Efektivitas Kearsipan Dalam Meningkatkan Pelayanan Administrasi Di Kantor Camat Nisam Kabupaten Aceh Utara
Efektivitas Kearsipan Dalam Meningkatkan Pelayanan
Administrasi Di Kantor Camat Nisam Kabupaten Aceh Utara
BAB I
PENDAHULUAN
1.1 Latar Belakang
Kearsipan adalah bagian kegiatan kantor yang paling penting.
Informasi tertulis yang tepat mesti tersedia bilamana diperlukan supaya kantor
dapat menyerahkan pelayanan yang efektif, Kearsipan sangat diperlukan dalam
pengamalan administrasi karena dokumentasi di samping adalah pusat ingatan untuk
setiap pekerjaan dalam sebuah kantor juga dapat meningkatkan pelayanan. Tanpa
dokumentasi tidak barangkali seorang petugas dokumentasi dapat menilik semua
daftar dan dokumen secara lengkap. Oleh karena tersebut suatu kantor dalam
mengelola kearsipannya mesti menyimak sistem kearsipan yang cocok dengan
suasana organisasinya dalam menjangkau tujuannya.
Efektivitas pengelolaan kearsipan pada sebuah kantor kemungkinan diprovokasi
pula oleh pegawai yang bekerja pada unit kearsipan, sarana atau kemudahan yang
dipergunakan dalam menolong pengelolaan arsip dan duit yang tersedia guna pemeliharaan
dokumentasi tersebut. Fungsi dokumentasi sebagai ingatan, pusat informasi dan
sumber sejarah butuh dikelola dengan baik supaya dapat mamperlancar seluruh
pekerjaan dan proses kegiatan kantor yang sukses guna dan berdaya guna. Dalam
urusan ini unit kearsipan mesti senantiasa siap untuk menyerahkan pelayanan
informasi yang akurat dalam memecahkan masalah administrasi pada lazimnya dan
dalam manejemen kearsipan pada khususnya.
Pegawai yang bekerja pada unit kearsipan tidak saja ditunjang oleh
hal kemauan terhadap pekerjaannya, melainkan pun harus dibekali kemampuan khusus tentang bidang kearsipan. Pegawai yang terlatih baik dan
memiliki ilmu pengetahauan sangat diperlukan dalam sebuah unit pengelolaan
kearsipan. Disamping tersebut tanggung jawab terhadap kegiatan yang diserahkan harus
dijalankan dengan sebaik-baiknya. Namun pada kenyatannya, beberapa pegawai
masih tak mau untuk menerima tugas-tugas kearsipan sebab mereka memandang bahwa
unit kearsipan pada masing-masing kantor ialah tempat yang membosankan. Adanya
pendangan yang laksana ini mengindikasikan bahwa pegawai tidak cukup menyadari
bakal pentingnya pengelolaan dokumentasi dalam sebuah kantor dalam menunjang
efektifitas sebuah pekerjaan. Pemikiran-pemikiran laksana inilah yang mesti
dihindari dan usahakan ditanamkan rasa cinta terhadap dokumentasi sehingga
insan sebagai hal penentu dalam pengelolaan kearsipan yang berdaya untuk dan
sukses guna dapat terjangkau dengan baik. Dan pun harus dinyatakan bahwa sampai
ketika ini masih terdapat organisasi atau kantor yang belum manunjukkan
pengembangan di bidang kearsipan sampai-sampai proses pekerjaan administrasinya
tidak cukup begitu lancar.
Admnistrasi kearsipan memegang peranan urgen dalam sebuah organisasi,
manajemen dan administrasi, dokumentasi adalah suatu memori dalam setip
kegiatan, tanpa dokumentasi tidak barangkali seseorang menilik segala dokumen daftar
yang begitu kompleks. Oleh karena itu, pengelolaan kearsipan tidak jarang kali dikaitkan
dengan surat, warkat, record, dan dokumen lainya. Demi kelancaran administrasi
baik di perusahaan, swasta yang besar atau yang kecil dibutuhkan administrasi
dokumentasi yang lengkap dan teratur. Kearsipan yang teratur ialah sebagai
perangkat informasi dan referensi yang dapat menolong lembaga pemerintah dan
swasta dalam melancarkan kegiatan.
Setiap instansi pemerintah ataupun swasta memiliki sistem kearsipan
tersendiri baik tersebut azas sentralisasi, azas desentralisasi, maupun azas
campuran. Akan tetapi tidak sedikit kantor-kantor yang memakai sistem kearsipan
desentralisasi yang dengan kata lain setiap unsur dalam instansi pemerintah
ataupun swasta memiliki dokumentasi sendiri. Misalnya unsur kepegawaian,
penyimpanan arsipnya khusus guna bagian kepegawaian. Begitu pun di
bagian-bagian lain, urusan ini dikarenakan bilamana pimpinan memerlukan suatu
arsip, contohnya yang bersangkutan dengan kepegawaian maka akan gampang dan
cepat guna menemukannya atau lebih efektif dan efisien. Tetapi ada pun instansi
pemerintah atau swasta yang memakai sistem kearsipan sentralisasi, dengan kata
lain perusahaan, instansi, atau kantor memfokuskan seluruh arsipnya pada satu
unsur dan pengelolaannya di pegang oleh orang yang berpengalaman di bidangnya
yang biasa dinamakan arsiparis.
Arsip ialah dokumen yang sangat urgen sebagai bukti
penyelenggaraan pekerjaan organisasi. Dengan demikian dokumen itu dapat dipakai sebagai perangkat
pembuktian atau sebagai bahan untuk menyokong suatu keterangan. Arsip merupakan
kenangan kolektif instansi, sebab melalui dokumentasi dapat tergambar perjalanan
sejarah atau eksistensi organisasi dari masa ke masa. Bertambahnya
terus-menerus arsip-arsip tanpa dibuntuti dengan tata kerja dan perlengkapan kearsipan
serta tenaga berpengalaman dalam bidang kearsipan, memunculkan masalah
tersendiri yakni akan memerlukan ruang, lemari dan rak sebagai unsur dari dokumentasi
yang baik. Begitu pula tentang petugas arsip, tidakterdapat yang ditugaskan
secara eksklusif dan pada lazimnya dirangkap oleh pegawai lain, sampai-sampai akibatnya
tidak sedikit pekerjaan yang terlantar terutama tugas pokok.
Hasil pemantauan di Sub Bagian Kepegawaian dan Umum Lingkungan
Kantor Camat Nisam Kabupaten Aceh Utara, Sub unsur kepegawaian dan umum ialah sub
unsur yang menangani masalah kearsipan lembaga, yaitu lokasi dimana
dilaksanakannya kegiatan surat menyurat dan ketatausahaan sampai suatu program
administrasi berlangsung efektif.
Dalam ilmu administrasi negara, efektivitas adalah suatu pekerjaan disebutkan
efektif andai suatu kegiatan dapat menghasilkan satu unit keluaran (output).
Suatu pekerjaan disebutkan efektif andai suatu kegiatan dapat ditamatkan tepat
pada waktunya cocok dengan rencana yangsudah ditetapkan. Efektivitas menurut
keterangan dari Siswanto (2000 : 62) berarti menjalankan kegiatan yang benar.
Saat ini pengelolaan pengarsipan di Sub Bagian Kepegawaian dan
Umum Lingkungan Kantor Camat Nisam Kabupaten Aceh Utara belum efektif. Bagian
ini mengelola 79 jenis dokumentasi yang terdiri dari 46 dokumentasi Kepegawaian
dan 33 dokumentasi umum. Pengelolaan dokumentasi di Sub Bagian Kepegawaian dan
Umum Lingkungan Kantor Camat Nisam Kabupaten Aceh Utara ketika ini masih belum
mengarah, urusan ini tampak dari tercampurnya antara dokumentasi bagian umum
dengan kepegawaian, sampai ketika dibutuhkan oleh pegawai, pegawai merasa
kesulitan. Hal ini dominan pada lambannya
kinerja pemerintahan Kecamatan ....Kabupaten Aceh ...yang setiap ketika tahun
memerlukan data terbaru untuk pembangunan gampong.
Aktifitas tersebut dilaksanakan oleh unsur umum dan kepegawaian
guna mengubah data-data dan informasi yang berguna untuk pemimpin dalam
menunjang pemungutan keputusan.Berdasarkan uraian tersebut, maka peneliti bakal mencoba
membicarakan salah satu bidang pekerjaan administrasi umum, yakni “kearsipan”
khususnya dalam menambah pelayanan administrasi di Kantor Camat ...Kabupaten
Aceh ....
Berdasarkan latar belakang di atas, pengarang tertarik guna
mengusung judul penelitian tentang “Efektivitas Kearsipan dalam Meningkatkan
Pelayanan Administrasi di Kantor Camat ..Kabupaten Aceh ...”.
1.2 Rumusan Masalah
Berdasarkan latar belakang masalah, maka yang menjadi rumusan
masalah dalam riset ini ialah sebagai inilah :
1. Mengapa pengamalan kearsipan di Sub Bagian Kepegawaian dan Umum
Lingkungan Kantor Camat ...Kabupaten Aceh ...tidak efektif?
2. Upaya apa yang dilaksanakan Sub Bagian Kepegawaian dan Umum
Lingkungan Kantor Camat ...Kabupaten Aceh ...dalam menambah pelaksanaan
kearsipan?
1.3 Fokus Penelitian
Adapun yang menjadi konsentrasi dalam riset ini merupakan:
1. Pelaksanaan kearsipan di Sub Bagian Kepegawaian dan Umum
Lingkungan Kantor Camat ...Kabupaten Aceh ....
2. Efektivitas kearsipan di Sub Bagian Kepegawaian dan Umum
Lingkungan Kantor Camat ...Kabupaten Aceh ....
1.4 Tujuan Penelitian
Berdasarkan rumusan masalah di atas, maka destinasi yang
diharapkan dalam riset ini ialah :
1. Untuk memahami dan meneliti penyebab tidak efektifnya
pengamalan kearsipan di Sub Bagian Kepegawaian dan Umum Lingkungan Kantor Camat
...Kabupaten Aceh ....
2. Untuk memahami upaya yang dilaksanakan Sub Bagian Kepegawaian
dan Umum Lingkungan Kantor Camat ..Kabupaten Aceh ..dalam menambah pelaksanaan
kearsipan.
1.5 Manfaat Penelitian
1. Secara praktis, hasil riset ini diinginkan dapat dipakai sebagai
bahan masukan untuk Pemerintah Kecamatan ...Kabupaten Aceh ...Kabupaten
Aceh ....dalam melakukan penilaian terhadap kinerja kearsipan.
2. Secara teoritis, hasil riset ini diinginkan dapat berfungsi dalam meningkatkan
pengetahuan terutama yang sehubungan dengan riset di bidang pelayanan publik.
BAB I-III
Download
BAB IV-V
Download
DAFTAR PUSTAKA
Download
SEMOGA BERMANFAAT, SILAHKAN COMENT DAN SHARE, TERIMA KASIH
0 Response to "Efektivitas Kearsipan Dalam Meningkatkan Pelayanan Administrasi Di Kantor Camat Nisam Kabupaten Aceh Utara"
Post a Comment