Penerapan model pembelajaran Think Pair Share (TPS) pada Materi Menulis Wacana Deskripsi pada siswa Kelas VIII SMP

Penerapan model pembelajaran Think Pair Share (TPS) pada Materi Menulis Wacana Deskripsi pada murid Kelas VIII SMP

BAB I PENDAHULUAN

1.1 Latar Belakang
Keterampilan mencatat adalah salah satu kemampuan berbahasa yang perlu dipunyai siswa yang sedang belajar mulai tingkat edukasi dasar hingga dengan perguruan tinggi, yang bertujuan untuk menjangkau keterampilan-keterampilan berbicara, mebaca, menyimak, dan menulis.
Dalam mencatat wacana pemaparan penulis memindahkan kesan-kesanya, pengamatan, dan perasaanya untuk pembaca. Sasaran yang ingin dijangkau penulis deskripsi ialah menciptakan daya impian | fantasi | angan-angan |fiksi | khayal atau khayalan pada pembaca, seakan-akan pembaca menyaksikan sendiri objek secara keseluruhan laksana yang dirasakan secara jasmani oleh penulisnya. Dalam pengamalan pembelajaran kemampuan menulis karangan pemaparan ini, murid masih membias dari arah dan tujuan, tersebut terlihat saat siswa mencatat idea tau usulan yang tidak logis dan tidak sistematis, sampai-sampai hasilnya tidak menyerahkan penjelasan sebuah pokok pikiran untuk pembaca.



Dalam urusan ini guru diinginkan dapat membantu kendala siswa dalam menulis, seperti mengetahui struktur kalimat, pengembangan gagasan kalimat, serta penulisan kalimat yang tidak gramatikal mengakibatkan pesan yang dikandungnya tidak jelas. Dengan demikian guru diharuskan mampu memilih pelajaran pelajaran, cara atau pendekatan yang dapat menolong peserta didk menjangkau keberhasilan.
Dalam pengamalan pengajaran tersebut dibutuhkan teknik yang sesuai untuk meningkatkan kemampuan menulis wacana deskripsi, yakni dengan model pembelajaran Think Pair Share (TPS).
Melalui riset ini. peneliti mengupayakan satu pembaharuan untuk merealisasikan model pembelajaran Think Pair Share (TPS) dalam mencatat wacana deskripsi. Penggunaan model pembelajaran kooperatif tipe think pair share ini sebagai pilihan pembelajaran mencatat wacana narasi sehingga diinginkan siswa bakal lebih tertarik guna menuangkan gagasan atau usulan dalam format tulisan dan diinginkan dapat meminimalisir kejenuhan murid dalam pembelajaran menulis.
Pembelajaran kooperatif tipe think pair share memungkinkan murid dapat belajar dengan bermakna. Pembelajaran kooperatif tipe TPS (think Pair Share)
diharapkan bisa mendorong siswa supaya menyadari dan memakai pemahamannya guna mengembangkan diri dan penyelesaian sekian banyak  persoalan yang dihadapi dalam kehidupan sehari-hari. Di samping itu, pembelajaran kooperatif tipe think pair share yang demikian diinginkan siswa dapat memahami makna belajar, guna belajar, kedudukan mereka, serta bagaimana mereka menjangkau semua itu. Mereka bakal menyadari bahwa apa yang mereka pelajari bakal berguna untuk hidupnya nanti.
Berdasarkan pertimbangan diatas, maka peneliti memungut judul “Penerapan model pembelajaran Think Pair Share (TPS) pada Materi Menulis Wacana Deskripsi pada murid Kelas VIII SMP Negeri I ...Kabupaten ...”.

1.2 Rumusan Masalah
Berdasarkan latar belakang tersebut, maka rumusan persoalan yang ingindianalisis adalah: bagaimanakah penerapan model pembelajaran Think Pair Share (TPS) pada materi mencatat wacana pemaparan pada murid Kelas VIII SMP Negeri I ..Kabupaten ..?

1.3 Tujuan Penelitian
Tujuan riset ini ialah untuk mendeskripsikan penerapan model pembelajaran Think Pair Share (TPS) pada materi mencatat wacanapemaparan pada murid Kelas VIII SMP Negeri I ..Kabupaten ....

1.4 Manfaat Penelitian
Manfaat yang dapat didapatkan sebagai hasil dari tujuan riset ini ialah sebagai berikut:
1.4.1 Secara Teoretis:
Penelitian ini diinginkan dapat memberi dan meningkatkan pengetahuan,khususnya ketrampilan berbahasa terutama ketrampilan mencatat wacana dalam pembelajaran di SMP Negeri 1 ...Kabupaten ...

1.4.2 Secara Praktis:
Hasil dari riset ini diinginkan dapat menyerahkan jawaban atas hambatan-hambatan guru dalam urusan pemberian ketrampilan mencatat wacana pemaparan kepada murid maupun kesulitan-kesulitan yang dirasakan oleh siswa tersebut sendiri.

1.5 Definisi Istilah
Definisi Istilah ini dibuat supaya tidak terjadi kekeliruan penafsiran terhadap istilah yang digunakan dalam riset ini, maka peneliti menyatakan istilah yang dipakai dalam riset ini. Adapun pengertian istilah tersebut ialah sebagai berikut:
1) Penerapan ialah suatu tindakan mempraktekkan sebuah teori, metode, dan hal beda untuk menjangkau tujuan tertentu dan untuk sebuah kepentingan yang diharapkan oleh suatu kumpulan atau kelompok yang sudah terencana dan tersusun sebelumnya.
2) Model pembelajaran ialah penerapan suatu formalitas sistematis dalam mengorganisasikan empiris belajar untuk menjangkau tujuan belajar yang lebih baik.
3) Think Pair Share ialah model pembelajaran yang beranggapan secara berpasangan dan berbagi yang dirancang untuk memprovokasi pola interaksimurid dalam pembelajaran.

4) Wacana deskripsi ialah wacana yang mencerminkan sesuatu dengan jelas dan terperinci yang bertujuan melukiskan atau memberikan cerminan terhadap sesuatu dengan sejelas-jelasnya sampai-sampai pembaca seakan-akan dapat melihat, mendengar, menyimak atau menikmati hal yang dideskripsikan.



LINK UNDUH:

Download

SEMOGA BERMANFAAT, SILAHKAN COMENT DAN SHARE KEPADA TEMAN-TEMAN.

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Penerapan model pembelajaran Think Pair Share (TPS) pada Materi Menulis Wacana Deskripsi pada siswa Kelas VIII SMP"

Post a Comment