Makalah Strategi Pemasaran Dan Operasi Jasa Implementasi Perhotelan
Pemasaran strategi dan implementasi layanan operasi perhotelan
Bab I
Pengenalan
A. latar belakang masalah
Keberhasilan dalam kompetisi pada lingkungan bisnis yang selalu
Brgejolak pada layanan saat ini, membutuhkan berorientasi pasar strategi
pemasaran (pasar didorong strategi) yang dapat diharapkan seluruh keinginan dan
kebutuhan konsumen. Pemasaran adalah sebuah organisasi yang mengerti kebutuhan
dan keinginan yang efektif memungkinkan kombinasi serta mengarahkan
keterampilan dan sumber daya untuk semua bagian dari organisasi untuk
memberikan kepuasan maksimal kepada pelanggannya. Menurut de menang Kavaman, pemasaran
Hotel sering menggunakan brosur, baliho, dan media untuk menarik perhatian para
tamu. Tujuan utama di departemen pemasaran yang membuat para sangat bersemangat
untuk kembali ke hotel.
Pemasaran dalam pemasaran adalah tidak hanya eksternal, tetapi juga
kebutuhan pemasaran internal dan interaktif. Pemasaran internal dapat
didefinisikan oleh sebuah perusahaan jasa pemasaran untuk melatih dan
memotivasi karyawan untuk berkomunikasi secara efektif dengan klien dan semua
karyawan alternatif telah memberikan pelayanan undangan untuk bekerja sebagai
satu tim untuk memuaskan pelanggan. Pemasaran interaktif adalah pemasaran oleh
perusahaan jasa yang menyadari bahwa nilai kualitas layanan sangat bergantung
pada kualitas interaksi antara pembeli dan penjual.
Dalam bisnis perhotelan terdapat tiga struktur organisasi.
Struktur organisasi pertama berdasarkan kebiasaan manajer makanan dan minuman.
Yang kedua adalah struktur organisasi dan Departemen Makanan untuk disewa. Ini
adalah jenis yang sama manajemen yang menyediakan layanan yang lengkap, kecuali
kamar tamu dan perusahaan yang dikendalikan oleh administrasi disusun secara
terpisah. Struktur organisasi dan hotel ketiga ada adalah restoran tidak ada
tidak ada Departemen Makanan dan minuman sehingga sisi kamar di hotel sangat
berbeda dengan dua struktur organisasi sebelumnya.
BAB II
PEMBAHASAN
A. Pemasaran strategi
Strategi adalah cara peraturan yang digunakan untuk
mencapai tujuan ini. Strategi untuk menerapkan konsep lingkup pekerjaan, maksud
dan tujuan. Manajemen stratejik, ini telah ditunjukkan bahwa proses atau
rangkaian kegiatan adalah sifat dasar pengambilan keputusan dan komprehensif,
dalam cara yang Presiden dan seluruh kelompok organisasi yang melaksanakan
untuk mencapai tujuan ini. Strategi ini sangat penting karena itu sebagus
apapun segmentasi, target pasar, dan posisi pasar dilakukan akan tidak bekerja
jika tidak diikuti oleh strategi yang tepat 13 menurut bertengger dan Robinson
(1997), bahwa strategi manajemen serangkaian tindakan yang mengarah ke
perumusan dan pelaksanaan (formula) rencana () Implementasi) dirancang untuk
mencapai tujuan organisasi. Sementara ide manajemen nuklir strategis luas
direncanakan (disebut perencanaan strategis) untuk mencapai masa depan yang
jauh (visi), dan menunjuk sebagai Ketua Umum keputusan (keputusan penting dan
berprinsip), untuk memungkinkan organisasi untuk berinteraksi
Efektif (disebut misi), dalam upaya untuk menghasilkan
sesuatu (operasional perencanaan untuk produksi barang dan/atau jasa dan
layanan) yang layak, sementara mengarahkan pencapaian tujuan optimal (tujuan
strategis) ke berbagai tujuan (tujuan operasional) organisasi. Jika strategi
tidak sistem yang selaras dengan target spesifik, tujuan tidak diaktifkan.
Selanjutnya, sebuah sistem yang mengandung unsur perbedaan antara tujuan dan
strategi tidak akan mampu menyebabkan adaptasi dalam gaya hidup dan organisasi
Perekonomiannya.
B. Strategi
Pemasasan di Perhotelan
Kita tahu bahwa produk atau jasa yang diproduksi oleh
perusahaan mungkin dapat menemukan pembeli atau kekasih Anda. Oleh karena itu,
produsen di aktivitas pemasaran untuk produk atau jasa harus meminta konsumen
produk atau jasa yang mereka hasilkan. Salah satu metode yang digunakan oleh
produsen di bidang pemasaran untuk meningkatkan hasil produk melalui kegiatan
promosi. Hal ini tak terbantahkan bahwa promosi adalah salah satu faktor yang
diperlukan untuk sukses dan strategi pemasaran diterapkan perusahaan swasta di
era informasi yang berkembang pesat, maka promosi adalah salah satu perusahaan
senjata ampuh dalam mengembangkan dan mempertahankan upaya ini. Produk yang
akan dibeli tidak sampai ia tahu jika konsumen tidak tahu apa yang harus
digunakan, manfaat, dan produk bisa didapatkan di atas harga. Produk konsumen
tujuan yang ditargetkan atau perusahaan layanan perlu diberi infaseyang jelas.
Maka peran promosi berguna untuk berikut:
• Menyediakan produk atau layanan, serta Mutunya
kepada masyarakat.
• Memberitahukan Legunaan barang atau jasa publik dan
bagaimana untuk bekerja dengan.
• Ketentuan baru barang atau jasa.
Menjadi persyaratan bagi perusahaan untuk melaksanakan
promosi dengan strategi yang tepat untuk secara efektif mencapai tujuan.
Promosi yang dibuat dengan negara perusahaan harus kompatibel. Rekening harus
diambil dari jumlah dana yang tersedia dan sejauh mana manfaat yang berasal
dari kegiatan promosi yang dikelola oleh perusahaan. Hal ini juga dikenal
negara dari dunia usaha dinamis, selalu berubah setiap saat dan memiliki link
antara satu sama lain. Jadi strategi pemasaran memiliki peran yang sangat
penting untuk keberhasilan perusahaan secara umum dan di bidang pemasaran
khususnya. Selain itu, strategi pemasaran yang diterapkan harus ditinjau dan
dikembangkan sesuai dengan perkembangan pasar dan lingkungan pasar. Selanjutnya
strategi pemasaran harus mampu memberikan Anda gambaran yang jelas dan fokus
pada perusahaan apa yang sedang terjadi di menggunakan setiap kesempatan atau
kesempatan di beberapa pasar sasaran. Melihat pentingnya strergy pemasaran
terhadap peningkatan volume penjualan perusahaan.
C. Manajemen
operasional di perhotelan
Operasi halus hotel didukung oleh manajemen yang ada
di manajemen operasional. Karena semua kegiatan dan acara di hotel, itu akan
berhasil dan dikelola oleh Departemen yang sangat terkonsentrasi dan sangat
kompeten di bidangnya kerja untuk mendukung pelaksanaan tugas-tugas yang
dikumpulkan.
Dalam pelaksanaan operasi, setiap Roh akan berbeda-the
perbedaan dalam melaksanakan kebijakan operasional manajemen. Sejumlah yang
lebih lengkap dari Departemen dalam satu hotel kemudian akan jaminan untuk
mengelola Hotel berbintang akan lebih menyenangkan dan berkualitas dalam
pelaksanaan kegiatan operasional.
Bagian-bagian yang mendukung relokasi operasi hotel
adalah sebagai berikut:
A. manajemen kantor depan
B. manajemen rumah
(c) Akuntansi Manajemen
D. makanan dan minuman
(e) teknik manajemen
F. pengadaan manajemen
G. sales & Marketing Dept
(h) manajemen sumber daya manusia
(i) kantor
Dari banyak hotel Departemen, Departemen semua yang
saling mendukung dan berurusan dengan satu departemen dengan departemen lain.
Selain itu, juga di bagian tidak bahwa masih bergabung bagian lainnya, seperti
ukuran bagian dalam hal ini bisa kekuatan Binatu.
Bintang Hotel umum biasanya memiliki departemen Binatu
itu sendiri, dengan tingkat yang sama manajemen dengan departemen lain, tetapi
kembali dari kebijakan hotel, jika dianggap kepentingan dan kebutuhan cuci yang
terlalu besar, itu mungkin hanya dianggap untuk berdiri sendiri, tetapi jika
perlu tidak begitu besar untuk Binatu
nya dapat dikombinasikan dengan tata graha atau Departemen Manajemen lain. Lain
contoh serta sebagai seksi dan seniman di sini biasanya berada di bawah makanan
dan minuman dalam administrasi.
Selama proses, Semua Departemen dan Departemen yang
dapat menggabungkan atau bergabung dengan pemerintahan terdekat untuk operasi
mereka, dalam operasi yang lebih langsung berkaitan dengan administrasi, yang
akan baik dan mengawasi.
D. Bentuk-bentuk
Operasional Hotel
1. langsung promosi
Metode yang digunakan untuk panduan upgrade meliputi:
) Percetakan
Amaris Hotel Pemuda Semarang, sekali seminggu selama
dua bulan melakukan upgrade melalui Surat Kabar Berita Jawa Tengah dan 1 setiap
bulan di Kompas. Tujuan ini menawarkan adalah sehingga publik tahu produk yang
terletak di hotel.
Keuntungan menggunakan media cetak: dapat mencapai
banyak
Orang-orang dan lebih cepat untuk umum. Sementara
kerugian antara
Lainnya: Waktu promosi di Surat Kabar tidak
berlangsung lama karena setiap hari
Saklar.
b) Media elektronik
Hotel mempromosikan produk-produknya melalui
radio "Radio lokal" untuk
mendengarkan semua lapisan kehidupan, jadi kami berharap bahwa masyarakat akan
tahu dan peduli tentang kamar yang ada yang menikmati produk di Amarares.
Keuntungan menggunakan media elektronik ini, antara
lain, dapat menjangkau lebih banyak orang dan lebih cepat untuk umum. Untuk
kerugian termasuk: masyarakat tidak dapat melihat gambar atau gambar produk
yang dijual.
c) dicetak bahan
Hotel setiap minggu saya berikan brosur dengan jalan
RAID penjualan kepada semua kantor dan daerah perbelanjaan ± 200 karya-karya
yang dilakukan oleh staf kantor depan, sumber daya manusia, akuntansi dan
penjualan yang dibuat pada hari Sabtu. Ia juga mempromosikan produk-produknya melalui
tanda-tanda hotel Amaris, tetapi melalui media spanduk jarang dilakukan kecuali
untuk saat-saat tertentu. Keuntungan menggunakan bahan cetak: masyarakat tahu
lebih baik daripada produk-produk yang ditampilkan dengan gambar,
Harga, Fasilitas dan dengan media cetak berupa brosur
dan spanduk dengan biaya lebih rendah dibandingkan untuk mencetak Surat Kabar
media. Kerugian termasuk: berkomunikasi dengan komunitas, perusahaan atau
kantor karena waktu terbatas.
d) pemberian diskon
Hotel bekerjasama dengan Danamon Bank American Express
kartu mana pelanggan pelanggan berhak untuk 10% diskon pada harga kamar
ditawarkan untuk publikasi. Keuntungan dari pemberian diskon adalah sebagai
berikut: tingkat penjualan yang tinggi dapat meningkatkan pelanggan baru. Untuk
kerugian termasuk: hotel pendapatan akan berkurang.
2. langsung promosi
Metode yang digunakan untuk mengarahkan tawaran ini
meliputi:
A. mengadakan pertemuan dengan perusahaan, kantor dan
Bank. Dalam pertemuan ini Hotel yang biasanya menawarkan dalam kaitannya dengan
produk yang ditawarkan oleh hotel dan panggilan untuk kerjasama dan rencana
perusahaan. Dalam kasus ini, wakil perusahaan diundang untuk melihat produk
yang dijual oleh kamar dengan fasilitas dan setelah selesainya Hotel Rapat yang
memberikan goody bag berupa tas, agenda, tinta yang kering dan brosur untuk
setiap peserta dalam pertemuan. Di sini diharapkan bahwa semua perusahaan
mendapatkan untuk mengetahui dan selalu ingat produk dari. Host memiliki semua
hasil dengan perusahaan meliputi: dapat mengambil dan meningkatkan pembeli
potensial serta pelanggan baru. Sementara kerugian dari biaya tinggi.
B. berkunjung ke perusahaan, kantor dan layanan
perbankan. Untuk penjualan ini pemasaran penjualan atau kunjungi untuk lima
perusahaan setiap hari yang dilaksanakan dalam bisnis yang efektif hari dari
Senin sampai Jumat dengan tujuan untuk meningkatkan kerjasama perusahaan dan
menarik perusahaan belakangan ini yang dapat meningkatkan pembeli potensial
serta pelanggan baru. Ketika Anda mengunjungi lembaga atau perusahaan publik
dan pribadi pihak di hotel Amaris dimaksudkan untuk meninggalkan rilis di
perusahaan, selanjutnya perusahaan diharapkan untuk mengetahui produk yang ada
dan ingin menggunakan fasilitas di hotel. Fitur mengadakan kunjungan ke perusahaan-perusahaan
ini termasuk: calon pembeli atau pelanggan baru yang potensial, dan produk
hotel lebih terkenal bisa dijemput. Sementara kelemahan: tinggi biaya yang
dikeluarkan.
C. berkolaborasi dengan pemesanan online hotel ini
bekerjasama dengan Agoda.com, klik hotel, Check terakhir. Keuntungan melalui
kolaborasi dengan pemesanan online: produk dapat dilihat, dikenal oleh seluruh
dunia yang dapat diakses melalui Internet. Sementara kelemahan: biaya tinggi
A. pameran khusus Kobas Hotel-Gramedia Fair yang diikuti
pameran yang menunjukkan seluruh anak perusahaan Kompas Gramedia dari awal
pelayanan residence, percetakan, buku, dll dan Gebyar Hotel Amares tindak
lanjut atas meja acara diselenggarakan oleh MGM Holiday mana di acara sepanjang
hotel yang ada di Ando Esia melakukan pameran dan menawarkan untuk agen
perjalanan. Mengambil keuntungan dari acara khusus ini, antara lain: pembeli
potensial dapat tertarik untuk datang dalam kita harapan mencoba untuk menjadi
pelanggan. Sementara kerusakan, antara lain: biaya tinggi yang dikeluarkan
dalam pameran khusus ini.
E. Fungsi
dan Unit Pemasaran di Perhotelan
Dalam unit bisnis yang dikenal karena memiliki
berbagai macam fungsi yang saling berkaitan, ada tiga fungsi dasar yang selalu
dalam pertemuan tersebut, yaitu:
1. marketing (pemasaran) yang garis depan unit bisnis,
karena bagian ini secara langsung berhubungan dengan konsumen. Asosiasi telah
mulai mengidentifikasi kebutuhan konsumen (tipe dan jumlah) serta memberikan
produk dan layanan kepada konsumen.
2. keuangan (keuangan) bertanggung jawab untuk mendapatkan
dana untuk membiayai bisnis dan mendanai kegiatan manajemen sehingga
kelangsungan hidup dan pengembangan bisnis unit dapat dipertahankan.
3. produksi (operasi) yang merupakan pendapatan dari
produk atau layanan akan dipasarkan ke konsumen.
Dalam pengertian ini, manajemen paling komprehensif
proses terkait dengan produksi barang dan jasa. Setiap hari kita menemukan
kelimpahan barang atau layanan, semua yang diproduksi di bawah pengawasan
manajer operasi. Manajer operasi tidak hanya bekerja dalam industri manufaktur
tetapi tidak bekerja di industri jasa. Misalnya, di sektor administrasi,
posting kantor, Hotel, Restoran, Bank, dan ritel outlet.
Manajer operasi bertanggung jawab untuk produksi
barang atau jasa di perusahaan. Manajer operasi yang digunakan untuk membuat
keputusan tentang proses dan sistem konversi fungsi. Manajemen operasi adalah
untuk memeriksa proses pengambilan keputusan untuk operasi posting.
Operasi manajemen sebagai penyedia transformasi yang
mengubah input menjadi barang dan jasa, yang merupakan sistem masukan adalah
energi, material, tenaga, modal dan informasi. Sementara produksi output produk
setelah hasil Sampingannya, seperti limbah, informasi, dan seterusnya.
Adapun masukan konversi-output dari sistem produksi.
Subsistem dari sistem produksi adalah produksi perencanaan dan kontrol, kontrol
kualitas, identifikasi operasi standar, identifikasi fasilitas produksi,
fasilitas produksi, perawatan dan biaya produksi barang. Sub-subsistem-sistem
akan membuat konfigurasi sistem produksi. Keandalan ini konfigurasi sistem
produksi tergantung pada produk yang diproduksi dan bagaimana itu dibuat
(proses produksi). Bagaimana produksi produk tersebut bisa menjadi baik jenis
proses produksi sesuai dengan bagaimana produk diproduksi, proses manufaktur,
produk, dan variasi output yang dihasilkan.
BAB III
PENUTUP
Jasa adalah semua tindakan atau kegiatan yang dapat
ditawarkan oleh satu pihak kepada pihak lainnya yang tidak berwujud dan tidak
menyebabkan kepemilikan apapun. Beberapa hal berikut merupakan karakteristik
dari jasa, yaitu intangible atau tidak terlihat.
DAFTRA PUSTAKA
Sulastiyono, Agus. 1999. Manajemen Penyelenggaraan Hotel. Bandung:
CV Alfabeta
Soemirat, dan Ardianto. 2002. Dasar-Dasar Pemasaran. Online
0 Response to "Makalah Strategi Pemasaran Dan Operasi Jasa Implementasi Perhotelan"
Post a Comment