Pengaruh Tingkat Pelayanan Program Jaminan Kesehatan Aceh (JKA) Terhadap Tingkat Kepuasan Pasien Pada Rumah Sakit Umum Daerah Dr. Fauziah Kabupaten Bireuen

Pengaruh Tingkat Pelayanan Program Jaminan Kesehatan Aceh (JKA) Terhadap Tingkat Kepuasan Pasien Pada Rumah Sakit Umum Daerah Dr. Fauziah Kabupaten Bireuen

BAB I
PENDAHULUAN

1.1       Latar Belakang Masalah.
Sistem Kesehatan Nasional menyatakan bahwa tujuan pembangunan kesehatan ialah tercapainya untuk hidup sehat bagi setiap penduduk agar dapat mewujudkan derajat kesehatan masyarakat yang optimal sebagai salah satu unsur kesejahteraan umum dari tujuan nasional. Program pelayanan peningkatan sarana dan prasarana pada Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) dr. Fauziah Kabupaten Bireuen merupakan salah satu wahana untuk meningkatkan kemampuan hidup sehat dan derajat kesehatan yang optimal bagi masyarakat di Kabupaten Bireuen.

Dalam rangka menjalankan berbagai program pemerintah, RSUD Dr. Fauziah Kabupaten Bireuen mempunyai  peran yang sangat penting, hal ini terjadi karena Kabupaten Bireuen terletak sangat strategis diantara beberapa Kabupaten seperti Kabupaten Bener Meriah, Aceh Utara dan Kabupaten Pidie Jaya. Pelayanan kepada pasien umumnya dilakukan dengan rawat inap atau rawat jalan. Sesuai dengan kondisi pasien.
Skripsi Fisipol

Rumah Sakit Umum Daerah Dr. Fauziah Kabupaten Bireuen melaksanakan fungsinya dan menerima rujukan dari puskesmas, rumah sakit swasta, dokter praktek umum serta pembinaan rujukan kepuskesmas lain. Sesuai dengan kondisi dan kemampuan daerah Kabupaten Bireuen tentang pengalokasian dana untuk pengembangan Rumah Sakit Umum Daerah Dr. Fauziah Kabupaten Bireuen, sejak tahun 2008, Rumah Sakit Dr. Fauziah Bireuen berubah namanya menjadi Rumah Sakit Umum Daerah Dr. Fauziah Kabupaten Bireuen sesuai dengan Qanun Kabupaten Bireuen Nomor 4 Tahun 2008.

Rumah Sakit Umum Daerah Dr. Fauziah Kabupaten Bireuen melayani berbagai program pelayanan masyarakat, seperti Asuransi Kesehatan (Askes) bagi PNS, TNI dan Polri, Jaminan Kesehatan Masyarakat (Jamkesmas)  bagi masyarakat kurang mampu dan program terbaru Pemerintah Aceh adalah program Jaminan Kesehatan Aceh atau JKA yang melayani seluruh masyarakat Aceh yang belum mendapatkan jaminan kesehatan dari pemerintah.

Untuk melaksanakan program JKA ini, telah dilakukan berbagai kajian dan analisis dari berbagai segi dengan menggunakan pakar kesehatan dan sosiolog dari luar Aceh dan lokal. Pemberlakuan program Jaminan Kesehatan Aceh (JKA) pada 2010 bagi seluruh masyarakat di provinsi Aceh baik kaya maupun miskin dengan sistem asuransi, diharapkan kualitas kesehatan warga setempat menjadi lebih meningkat.

Harapan masyarakat Aceh terhadap program JKA sebagai program unggulan dan sangat memihak rakyat Aceh ini diharapkan dijalankan berdasarkan  asas-asas umum pemerintah yang baik (good governance) sebagaimana termaktub dalam Undang-Undang No 25 tahun 2009 tentang Pelayanan Publik dan Qanun Aceh No 8 Tahun 2008 tentang Pelayanan Publik. Persyaratan untuk mendapatkan fasilitas JKA pada puskesmas dan rumah sakit di Aceh, sebagaimana pada umumnya model pelayanan menyeluruh Pemerintah Aceh meluncurkan Program Jaminan Kesehatan Aceh (JKA) pada bulan Juni 2010. Program dengan dukungan anggaran APBA tahun 2010 senilai Rp 241 miliar ini, masyarakat Aceh akan menikmati fasilitas pelayanan kesehatan secara gratis tanpa dipungut biaya apapun pertama di Indonesia. Dengan diluncurkan program ini masyarakat yang akan menikmati fasilitas pelayanan kesehatan gratis ini hanya diperlukan Kartu Tanda Penduduk (KTP) dan Kartu Keluarga (KK). Jangkauan (Coverage) JKA bersifat lintas sosial-ekonomi karena tidak membeda-bedakan profesi penduduk Aceh seperti PNS, TNI, Polri atau pekerja swasta, asal belum tertanggung oleh penyedia asuransi lainnya (Serambi Indonesia, 2010).

Rumah Sakit Umum Daerah Dr. Fauziah Kabupaten Bireuen merupakan salah satu Rumah Sakit milik Pemerintah Daerah yang ikut melaksanakan program Jaminan Kesehatan Aceh (JKA). Untuk itu maka pihak manajemen RSUD Dr. Fauziah Kabupaten Bireuen mempersiapkan berbagai sarana dan prasarana agar kebutuhan masyarakat terhadap pelayanan kesehatan dapat terlayani.

RSUD Dr. Fauziah Kabupaten Bireuen sebagai Pengelola JKA dapat memberi sentuhan inovasi, seperti dengan memberi pilihan produk pada penduduk Aceh yang tertanggung agar keberadaannya signifikan melayani kesehatan penduduk Aceh. Pada produk asuransi kesehatan biasanya menawarkan pilihan: rawat inap (in-patient treatment) dan rawat jalan (out-patient treatment). Pada rawat inap, manfaat yang didapatkannya berupa biaya selama perawatan di rumah sakit, biaya laboratorium, dan biaya darurat. Sedang pada rawat jalan ditanggung biaya konsultasi dokter, biaya pembelian obat yang diresepkan, biaya atas tindakan pencegahan, biaya alat-alat bantu yang diminta oleh dokter dan seterusnya.

Berdasarkan hasil pengamatan awal penulis pada BLU RSUD Dr. Fauziah Kabupaten Bireuen. Dalam memberikan pelayanan terhadap pasien  melalui program Jaminan Kesehatan Aceh (JKA), BLU RSUD Dr. Fauziah Kabupaten Bireuen belum maksimal, terutama dalam menyiapkan fasilitas yang dibutuhkan pasien, terutama bagi pasien yang membutuhkan pelayanan rawat inap. Kondisi saat ini menunjukkan masih ada pasien-pasien yang menginap diemperan dan di lorong-lorong Rumah Sakit. Karena semenjak berlakunya program Jaminan Kesehatan Aceh (JKA), jumlah pasien yang berobat meningkat pesat sehingga ruangan menjadi sempit dan penuh. Dengan kondisi demikian, tingkat kepuasan pasien terhadap pelayanan  RSUD Dr. Fauziah Kabupaten Bireuen belum memuaskan.

Atas dasar itulah Penulis berkeyakinan untuk melakukan penelitian pada instansi tersebut di atas dengan judul : “Pengaruh Tingkat Pelayanan Program Jaminan Kesehatan Aceh (JKA) Terhadap Tingkat Kepuasan Pasien Pada Rumah Sakit Umum Daerah Dr. Fauziah Kabupaten Bireuen”.

1.2. Perumusan Masalah.
Dari uraian di atas penulis dapat merumuskan masalah dalam penelitian ini yaitu : “Bagaimana pengaruh tingkat pelayanan program Jaminan Kesehatan Aceh (JKA) terhadap tingkat kepuasan pasien pada Rumah Sakit Umum Daerah Dr. Fauziah Kabupaten Bireuen?”.

1.3. Tujuan penelitian
Tujuan dari penelitian ini adalah : “Untuk mengetahui pengaruh tingkat pelayanan Program Jaminan Kesehatan Aceh (JKA) terhadap tingkat kepuasan pasien pada Rumah Sakit Umum Daerah Dr. Fauziah Kabupaten Bireuen”.

1.4. Manfaat Penelitian
Manfaat dari penelitian ini adalah :
a.         Merupakan bahan masukan dalam hal kebijakan pengembangan program Jaminan Kesehatan dan program lainnya yang dilaksanakan Pemerintah.
b.         Sebagai masukan kepada manajemen Rumah Sakit Umum Daerah Dr. Fauziah Kabupaten Bireuen dalam rangka meningkatkan mutu pelayanan dan kepuasan pasien
c.          Sebagai bahan petimbangan bagi penelitian selanjutnya serta untuk mahasiswa yang berminat mengambil obyek penelitian ini.

Link Unduh:

Bab I
Download
Bab II
Download
Bab III
Download
Bab IV
Download
Daftar Pustaka
Download

Semoga Bermanfaat... Jangan Comentnya dan share guys,

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Pengaruh Tingkat Pelayanan Program Jaminan Kesehatan Aceh (JKA) Terhadap Tingkat Kepuasan Pasien Pada Rumah Sakit Umum Daerah Dr. Fauziah Kabupaten Bireuen"

Post a Comment