Proposal Progam Kreatifitas Mahasiswa
Proposal Progam Kreatifitas Mahasiswa
Jangan lupa, like, share dan comentnya jika ada masalah.. semoga bermanfaat
A. JUDUL PROGAM
Merintis Usaha Di
Bidang Pendidikan untuk Bisnis yang Prospektif demi Kehidupan yang Lebih Baik.
B. LATAR BELAKANG MASALAH
Internet merupakan salah satu media yang banyak diminati oleh masyarakat.
Selain sebagai media informasi, internet juga berperan penting dalam ilmu
pengetahuan. Internet sepertinya sudah menyatu dengan kehidupan zaman sekarang.
Dari internet, kita bisa memperoleh apapun yang kita cari,mulai dari hal-hal
yang penting sampai hal yang paling kecil sekalipun. Di samping itu, melalui
media ini juga kehidupan kita bisa terbantu karena banyak sekali hal-hal yang
sangat bermanfaat dalam dunia maya tersebut.
Internet juga menjadi
salah satu alternatif untuk menjalin silaturahmi dengan orang lain. Banyak
situs-situs jejaring sosial yang membantu penikmat internet ini untuk
berkomunikasi dengan orang lain tanpa mengenal jarak dan waktu. Dengan
internet, kita bisa menghemat tenaga dan biaya yang jauh lebih besar daripada
harus bertemu atau berkunjung ke tempat orang lain.
Informasi di internet
sangatlah bervariasi. Tentunya akan sangat banyak informasi dan ilmu
pengetahuan yang akan kita peroleh melalui internet ini. Semua itu tergantung
dari diri kita sendiri.
Internet merupakan
terobosan terbaru dalam 10 tahun terakhir ini. Pengguna internet dari tahun ke
tahun menunjukkan peningkatan sekitar 2%. Semakin hari, semakin banyak orang
yang sangat menikmati manfaat dari internet ini. Melihat besarnya animo serta
permintaan yang tinggi terhadap layanan internet ini, maka hal tersebut
merupakan peluang untuk dijadikan usaha baru dengan membuka fasilitas hotspot.
Selain usaha ini
membutuhkan modal yg tidak terlalu besar,peluang dalam bidang ini juga sangat
besar karena masih sedikit orang yang memanfaatkan usaha ini. Biaya untuk
mengakses internet dengan memanfaatkan hotspot ini juga lumayan kecil.
Dalam
masyarakat,sudah tidak jarang lagi orang mempunyai laptop. Laptop bagaikan
kebutuhan penting dalam masyarakat unutk membantu mempermudah pekerjaan. Selain
itu,laptop juga merupakan media hiburan bagi masyarakat sekaligus media untuk
menikmati fasilitas internet. Dengan melihat kenyataan ini, maka sangatlah
besar peluang usaha dalam bidang internet khususnya memanfaatkan fasilitas
hotspot.
C. PERUMUSAN MASALAH
Rumusan Masalah dalam Program Kreativitas Kemahasiswaan dalam
bidang Kewirausahaan ini adalah:
1. Bagaimana
mengawali kegiatan wirausaha hotspot sebagai fasilitas untuk menikmati layanan
internet
2. 2. Bagaimana
mempromosikan hotspot agar masyarakat mengetahui layanan internet tersebut
3. 3. Bagaimana
memberikan pengaruh positif kepada masyarakat akan bisnis ini
4. 4. Bagaimana
memberikan wawasan dan ilmu pengetahuan yang positif bagi masyarakat
B. TUJUAN PROGAM
Tujuan dari Program
Kreativitas Kemahasiswaan dalam bidang kewirausahaan ini adalah:
1. Merintis wirausaha
hotspot sebagai fasilitas untuk menikmati layanan internet
2. Dapat
mempromosikan hotspot agar masyarakat mengetahui layanan internet tersebut
3. Dapat menunjukkan
bahwa bisnis ini sangat baik untuk dijalankan mengingat besarnya potensi dari
bisnis ini.
4. Dapat memberikan
masyarakat wawasan dan ilmu pengetahuan yang bermanfaat melalui media internet
E. LUARAN YANG DIHARAPKAN
Sedangkan Luaran yang dapat diperoleh dalam jangka panjang adalah:
1. Terwujudnya
ketrampilan berwirausaha bagi mahasiswa, sehingga mahasiswa dapat memberikan
kontribusi nyata untuk mengurangi pengangguran dengan menyerap tenaga kerja
melalui usaha hotspot, mengingat usaha ini memiliki potensi yang besar.
2. Terwujudnya
masyarakat yang cerdas dan kritis.
3. Terciptanya
masyarakat yang sadar akan pentingnya ilmu pengetahuan.
4. Terwujudnya
masyarakat yang modern dan tidak ketinggalan zaman.
F. KEGUNAAN PROGRAM
1. Merangsang
kreativitas dan daya inovasi mahasiswa untuk menghasilkan kegiatan yang
bermanfaat.
2. Membuka wawasan
mahasiswa dan meningkatkan keterampilan dalam berwirausaha sehingga mampu
mengadapi pesaingan bebas dengan cara menjadi entrepreneur muda indonesia.
3. Membuka wawasan
masyarakat untuk memanfaatkan internet demi kehidupan yang lebih baik.
4. Membantu
memberikan kontribusi positif bagi masyarakat dalam pemanfaatan layanan
internet.
5. Memberikan
stimulus untuk menciptakan lapangan pekerjaan secara mandiri terutama bagi masyarakat.
G. GAMBARAN UMUM USAHA
1. Ide Produk
Saat ini, usaha hotspot belum begitu banyak diperhatikan. Ini
terjadi karena masyarakat khususnya di kota Praya belum memahami tentang
manfaat internet dalam kehidupan yang akan datang. Kota Praya merupakan daerah sasaran
yang sangat tepat untuk memajukan usaha ini karena memiliki potensi yang sangat
besar. Ide pembuatan usaha ini berasal dari adanya keinginan untuk meningkatkan
wawasan dan ilmu pengetahuan dalam masyarakat. Usaha hotspot dipilih karena
membutuhkan modal yang tidak terlalu banyak dan kenyataan bahwa banyak
masyarakat yang memiliki fasilitas untuk menikmati layanan internet serta
besarnya peluang di dalam bidang ini.
2. Deskripsi Usaha
Wirausaha baru di bidang hotspot ini sangat potensial menjadi unit
usaha baru karena usaha tersebut merupakan suatu inovasi baru di bidang
internet, selain itu keunggulan yang dimiliki usaha tersebut sangatlah banyak
salah satunya adalah memiliki potensi yang besar karena masih sedikit pesaing.
Apalagi di daerah Praya yang masih sangat minim akan pengetahuan dan teknologi
baru. Keunggulan dari usaha ini antara lain manfaatnya bagi masyarakat yaitu
sangat baik untuk menambah wawasan dan ilmu pengetahuan.
3. Analisa Pemasaran
Produk
Strategi pemasaran yang kami gunakan adalah :
• Strategi Harga
Strategi harga dilakukan berdasarkan harga pasar, harga yang
ditetapkan adalah dibawah harga pasar dengan tetap menjaga kualitas usaha
(kelancaran dan kecepatan mengakses internet), dengan kata lain harga
diusahakan lebih rendah bila dibandingkan dengan pesaing.
• Strategi Promosi
1. Publikasi produk
untuk promosi dilakukan dengan menjalin kerjasama dengan pemilik operator
telepon seluler yang memiliki akses internet dimana perusahaan ini merupakan
semacam inkubator bisnis bagi karya mahasiswa yang layak untuk
dikomersialisasikan, menjalin kerjasama dengan pihak-pihak yang berkecimpung
dalam dunia internet dan komputer, mengikuti sejumlah pameran yang berhubungan
dengan internet dan komputer,dan ikut
serta mengadakan beberapa pelatihan yang berhubungan dengan internet.
2. Promosi penjualan
yang bisa dilakukan adalah penyebaran
brosur usaha, promosi dari mulut ke mulut, penekanan pada pendekatan
perorangan, dan mengikuti pameran-pameran.
3. Setiap pelanggan
yang menikmati fasilitas hotspot akan mendapatkan satu botol soft drink. Ini
adalah salah satu bentuk promosi yang dapat menyedot banyak pengunjung.
H. METODOLOGI PELAKSANAAN
Tempat usaha hotspot ini
adalah di daerah Praya, Lombok Tengah. Untuk merealisasikan usaha hotspot akan
dilaksanakan tahapan kerja sebagai berikut :
1. 1. Persiapan
perlengkapan Usaha
Pada tahap ini dilakukan pembelian peralatan yang dibuthkan untuk
melaksanakan usaha, peralatan tersebut antara lain :
• Wireless
• Cok roll
• Meja kecil
1. 2. Perakitan alat
Bahan yang diperlukan pada perakitan fasilitas hotspot adalah
wireless dan network cabel. Kita hanya menghubungkan wireless dengan network
cabel.
1. 3. Peningkatan
kualitas
Penempatan wireless sangat berpengaruh terhadap kecepatan
mengakses internet dan kelancaran internet. Berikut beberapa cara mempercepat
koneksi wireless :
• Menjauhkan
wireless dengan bahan yang terbuat metal atau baja karena dapat memantulkan
gelombang
• Menjaga agar
wireless tidak terlalu panas dengan meletakkan kipas angin di dekat wireless
dengan tujuan agar kecepatan akses stabil
• Meletakkan
wireless dengan ketinggian tertentu agar mendapatkan sinyal atau gelombang
secara cepat
Selain meningkatkan kecepatan wireless, salah satu cara
meningkatkan pengunjung adalah dengan meningkatkan faslitas tempat hotspot.
Dengan memberikan kenyamanan kepada pelanggan merupakan salah satu cara yang
ampuh.
1. I. JADWAL KEGIATAN
Jadwal kegiatan yang akan dilaksanakan telah dirinci dan
ditetapkan sebagai berikut:
No. Agenda Bulan
1 2 3 4 5 6
1 Pembelian dan
perakitan alat
2 Promosi 1
3 Promosi 2
4 Persiapan
pemulaian usaha
5 Pendaftaran tempat
usaha
6 Analisa usaha
7 Promosi 3
8 Pelaksanaan usaha
*
9 Penyusunan Laporan
Akhir
Keterangan :
= Agenda
dilaksanakan setelah proposal disetujui
= Watu
pelaksanaan kegiatan
* = dilaksanakan dalam waktu yang tidak ditentukan tergantung dari
hasil analisa usaha
J. RANCANGAN BIAYA
PEMASUKAN
NO. SUMBER PEMASUKAN
1. Dikti Rp.
6.000.000,00
2. Dana Lain Rp.
500.000,00
TOTAL Rp.
6.500.000,00
PENGELUARAN
1. Biaya Pelaksanaan
dan Operasional Awal Usaha Hotspot
No Pemanfaatan jumlah (buah) harga
satuan total biaya
1. Modal Awal
Operasional Usaha 2,700,000.00
2. Biaya promosi 800,000.00
3. Pembelian wireless 1,800,000.00
4 Biaya pendaftaran
tempat usaha 500,000.00
5 Transportasi 500,000.00
6 Komunikasi 500,000.00
jumlah Rp.
6,500,000.00
Analisis Usaha Hotspot
A. Biaya Tetap (Fix Cost)
Uraian Jumlah Harga
Satuan
(Rp.) Besarnya
(Rp)
Peralatan :
Wireless 2 buah 900,000 1.800,000
Kipas angin 2 buah 100,000 200.000
Meja kecil 10 buah 50,000 500,000
Network kabel 5
meter 5,000 25,000
Cok roll 10 buah 17,500 175,000
Total 2,700,000
B. Variable Cost (dalam 30 hari )
No. Uraian Jumlah Harga
Satuan
(Rp.) Besarnya
(Rp.)
1. Teh botol 1 kerat 100.000 100.000
2. Fruit tea 1 kerat 100.000 100.000
3. Tebs 1 kerat 100,000 100,000
4. Biaya tenaga kerja
:
• Penjaga hotspot (3
0rang) 30 hari 400,000 1,200,000
Total 1,500,000
1. a. Total Biaya
Produksi = (Total Investasi + Total biaya operasional pertahun
= Rp. 2,700,000 + (Rp.1,500,000x 12)
= Rp. 20,700,000
b. pendapatan di hari biasa
= Jumlah orang x Waktu (hari) x tarif
= 30 x 25 x Rp. 4,000
= Rp. 3,000,000
pendapatan di hari libur = Jumlah orang x Waktu (hari) x tarif
= 50 x 5 x Rp. 4,000
= Rp. 1,000,000
Total Pendapatan = pendapatan di hari biasa + pendapatan di hari libur = Rp. 3,000,000+ Rp.
1,000,000
= Rp. 4,000,000
pendapatan per tahun =
Rp. 4,000,000.00 x 12 bulan
= Rp. 48,000,000
Waktu siaga (waktu buka) per tahun = 24 x 360 = 8640
c. HPP (Harga Pokok
Penjualan)
Harga Pokok Penjualan
=
= Rp. 20,700,000
8640
= Rp 2,395.833 à Rp. 2,400
d. Analisis Biaya Manfaat
Keuntungan
= Penerimaan – Total Biaya Produksi
= Rp. 4,000,000 – Rp. Rp.1,500,000
= Rp. 2,500,000
Keuntungan per tahun =
Rp. 30,000,000
e. Pay Back Periode =
= 2.700.000 + 18.000.000
30.000.000
= 0,69 tahun = ± 8,28 bulan
L. LAMPIRAN
1. NAMA DAN BIODATA KETUA DAN ANGGOTA KELOMPOK
1. Ketua Pelaksana
Kegiatan:
1. Nama Lengkap : Noego Rondi Lesmanto
2. NIM : G1D
008 028
3. Fakultas/Progam
Studi : FMIPA/MATEMATIKA
4. Perguruan
Tinggi : UNRAM
2. Anggota Pelaksana
1. Nama Lengkap : Rody Wardanial
2. NIM : G1D 008 041
3. Fakultas/Progam
Studi : FMIPA/MATEMATIKA
4. Perguruan
Tinggi : UNRAM
5. Nama Lengkap : Hidayat Jaya Miharja
6. NIM : G1D
008 011
7. Fakultas/Progam
Studi : FMIPA/MATEMATIKA
8. Perguruan
Tinggi : UNRAM
II. NAMA DAN BIODATA DOSEN PEMBIMBING
1. Nama Lengkap dan Gelar
: Ir. Muhamad Siddik, M.S.
2. NIP :
131624908
3. Fakultas : Pertanian
4. Perguruan Tinggi : Universitas Mataram
III . Lain – lain
Business Plan ”Merintis Usaha Hotspot untuk Bisnis Prospektif demi
Kehidupan yang Lebih Baik”.
Nama usaha : CV. Faster
Hotspot
Pemilik usaha : Rondi,
Dayat, Rody
Lokasi usaha : Kampung
Jawa, Praya, Lombok Tengah.
Besar Modal : Rp.6,500,000.00
Asal Modal : Dana DIKTI dan dana Lain.
Jenis usaha : Menyediakan fasilitas hotspot
Usaha Utama : Hotspot
Target pasar : Masyarakat umum, dan masyarakat luas.
Kapasitas usaha /hari : 24 jam/hari
Pemasaran :
¬ 2 Bulan pertama : Memperkenalkan usaha hotspot kepada
Masyarakat Kota Praya
¬ 2 Bulan kedua : Berpartisipasi dalam pameran-pameran
yang berhubungan dengan internet
¬ 2 Bulan ketiga
: Melakukan promosi-promosi yang sudah dibuat
Strategi pemasaran :
• Strategi Harga
Strategi harga dilakukan berdasarkan harga pasar, harga yang
ditetapkan adalah dibawah harga pasar dengan tetap menjaga kualitas usaha
(kelancaran dan kecepatan mengakses internet), dengan kata lain harga
diusahakan lebih rendah bila dibandingkan dengan pesaing.
• Strategi Promosi
1. Publikasi produk untuk promosi dilakukan dengan menjalin
kerjasama dengan pemilik operator telepon seluler yang memiliki akses internet
dimana perusahaan ini merupakan semacam inkubator bisnis bagi karya mahasiswa
yang layak untuk dikomersialisasikan, menjalin kerjasama dengan pihak-pihak
yang berkecimpung dalam dunia internet dan komputer, mengikuti sejumlah pameran
yang berhubungan dengan internet dan
komputer,dan ikut serta mengadakan beberapa pelatihan yang berhubungan dengan
internet.
1. Promosi penjualan
yang bisa dilakukan adalah penyebaran
brosur usaha, promosi dari mulut ke mulut, penekanan pada pendekatan
perorangan, dan mengikuti pameran-pameran.
2. Setiap pelanggan
yang menikmati fasilitas hotspot akan mendapatkan satu botol soft drink. Ini
adalah salah satu bentuk promosi yang dapat menyedot banyak pengunjung.
Analisis SWOT:
1. Strength : a.
Sedikit pesaing.
b. Modal untuk memulai usaha kecil.
c. Potensi usaha sangat besar di Praya.
d. Respon masyarakat Praya yang positif terhadap teknologi
internet.
2. Weekness : a. Usaha
terbilang baru.
b. Belum dikenal.
c. Jumlah tenaga pembantu
terbatas.
3. Opportunity: a. Dapat dengan mudah memasuki target pasar,
karena sedikit pesaing.
b. Keunggulan usaha ini yang lebih murah daripada menyewa di
warnet
c. Tarif yang lebih murah
4. Threath : a. Timbul usaha yang sejenis
b. Jaringan usaha yang belum luas
c. Kesediaan bahan baku yang terbatas karena harus
Jangan lupa, like, share dan comentnya jika ada masalah.. semoga bermanfaat
0 Response to "Proposal Progam Kreatifitas Mahasiswa"
Post a Comment