Penerapan Model Pembelajaran Think Pair Share (TPS) Pada Materi Menulis Wacana Deskripsi Pada Siswa Kelas VIII SMP Negeri 1

Penerapan pendidikan model pembelajaran pasangan berbagi (TPS) untuk konten menulis Deskripsi wacana di kelas delapan SMP Nigiri 1

Bab I. Pendahuluan

1.1 latar belakang

Keterampilan menulis adalah keterampilan mereka yang harus dimiliki oleh siswa yang belajar pendidikan dasar tingkat mulai dari sampai dengan perguruan tinggi, bertujuan untuk mencapai keterampilan pidato, mebaca, mendengarkan dan menulis.

Dalam menulis penulis Deskripsi Memindahkan efek pidato Kesanya, catatan dan Perasaanya kepada pembaca. Tujuan harus dicapai adalah untuk menggambarkan penulis imajiner kekuasaan atau imajinasi dari pembaca, seolah-olah pembaca untuk melihat sendiri tujuan umum yang ia secara fisik terkena. Dalam pelaksanaan belajar keterampilan menulis karangan uraian ini, mahasiswa masih menyimpang dari arah dan tujuan, terlihat ketika ide menulis siswa tahu ide yang tidak logis dan tidak sistematis, sehingga hasilnya tidak disajikan sebagai penjelasan dasar pembaca 's pikiran.

Dalam kasus ini guru mengharapkan untuk membantu siswa dalam menulis, kesulitan seperti memahami sintaks, mengembangkan ide kalimat, serta tata bahasa kalimat yang tidak menyebabkan pesan yang dikandungnya itu tidak jelas. Selanjutnya guru diperlukan untuk dapat memilih tema, metode atau pendekatan yang dapat membantu DIDK peserta mencapai sukses. Dalam pelaksanaan teknik mengajar diperlukan yang cocok untuk meningkatkan kemampuan menulis dalam wacana, deskripsi apapun belajar dengan model pemikiran pasangan berbagi (TPS).

Pendidikan Bahasa Indonesia

Melalui penelitian ini. Para peneliti mencoba untuk memperbarui aplikasi model pembelajaran memikirkan pasangan berbagi (TPS) dalam menulis Deskripsi pidato. Penggunaan model pembelajaran kolaboratif jenis suami percaya berbagi pembelajaran ini sebagai sebuah alternatif untuk menulis narasi wacana sehingga siswa akan lebih tertarik untuk pengecoran ide atau gagasan berupa tulisan-tulisan dan adalah diharapkan mengurangi kejenuhan siswa dalam belajar menulis.

Pembelajaran kooperatif tipe think pair share memungkinkan siswa dapat belajar dengan bermakna. Pembelajaran kooperatif tipe TPS (think Pair Share) 
diharapkan dapat mendorong siswa agar menyadari dan menggunakan pemahamannya untuk mengembangkan diri dan penyelesaian berbagai persoalan yang dihadapi dalam kehidupan sehari-hari. Selain itu, pembelajaran kooperatif tipe think pair share yang demikian diharapkan siswa dapat mengerti makna belajar, manfaat belajar, status mereka, serta bagaimana mereka mencapai semua itu. Mereka akan menyadari bahwa apa yang mereka pelajari akan berguna bagi hidupnya nanti.
Berdasarkan pertimbangan diatas, maka peneliti mengambil judul “ Penerapan model pembelajaran Think Pair Share (TPS) pada Materi Menulis Wacana Deskripsi pada siswa Kelas VIII SMP Negeri I Peulimbang Kabupaten Bireuen”.

Dalam novel The Heart istri baru memoar ditulis oleh Asma Nadia, ia mengandung berbagai kisah-kisah yang menyentuh dan menengental tentang perjuangan wanita, istri dan ibu dalam menghadapi badai dalam keluarganya. Mungkin untuk orang-orang yang belum menikah untuk membaca buku ini, jadi saya pikir panjang dan takut untuk menikah, ini salah satu berbicara tentang teman-teman terbaik saya ketika saya merekomendasikan dia untuk membaca buku ini. Tapi cerita dalam buku ini, kita dapat melihat jendela, serta belajar menjalankan sebuah perkawinan tidak selalu mudah. Banyak badai, yang akan menghentikan percobaan. 

Mungkin juga ada yang akan menemukan sebuah cerita yang mirip dengan apa yang dialami saat ini.

Ada cerita-sebuah cerita yang membuatnya mengejutkan, marah, menangis, marah, ingin menjadi memprotes! Bagaimana setelah semua itu, istri. Ketika suami tidak memberikan kontribusi apa pun, bukan hanya suatu zat tetapi dia tidak bahkan memberikan kontribusi untuk pendidikan anak-anak bahkan dalam kenyataan yang mengarah ke gangguan suasana untuk anak-anak.

Dari cerita istri yang ada di buku ini, jadi kita tahu bagaimana kerikil dan kesulitan selalu harus genggam dalam pertempuran, serta bagaimana jalan berliku terhadap kesetiaan. Saya percaya bahwa cerita ini juga dapat menambahkan rasa syukur di dalam hati seorang istri yang mungkin memiliki keluhan ini terhadap suaminya, tapi kondisinya masih jauh lebih baik di banding normal istri di buku.

Berdasarkan uraian di atas, penulis telah mengambil beberapa pengamatan baru bahwa istri jantung adalah salah satu novel yang menggambarkan perjuangan wanita sebagai istri dalam menghadapi kehidupan rumah tangga. Dengan demikian penulis mengambil gelar Studi  "Analisis karakter karakter utama dalam novel jantung baru catatan asma bekerja istri Nadia ".

1.2 Rumusan Masalah
Berdasarkan latar belakang tersebut, maka rumusan permasalahan yang ingin diteliti adalah: bagaimanakah karakter tokoh utama dalam dalam Novel New Catatan Hati Seorang Istri Karya Asma Nadia?

1.3 Tujuan Penelitian
Tujuan penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan karakter tokoh utama dalam dalam Novel New Catatan Hati Seorang Istri Karya Asma Nadia.
1.4 Manfaat Penelitian
            Manfaat yang dapat diperoleh sebagai hasil dari tujuan penelitian ini adalah sebagai berikut:
1.4.1 Secara Teoretis:
Penelitian ini diharapkan dapat memberi referensi dan informasi dalam menganalisis karakter tokoh dan mengungkap representasi kejadian-kejadian. Penelitian ini juga sebagai bahan pertimbangan bagi rekan-rekan lainnya yang akan melakukan penelitian semiotika dengan topik serupa di masa mendatang.
1.4.2 Secara Praktis:
Hasil dari penelitian ini diharapkan dapat memberikan informasi mendidik dan pandangan kritis kepada masyarakat tentang kisah-kisah dan kejadian yang tepat untuk anak dan keluarga. Sedangkan bagi peneliti lain, hasil penelitian ini dapat menjadi referensi. Selain itu, peneliti lain dapat mengkaji lebih jauh tentang kejadian-kejadian yang terjadi di dalam Novel New Catatan Hati Seorang Istri Karya Asma Nadia dengan metode penelitian lain seperti Analisis Isi.

1.6 Definisi Istilah
Definisi Istilah ini dibuat agar tidak terjadi kesalahan penafsiran terhadap istilah yang dipakai dalam penelitian ini, maka peneliti menjelaskan istilah yang digunakan dalam penelitian ini. Adapun definisi istilah tersebut adalah sebagai berikut:
1)        Analisis adalah kajian yang dilaksanakan terhadap sebuah bahasa guna meneliti struktur bahasa tersebut secara mendalam.
2)        Karakter adalah Sifat dan tingkah laku yang diperlihatkan dalam bentuk sinetron.
3)        Tokoh utama adalah pemain yang dianggap paling berpengaruh terhadap jalannya sinetron dengan lancar dan lebih banyak menampilkan karakternya.
4)        Novel adalah merupakan salah satu karya sastra yang didalamnya terdapat unsur-unsur pembangun seperti, plot, tema, penokohan, dan latar belakang.

Link Unduh Full:

Download

Semoga Bermanfaat....

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Penerapan Model Pembelajaran Think Pair Share (TPS) Pada Materi Menulis Wacana Deskripsi Pada Siswa Kelas VIII SMP Negeri 1"

Post a Comment