Penerapan model pembelajaran Think Pair Share (TPS) pada Materi Menulis Wacana Deskripsi pada siswa Kelas VIII SMP
Penerapan model pembelajaran
Think Pair Share (TPS) pada Materi Menulis Wacana Deskripsi pada murid Kelas VIII SMP
BAB I PENDAHULUAN
1.1 Latar Belakang
Keterampilan mencatat adalah salah satu kemampuan berbahasa yang perlu dipunyai siswa yang sedang belajar
mulai tingkat edukasi dasar hingga dengan perguruan tinggi, yang
bertujuan untuk menjangkau keterampilan-keterampilan
berbicara, mebaca, menyimak, dan menulis.
Dalam mencatat wacana pemaparan
penulis memindahkan kesan-kesanya, pengamatan, dan perasaanya untuk pembaca. Sasaran yang ingin dijangkau penulis deskripsi ialah menciptakan daya impian | fantasi | angan-angan |fiksi |
khayal atau khayalan pada
pembaca, seakan-akan pembaca menyaksikan sendiri objek secara
keseluruhan laksana yang dirasakan secara jasmani oleh penulisnya. Dalam pengamalan pembelajaran kemampuan menulis karangan pemaparan ini, murid masih membias dari
arah dan tujuan, tersebut terlihat saat siswa mencatat idea tau usulan yang
tidak logis dan tidak sistematis,
sampai-sampai hasilnya tidak menyerahkan
penjelasan sebuah pokok
pikiran untuk pembaca.
Dalam urusan ini guru
diinginkan dapat membantu
kendala siswa dalam menulis, seperti mengetahui struktur kalimat, pengembangan gagasan kalimat, serta penulisan kalimat yang tidak gramatikal mengakibatkan pesan yang dikandungnya
tidak jelas. Dengan demikian guru
diharuskan mampu memilih
pelajaran pelajaran, cara atau
pendekatan yang dapat menolong peserta
didk menjangkau keberhasilan.
Dalam pengamalan pengajaran tersebut dibutuhkan teknik yang
sesuai untuk meningkatkan
kemampuan menulis wacana deskripsi, yakni dengan model pembelajaran Think Pair Share (TPS).
Melalui riset ini. peneliti
mengupayakan satu pembaharuan untuk merealisasikan model pembelajaran Think Pair Share (TPS) dalam mencatat wacana deskripsi. Penggunaan
model pembelajaran kooperatif tipe think pair share ini sebagai pilihan pembelajaran mencatat wacana narasi sehingga diinginkan siswa bakal lebih tertarik guna menuangkan gagasan atau usulan dalam format tulisan
dan diinginkan dapat meminimalisir kejenuhan murid dalam pembelajaran menulis.
Pembelajaran kooperatif tipe
think pair share memungkinkan murid dapat
belajar dengan bermakna. Pembelajaran kooperatif tipe TPS (think Pair Share)
diharapkan bisa mendorong siswa
supaya menyadari dan memakai pemahamannya guna mengembangkan diri dan
penyelesaian sekian banyak persoalan yang dihadapi dalam kehidupan
sehari-hari. Di samping itu,
pembelajaran kooperatif tipe think pair share yang demikian diinginkan siswa dapat memahami makna belajar, guna belajar, kedudukan mereka, serta bagaimana mereka menjangkau semua itu. Mereka bakal menyadari bahwa apa yang mereka pelajari bakal berguna untuk hidupnya nanti.
Berdasarkan pertimbangan diatas,
maka peneliti memungut judul
“Penerapan model pembelajaran Think Pair Share (TPS) pada Materi Menulis Wacana
Deskripsi pada murid Kelas VIII
SMP Negeri I ...Kabupaten ...”.
1.2 Rumusan Masalah
Berdasarkan latar belakang
tersebut, maka rumusan persoalan yang
ingindianalisis adalah:
bagaimanakah penerapan model pembelajaran Think Pair Share (TPS) pada materi mencatat wacana pemaparan pada murid Kelas VIII SMP Negeri I ..Kabupaten ..?
1.3 Tujuan Penelitian
Tujuan riset ini ialah untuk
mendeskripsikan penerapan model pembelajaran Think Pair Share (TPS) pada materi mencatat wacanapemaparan pada murid Kelas VIII SMP Negeri I ..Kabupaten ....
1.4 Manfaat Penelitian
Manfaat yang dapat didapatkan sebagai hasil dari tujuan riset ini ialah sebagai berikut:
1.4.1 Secara Teoretis:
Penelitian ini diinginkan dapat memberi dan meningkatkan pengetahuan,khususnya ketrampilan berbahasa terutama ketrampilan mencatat wacana dalam pembelajaran di
SMP Negeri 1 ...Kabupaten ...
1.4.2 Secara Praktis:
Hasil dari riset ini diinginkan dapat menyerahkan jawaban atas hambatan-hambatan
guru dalam urusan pemberian
ketrampilan mencatat wacana pemaparan kepada murid maupun kesulitan-kesulitan yang dirasakan oleh siswa tersebut sendiri.
1.5 Definisi Istilah
Definisi Istilah ini dibuat supaya tidak terjadi kekeliruan penafsiran terhadap
istilah yang digunakan dalam riset ini, maka peneliti menyatakan istilah yang dipakai dalam riset ini. Adapun
pengertian istilah tersebut
ialah sebagai berikut:
1) Penerapan ialah suatu tindakan mempraktekkan
sebuah teori, metode, dan hal
beda untuk menjangkau tujuan
tertentu dan untuk sebuah kepentingan
yang diharapkan oleh suatu kumpulan atau kelompok yang sudah terencana
dan tersusun sebelumnya.
2) Model pembelajaran ialah penerapan suatu formalitas sistematis dalam
mengorganisasikan empiris belajar
untuk menjangkau tujuan belajar
yang lebih baik.
3) Think Pair Share ialah model pembelajaran yang beranggapan secara berpasangan dan
berbagi yang dirancang untuk
memprovokasi pola interaksimurid
dalam pembelajaran.
4) Wacana deskripsi ialah wacana yang mencerminkan sesuatu dengan jelas dan
terperinci yang bertujuan melukiskan atau memberikan cerminan terhadap sesuatu dengan sejelas-jelasnya sampai-sampai pembaca seakan-akan dapat melihat, mendengar, menyimak atau menikmati hal yang dideskripsikan.
Download
SEMOGA BERMANFAAT, SILAHKAN COMENT DAN SHARE KEPADA TEMAN-TEMAN.
0 Response to "Penerapan model pembelajaran Think Pair Share (TPS) pada Materi Menulis Wacana Deskripsi pada siswa Kelas VIII SMP"
Post a Comment