Makalah Strategi Pemasaran Dan Operasi Jasa Implementasi Perhotelan

Pemasaran strategi dan implementasi layanan operasi perhotelan

Bab I
Pengenalan

A. latar belakang masalah
Keberhasilan dalam kompetisi pada lingkungan bisnis yang selalu Brgejolak pada layanan saat ini, membutuhkan berorientasi pasar strategi pemasaran (pasar didorong strategi) yang dapat diharapkan seluruh keinginan dan kebutuhan konsumen. Pemasaran adalah sebuah organisasi yang mengerti kebutuhan dan keinginan yang efektif memungkinkan kombinasi serta mengarahkan keterampilan dan sumber daya untuk semua bagian dari organisasi untuk memberikan kepuasan maksimal kepada pelanggannya. Menurut de menang Kavaman, pemasaran Hotel sering menggunakan brosur, baliho, dan media untuk menarik perhatian para tamu. Tujuan utama di departemen pemasaran yang membuat para sangat bersemangat untuk kembali ke hotel.
Pemasaran dalam pemasaran adalah tidak hanya eksternal, tetapi juga kebutuhan pemasaran internal dan interaktif. Pemasaran internal dapat didefinisikan oleh sebuah perusahaan jasa pemasaran untuk melatih dan memotivasi karyawan untuk berkomunikasi secara efektif dengan klien dan semua karyawan alternatif telah memberikan pelayanan undangan untuk bekerja sebagai satu tim untuk memuaskan pelanggan. Pemasaran interaktif adalah pemasaran oleh perusahaan jasa yang menyadari bahwa nilai kualitas layanan sangat bergantung pada kualitas interaksi antara pembeli dan penjual.

Dalam bisnis perhotelan terdapat tiga struktur organisasi. Struktur organisasi pertama berdasarkan kebiasaan manajer makanan dan minuman. Yang kedua adalah struktur organisasi dan Departemen Makanan untuk disewa. Ini adalah jenis yang sama manajemen yang menyediakan layanan yang lengkap, kecuali kamar tamu dan perusahaan yang dikendalikan oleh administrasi disusun secara terpisah. Struktur organisasi dan hotel ketiga ada adalah restoran tidak ada tidak ada Departemen Makanan dan minuman sehingga sisi kamar di hotel sangat berbeda dengan dua struktur organisasi sebelumnya.



BAB II
PEMBAHASAN

A. Pemasaran strategi
Strategi adalah cara peraturan yang digunakan untuk mencapai tujuan ini. Strategi untuk menerapkan konsep lingkup pekerjaan, maksud dan tujuan. Manajemen stratejik, ini telah ditunjukkan bahwa proses atau rangkaian kegiatan adalah sifat dasar pengambilan keputusan dan komprehensif, dalam cara yang Presiden dan seluruh kelompok organisasi yang melaksanakan untuk mencapai tujuan ini. Strategi ini sangat penting karena itu sebagus apapun segmentasi, target pasar, dan posisi pasar dilakukan akan tidak bekerja jika tidak diikuti oleh strategi yang tepat 13 menurut bertengger dan Robinson (1997), bahwa strategi manajemen serangkaian tindakan yang mengarah ke perumusan dan pelaksanaan (formula) rencana () Implementasi) dirancang untuk mencapai tujuan organisasi. Sementara ide manajemen nuklir strategis luas direncanakan (disebut perencanaan strategis) untuk mencapai masa depan yang jauh (visi), dan menunjuk sebagai Ketua Umum keputusan (keputusan penting dan berprinsip), untuk memungkinkan organisasi untuk berinteraksi
Efektif (disebut misi), dalam upaya untuk menghasilkan sesuatu (operasional perencanaan untuk produksi barang dan/atau jasa dan layanan) yang layak, sementara mengarahkan pencapaian tujuan optimal (tujuan strategis) ke berbagai tujuan (tujuan operasional) organisasi. Jika strategi tidak sistem yang selaras dengan target spesifik, tujuan tidak diaktifkan. Selanjutnya, sebuah sistem yang mengandung unsur perbedaan antara tujuan dan strategi tidak akan mampu menyebabkan adaptasi dalam gaya hidup dan organisasi Perekonomiannya.

B.         Strategi Pemasasan di Perhotelan

Kita tahu bahwa produk atau jasa yang diproduksi oleh perusahaan mungkin dapat menemukan pembeli atau kekasih Anda. Oleh karena itu, produsen di aktivitas pemasaran untuk produk atau jasa harus meminta konsumen produk atau jasa yang mereka hasilkan. Salah satu metode yang digunakan oleh produsen di bidang pemasaran untuk meningkatkan hasil produk melalui kegiatan promosi. Hal ini tak terbantahkan bahwa promosi adalah salah satu faktor yang diperlukan untuk sukses dan strategi pemasaran diterapkan perusahaan swasta di era informasi yang berkembang pesat, maka promosi adalah salah satu perusahaan senjata ampuh dalam mengembangkan dan mempertahankan upaya ini. Produk yang akan dibeli tidak sampai ia tahu jika konsumen tidak tahu apa yang harus digunakan, manfaat, dan produk bisa didapatkan di atas harga. Produk konsumen tujuan yang ditargetkan atau perusahaan layanan perlu diberi infaseyang jelas. Maka peran promosi berguna untuk berikut:
• Menyediakan produk atau layanan, serta Mutunya kepada masyarakat.
• Memberitahukan Legunaan barang atau jasa publik dan bagaimana untuk bekerja dengan.
• Ketentuan baru barang atau jasa.
Menjadi persyaratan bagi perusahaan untuk melaksanakan promosi dengan strategi yang tepat untuk secara efektif mencapai tujuan. Promosi yang dibuat dengan negara perusahaan harus kompatibel. Rekening harus diambil dari jumlah dana yang tersedia dan sejauh mana manfaat yang berasal dari kegiatan promosi yang dikelola oleh perusahaan. Hal ini juga dikenal negara dari dunia usaha dinamis, selalu berubah setiap saat dan memiliki link antara satu sama lain. Jadi strategi pemasaran memiliki peran yang sangat penting untuk keberhasilan perusahaan secara umum dan di bidang pemasaran khususnya. Selain itu, strategi pemasaran yang diterapkan harus ditinjau dan dikembangkan sesuai dengan perkembangan pasar dan lingkungan pasar. Selanjutnya strategi pemasaran harus mampu memberikan Anda gambaran yang jelas dan fokus pada perusahaan apa yang sedang terjadi di menggunakan setiap kesempatan atau kesempatan di beberapa pasar sasaran. Melihat pentingnya strergy pemasaran terhadap peningkatan volume penjualan perusahaan.

C.         Manajemen operasional di perhotelan

Operasi halus hotel didukung oleh manajemen yang ada di manajemen operasional. Karena semua kegiatan dan acara di hotel, itu akan berhasil dan dikelola oleh Departemen yang sangat terkonsentrasi dan sangat kompeten di bidangnya kerja untuk mendukung pelaksanaan tugas-tugas yang dikumpulkan.
Dalam pelaksanaan operasi, setiap Roh akan berbeda-the perbedaan dalam melaksanakan kebijakan operasional manajemen. Sejumlah yang lebih lengkap dari Departemen dalam satu hotel kemudian akan jaminan untuk mengelola Hotel berbintang akan lebih menyenangkan dan berkualitas dalam pelaksanaan kegiatan operasional.
Bagian-bagian yang mendukung relokasi operasi hotel adalah sebagai berikut:
A. manajemen kantor depan
B. manajemen rumah
(c) Akuntansi Manajemen
D. makanan dan minuman
(e) teknik manajemen
F. pengadaan manajemen
G. sales & Marketing Dept
(h) manajemen sumber daya manusia
(i) kantor
Dari banyak hotel Departemen, Departemen semua yang saling mendukung dan berurusan dengan satu departemen dengan departemen lain. Selain itu, juga di bagian tidak bahwa masih bergabung bagian lainnya, seperti ukuran bagian dalam hal ini bisa kekuatan Binatu.
Bintang Hotel umum biasanya memiliki departemen Binatu itu sendiri, dengan tingkat yang sama manajemen dengan departemen lain, tetapi kembali dari kebijakan hotel, jika dianggap kepentingan dan kebutuhan cuci yang terlalu besar, itu mungkin hanya dianggap untuk berdiri sendiri, tetapi jika perlu tidak begitu besar untuk  Binatu nya dapat dikombinasikan dengan tata graha atau Departemen Manajemen lain. Lain contoh serta sebagai seksi dan seniman di sini biasanya berada di bawah makanan dan minuman dalam administrasi.
Selama proses, Semua Departemen dan Departemen yang dapat menggabungkan atau bergabung dengan pemerintahan terdekat untuk operasi mereka, dalam operasi yang lebih langsung berkaitan dengan administrasi, yang akan baik dan mengawasi.

D.         Bentuk-bentuk Operasional Hotel
1. langsung promosi
Metode yang digunakan untuk panduan upgrade meliputi:
) Percetakan
Amaris Hotel Pemuda Semarang, sekali seminggu selama dua bulan melakukan upgrade melalui Surat Kabar Berita Jawa Tengah dan 1 setiap bulan di Kompas. Tujuan ini menawarkan adalah sehingga publik tahu produk yang terletak di hotel.
Keuntungan menggunakan media cetak: dapat mencapai banyak
Orang-orang dan lebih cepat untuk umum. Sementara kerugian antara
Lainnya: Waktu promosi di Surat Kabar tidak berlangsung lama karena setiap hari
Saklar.
b) Media elektronik
Hotel mempromosikan produk-produknya melalui radio  "Radio lokal" untuk mendengarkan semua lapisan kehidupan, jadi kami berharap bahwa masyarakat akan tahu dan peduli tentang kamar yang ada yang menikmati produk di Amarares.
Keuntungan menggunakan media elektronik ini, antara lain, dapat menjangkau lebih banyak orang dan lebih cepat untuk umum. Untuk kerugian termasuk: masyarakat tidak dapat melihat gambar atau gambar produk yang dijual.
c) dicetak bahan
Hotel setiap minggu saya berikan brosur dengan jalan RAID penjualan kepada semua kantor dan daerah perbelanjaan ± 200 karya-karya yang dilakukan oleh staf kantor depan, sumber daya manusia, akuntansi dan penjualan yang dibuat pada hari Sabtu. Ia juga mempromosikan produk-produknya melalui tanda-tanda hotel Amaris, tetapi melalui media spanduk jarang dilakukan kecuali untuk saat-saat tertentu. Keuntungan menggunakan bahan cetak: masyarakat tahu lebih baik daripada produk-produk yang ditampilkan dengan gambar,
Harga, Fasilitas dan dengan media cetak berupa brosur dan spanduk dengan biaya lebih rendah dibandingkan untuk mencetak Surat Kabar media. Kerugian termasuk: berkomunikasi dengan komunitas, perusahaan atau kantor karena waktu terbatas.
d) pemberian diskon
Hotel bekerjasama dengan Danamon Bank American Express kartu mana pelanggan pelanggan berhak untuk 10% diskon pada harga kamar ditawarkan untuk publikasi. Keuntungan dari pemberian diskon adalah sebagai berikut: tingkat penjualan yang tinggi dapat meningkatkan pelanggan baru. Untuk kerugian termasuk: hotel pendapatan akan berkurang.


2. langsung promosi
Metode yang digunakan untuk mengarahkan tawaran ini meliputi:
A. mengadakan pertemuan dengan perusahaan, kantor dan Bank. Dalam pertemuan ini Hotel yang biasanya menawarkan dalam kaitannya dengan produk yang ditawarkan oleh hotel dan panggilan untuk kerjasama dan rencana perusahaan. Dalam kasus ini, wakil perusahaan diundang untuk melihat produk yang dijual oleh kamar dengan fasilitas dan setelah selesainya Hotel Rapat yang memberikan goody bag berupa tas, agenda, tinta yang kering dan brosur untuk setiap peserta dalam pertemuan. Di sini diharapkan bahwa semua perusahaan mendapatkan untuk mengetahui dan selalu ingat produk dari. Host memiliki semua hasil dengan perusahaan meliputi: dapat mengambil dan meningkatkan pembeli potensial serta pelanggan baru. Sementara kerugian dari biaya tinggi.
B. berkunjung ke perusahaan, kantor dan layanan perbankan. Untuk penjualan ini pemasaran penjualan atau kunjungi untuk lima perusahaan setiap hari yang dilaksanakan dalam bisnis yang efektif hari dari Senin sampai Jumat dengan tujuan untuk meningkatkan kerjasama perusahaan dan menarik perusahaan belakangan ini yang dapat meningkatkan pembeli potensial serta pelanggan baru. Ketika Anda mengunjungi lembaga atau perusahaan publik dan pribadi pihak di hotel Amaris dimaksudkan untuk meninggalkan rilis di perusahaan, selanjutnya perusahaan diharapkan untuk mengetahui produk yang ada dan ingin menggunakan fasilitas di hotel. Fitur mengadakan kunjungan ke perusahaan-perusahaan ini termasuk: calon pembeli atau pelanggan baru yang potensial, dan produk hotel lebih terkenal bisa dijemput. Sementara kelemahan: tinggi biaya yang dikeluarkan.
C. berkolaborasi dengan pemesanan online hotel ini bekerjasama dengan Agoda.com, klik hotel, Check terakhir. Keuntungan melalui kolaborasi dengan pemesanan online: produk dapat dilihat, dikenal oleh seluruh dunia yang dapat diakses melalui Internet. Sementara kelemahan: biaya tinggi
A. pameran khusus Kobas Hotel-Gramedia Fair yang diikuti pameran yang menunjukkan seluruh anak perusahaan Kompas Gramedia dari awal pelayanan residence, percetakan, buku, dll dan Gebyar Hotel Amares tindak lanjut atas meja acara diselenggarakan oleh MGM Holiday mana di acara sepanjang hotel yang ada di Ando Esia melakukan pameran dan menawarkan untuk agen perjalanan. Mengambil keuntungan dari acara khusus ini, antara lain: pembeli potensial dapat tertarik untuk datang dalam kita harapan mencoba untuk menjadi pelanggan. Sementara kerusakan, antara lain: biaya tinggi yang dikeluarkan dalam pameran khusus ini.

E.         Fungsi dan Unit Pemasaran di Perhotelan

Dalam unit bisnis yang dikenal karena memiliki berbagai macam fungsi yang saling berkaitan, ada tiga fungsi dasar yang selalu dalam pertemuan tersebut, yaitu:
1. marketing (pemasaran) yang garis depan unit bisnis, karena bagian ini secara langsung berhubungan dengan konsumen. Asosiasi telah mulai mengidentifikasi kebutuhan konsumen (tipe dan jumlah) serta memberikan produk dan layanan kepada konsumen.
2. keuangan (keuangan) bertanggung jawab untuk mendapatkan dana untuk membiayai bisnis dan mendanai kegiatan manajemen sehingga kelangsungan hidup dan pengembangan bisnis unit dapat dipertahankan.
3. produksi (operasi) yang merupakan pendapatan dari produk atau layanan akan dipasarkan ke konsumen.
Dalam pengertian ini, manajemen paling komprehensif proses terkait dengan produksi barang dan jasa. Setiap hari kita menemukan kelimpahan barang atau layanan, semua yang diproduksi di bawah pengawasan manajer operasi. Manajer operasi tidak hanya bekerja dalam industri manufaktur tetapi tidak bekerja di industri jasa. Misalnya, di sektor administrasi, posting kantor, Hotel, Restoran, Bank, dan ritel outlet.
Manajer operasi bertanggung jawab untuk produksi barang atau jasa di perusahaan. Manajer operasi yang digunakan untuk membuat keputusan tentang proses dan sistem konversi fungsi. Manajemen operasi adalah untuk memeriksa proses pengambilan keputusan untuk operasi posting.
Operasi manajemen sebagai penyedia transformasi yang mengubah input menjadi barang dan jasa, yang merupakan sistem masukan adalah energi, material, tenaga, modal dan informasi. Sementara produksi output produk setelah hasil Sampingannya, seperti limbah, informasi, dan seterusnya.
Adapun masukan konversi-output dari sistem produksi. Subsistem dari sistem produksi adalah produksi perencanaan dan kontrol, kontrol kualitas, identifikasi operasi standar, identifikasi fasilitas produksi, fasilitas produksi, perawatan dan biaya produksi barang. Sub-subsistem-sistem akan membuat konfigurasi sistem produksi. Keandalan ini konfigurasi sistem produksi tergantung pada produk yang diproduksi dan bagaimana itu dibuat (proses produksi). Bagaimana produksi produk tersebut bisa menjadi baik jenis proses produksi sesuai dengan bagaimana produk diproduksi, proses manufaktur, produk, dan variasi output yang dihasilkan.
BAB III
PENUTUP
Jasa adalah semua tindakan atau kegiatan yang dapat ditawarkan oleh satu pihak kepada pihak lainnya yang tidak berwujud dan tidak menyebabkan kepemilikan apapun. Beberapa hal berikut merupakan karakteristik dari jasa, yaitu intangible atau tidak terlihat.
Strategi pemasaran merupakan bagian integral dari strategi bisnis yang memberikan arah pada fungsi manajemen suatu organisasi.


DAFTRA PUSTAKA
Sulastiyono, Agus. 1999. Manajemen Penyelenggaraan Hotel. Bandung: CV Alfabeta
Soemirat, dan Ardianto. 2002. Dasar-Dasar Pemasaran. Online

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Makalah Strategi Pemasaran Dan Operasi Jasa Implementasi Perhotelan"

Post a Comment