Pengaruh faktor sosial ekonomi terhadap pendapatan petani sayur

Pengaruh faktor sosial ekonomi terhadap pendapatan petani sayur

Bab I
Pendahuluan
1.1 Latar Belakang

Mayoritas warga negara-negara sedang berkembang ialah petani. Oleh sebab itu, pembangunan pertanian mestilah adalah tujuan utama dari masing-masing pemerintahan negara sedang berkembang (Soetrisno,1998:83).

Indonesia adalah salah satu negara berkembang dengan sector pertanian sebagai sumber mata pencaharian dari beberapa besar penduduknya. Dengan demikian, mayoritas penduduknya menggantungnya hidupnya pada sektor pertanian. Kenyataan yang terjadi yaitu sebagian besar pemakaian lahan di distrik Indonesia diperuntukkan sebagai lahan pertanian dan nyaris 50% dari total angkatan kerja masih menggantugkan nasibnya bekerja di sektor pertanian (Husodo, dkk, 2004:23-24).

Peranan urgen dari sektor pertanian di dalam perekonomian Indonesia khususnya dalam format penyediaan kesempatan kerja dan konstribusinya terhadap pembentukan PDB dan ekspor (Tambunan, 2003:23). Disektor pertanian, masih tidak sedikit komoditi berpotensi yang belum ditangani secara serius. Salah satunya yang kini tidak sedikit dilirik semua eksportir merupakan sayuran komersial sebab mempunyai peluang pasar,terutama di luar negeri, yang tak kalah dengan komoditi lainnya (Timpengarang PS, 1993:44-45).


Komoditas sayur-sayuran utama yang didapatkan di des Glp. ..merupakan kubis, kentang, tomat, sawi, wortel, cabai, buncis dan bawang merah. Budidaya sayuran butuh pengelolaan dan perhatian lebih dari tumbuhan lain. Agar hasil bertanam sayur maksimal, perlu diacuhkan dasar usaha bertanam, di antaranya pengolahan tanah, pemupukan, pengelolaan air, penyemaian benih, pemupukan, pemeliharaan tanaman, pengambilan hasil, pananganan hasil. Juga dibutuhkan pemahaman analisis usaha andai tujuan bertanam untuk dipasarkan (Sunarjono,2004:2).

Sering terjadi, di balik naiknya buatan ternyata penghasilan petanijusteru turun dan menurut pemantauan universal, penyebab permasalahan ini ialah langkanya informasi yang sehubungan dengan usahataninya dimasyarakatkan dalam kehidupan petani sehari-hari. Apalagi untuk petani yang hidupnya jauh terasing dan tidak tercapai oleh jaringan komunikasi (Sastraatmdja,1991:202).

Peranan petani sebagai produsen dalam bernegosiasi tidak menunjukkan posisi yang berarti. Seluruh peraturan yang disepakati terutama mengenai harga jual petani berada nyaris selurunya menurut tawaran semua saudagar perantara.

Hal ini paling dimungkinkan sebab pedagang perantara pada umumnya sudah mendapat informasi harga pasar dari semua pedagang besar/eksportir sedangkan semua petani tidak. Ketidakmampuan semua petani dalam mengakses informasi harga serta situasi supply dalam masing-masing periode adalah salah satu masalah urgen yang mesti diatasi untuk menambah posisi tawar-menawar yang seimbang.

Kendala usaha tani sayur-mayur di sejumlah di sejumlah desa, ialah rendahnya nilai penghasilan petani, keterbatasan pengetahuan petani, keterbatasan lahan yang dipunyai petani dan posisi penawaran pada pihak petani yang tidak cukup kuat. Hal tersebut mengakibatkan rendahnya nilaideviden yang didapatkan petani (Ashari, 1995:11).

Salah satu upaya untuk menambah kesejahteraan dan kemakmuran masyarakatialah dengan teknik menanam investasi pada pekerjaan yang mempunyai sifat produktif. Investasi yang sehat yang didukung oleh prinsip-prisip ekonomi yang universal bakal mendorong pekerjaan segala bidang selanjutnya. Hal ini akan membuat tingkat penghasilan masyarakat (Gray 1986:19).

Berdasarkan keterangan dari hasil riset sondang, secara serentak hal sosial ekonomi petani (umur, tingkat edukasi pengalaman bertani, luas lahan, jumlah tanggungan keluarga, jumlah tenaga kerja dan modal) memberi pengaruh yang nyata terhadap produktivitas usaha tani di desa  .. (Darmawanty, 2005:52).

Dalam menjalankan usaha taninya, petani di pengaruhi oleh beberpa hal sosial dan hal ekonomi, hal sosial adalahfaktor-faktor yang sehubungan dengan bidang sosial. Petani dalam urusan ini tingkat pendidikan,empiris bertani dan tingkat kosmopolitan. Sedangkan hal ekonominya berupa jumlah tanggungan family dan luas lahan. Demikianlah hal sosial dan hal ekonomi bakal mempengaruhi teknik berfikir petani dalam mamenage usha taninya, mulai dari pemakaian input produksi sampai memperoleh pendapatan.

Di Desa Glp. .. di kerjakan penelitian tentang penghasilan petani sayur bahwa sebelum menempatkan sayur, petani mendapat  penghasilan ekonomi sebesar Rp 500.000 per bulan, sementara setelah menempatkan sayur, petani mendapat  pendapatan Rp 950.000 masing-masing bulan inimengindikasikan bahwa dengan adanya pemanfaatan lahan pertanian dengantumbuhan sayur mayor oleh petani dapat membantu kelurga dalam memenuhikeperluan hidupnya sehari-hari.

Pada peluang ini pengarang ingin konsentrasi melakukan riset pada Desa Glp. .. guna mengkaji lebih dalam “Pengaruh hal sosial ekonomi terhadap penghasilan petani sayur di Desa  .. Kecamatan .. Kabupaten ..” sebab produksi sayur mempunyai potensial yangpaling besar sebagai penunjang peningkatan pendapatan dalam pemenuhankeperluan sehari-hari untuk pemilikya.

Pendapatan petani bisa di tingkatkan dengan adanya kompetisi suatu usaha, semakin berkembang usaha masyarakat dibidang informal maka semakindapat meningkatkan penghasilan petani, khususnya petani ekonomi lemah.

1.2 Rumusan masalah
Berdasarkan uraian pada latar belakang maka bisa di rumuskan persoalan yaitu: apakah Pengaruh hal sosial ekonomi terhadap penghasilan petani sayur di Desa  .. Kecamatan .. Kabupaten ..?

1.3 Tujuan Penelitian

Berdasarkan permasalahan riset yang sudah di rumuskan maka riset ini bertujuan guna mengumpulkan, menganalisis, membicarakan tentang: Pengaruh hal sosial ekonomi terhadap penghasilan petani sayur di Desa  .. Kecamatan .. Kabupaten ...

1.4 Manfaat Penelitian
1. Sebagai bahan masukan dan informasi untuk pihak yang memerlukan danbisa di pakai dalam pengembangan ilmu.
2. Sebagai bahan referensi dan studi untuk pihak-pihak yang membutuhkan.
3. Bagi mengaplikasikan ilmu yang diperoleh selama perkulihan di Fakultas Ekonomi jurusan Ekonomi Pembangunan, Universitas .. Kabupaten ...



LINK UNDUH:

Download

SILAHKAN COMENT DAN SHARE KEPADA TEMAN-TEMAN, SEMOGA BERMANFAAT

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Pengaruh faktor sosial ekonomi terhadap pendapatan petani sayur"

Post a Comment