dan Invers Matriks Ordo 3x3 Pada Siswa Kelas XII SMA Negeri ...........”.


1.2  Rumusan Masalah
Berdasarkan latar belakang masalah di atas, maka permasalahan yang muncul adalah:
1)        Bagaimanakah meningkatkan hasil belajar siswa dengan menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe make a match pada materi determinan dan invers matriks ordo 3x3 pada Siswa Kelas XII SMA Negeri 2 ...?
2)        Bagaimanakah aktivitas guru dan siswa Kelas XII SMA Negeri 2 ...pada terhadap pelajaran matematika pada materi determinan dan invers matriks ordo 3x3 melalui model pembelajaran kooperatif tipe make a match?
3)        Respon  siswa Kelas XII SMA Negeri 2 ...terhadap pelajaran matematika pada materi determinan dan invers matriks ordo 3x3 masih rendah.

1.3  Tujuan Penelitian
            Sesuai dengan permasalahan pokok di atas, tujuan yang ingin dicapai dalam penelitian ini adalah: 
1)        Untuk meningkatkan hasil belajar siswa kelas XII SMA Negeri 2 ...pada materi determinan dan invers matriks ordo 3x3 dengan menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe make a match.
2)        Untuk meningkatkan aktivitas guru dan siswa kelas XII SMA Negeri 2 ...pada materi determinan dan invers matriks ordo 3x3 dengan menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe make a match.
3)        Untuk mengetahui respon siswa kelas XII SMA Negeri 2 ...pada materi determinan dan invers matriks ordo 3x3 dengan menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe make a match.

1.4  Manfaat Penelitian
Adapun manfaat penelitian ini adalah sebagai berikut:
1)        Bagi peneliti, penelitian ini diharapkan dapat membantu menentukan tindakan yang tepat pada materi determinan dan invers matriks ordo 3x3 dengan menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe make a match.
2)        Bagi guru SMA, penelitian ini diharapkan sebagai bahan masukan untuk menerapkan pembelajaran pada materi determinan dan invers matriks ordo 3x3 dengan menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe make a match.
3)        Bagi murid, penelitian ini menjadi pengalaman bagi siswa untuk materi determinan dan invers matriks ordo 3x3 dengan menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe make a match.

1.5  Definisi Operasional
            Agar tidak terjadi kesalahpahaman dalam menaksirkan istilah dalam penelitian ini, maka peneliti akan menjelaskan istilah yang digunakan:
1)        Meningkatkan adalah memberi dorongan atau memberi motivasi kepada  anak tentang materi sifat-sifat bangun datar.
2)        Hasil belajar adalah hasil yang dicapai sebaik-baiknya menurut kemampuan anak pada waktu tertentu terhadap hal-hal yang dikerjakan atau dilakukan
3)        Belajar adalah semua aktivitas mental atau  psikis yang berlangsung dalam interaksi aktif dalam lingkungan, yang menghasilkan perubahan-perubahan dalam pengelolaan pemahaman.
4)        Model Pembelajaran Kooperatif Tipe make a match adalah model pembelajaran mencari Pasangan. Setiap siswa mendapat sebuah kartu (bisa soal atau jawaban), lalu secepatnya mencari pasangan yang sesuai dengan kartu yang ia pegang.

5)        Determinan dan invers matriks ordo 3x3 dalam penelitian ini merupakan materi yang akan diajarkan di SMA Negeri 2 ...yang dilaksanakan pada semester genap, penelitian membatasi tentang materi yang akan diajarkan yaitu, Invers, Matrik ordo 3x3 dan Determinan.


LINK UNDUH:

Download

SEMOGA BERMANFAAT, SILAHKAN COMENT, JIKA ADA KELUHAN.

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Mеnіngkаtkаn Hаѕіl Bеlајаr Sіѕwа Dеngаn Mеnggunаkаn Mоdеl Pеmbеlајаrаn Kоореrаtіf Tіре Mаkе A Mаtсh Pаdа Mаtеrі Dеtеrmіnаn Dаn Invеrѕ Mаtrіkѕ Ordо 3x3 Pаdа Sіѕwа Kеlаѕ XII SMA"

Post a Comment