Makanan Khas Seluruh Provinsi Indonesia


Makanan-Makanan Khas Seluruh Provinsi Indonesia

Indonesia ialah negara yang kaya akan aneka budayanya. Sebenarnya di Indonesia terdapat 34 provinsi. Untuk kalian yang belum tahu, provinsi yang sangat baru ialah Kalimanan Utara. Banyaknya provinsi di Indonesia pastinya membuat kelaziman masyarakatnya pun pun berbeda. Bahasa khas, pakaian khas, dan makanan khas tiap provinsi berbeda.

Kali ini saya bakal membagi tidak banyak informasi mengenai makanan khas Indonesia tiap provinsi.

Makanan Khas Indonesia

1. Aceh

Terkenal dengan Mie Acehnya. Mie kuning tebal dengan irisan daging disajikan dalam sup sejenis kari yang gurih dan pedas. Makanan ini kaya bumbu dan nikmat abis!

2. Sumatera Utara

Makanan khas di Sumatera Utara terutama Medan ialah Bika Ambon. Bika Ambon ini enak banget! Kadang juga dipasarkan dengan rasa lain, laksana durian dan keju. Rasanya manis dan lembut.

3. Sumatera Barat

Sumatera Barat familiar dengan makanan Padang yang berasal dari kota Padang. Makanan yang tidak sedikit rempahnya ini memiliki rasa yang kuat. Rendang ialah salah satu masakan Padang yang menjadi favorit tidak sedikit orang Indonesia bahkan hingga luar negeri.

4. Jambi

Gulai Ikan Patin ialah masakan yang populer di masyarakat Jambi.Gulai ini dimasak dengan memakai tempoyak yakni daging buah durian yang sudah difermentasi. Tetapi ada beberapa orang yang memilih guna mengubah tempoyak dengan santan kelapa guna menghindari bau dan rasa tempoyak yanglumayan menyengat.

5. Bengkulu

Makanan khas Bengkulu ini tercipta dari ikan dibumbi dengan bumbu yangberbagai ragam. Pendap ini mempunyai rasa pedas dan gurih.

6. Riau

Gulai Belacan di antara masakan khas dari Riau, gulai ini diciptakan dengan kuah gabungan belacan atau terasi. Bahannya seringkali memakai udang atau ikan.


7. Kepulauan Riau

Otak-otak ialah salah satu makanan khas di Kepulauan Riau, baik di Batam, Tanjung Pinang, maupun di Pulau Penyengat. Di sini ada dua jenis otak-otak yakni otak-otak yang tercipta dari ikan dan dari cumi yang lebih pedas. Otak-otak ini dibalut dengan daun berwarna hijau sekalian dengan lidinya, yang kemudian dihanguskan dengan bara api. Bikin ketagihan!

8. Sumatera Selatan

Di Sumatera Selatan familiar makanan Pempek. Pempek tercipta dari ikan dan sagu. Penyajiannya ditemani dengan kuah coklat yang dinamakan cuko. Cuko tercipta dari air yang dididihkan, kemudian diperbanyak gula merah, udang ebi dan cabe rawit tumbuk, bawang putih, dan garam.

9. Bangka Belitung

Mie atau Mi Bangka ialah salah satu dari sekian tidak sedikit ciri khas masyarakat pulau bangka, tercipta dari mie basah (kuning) biasa yangdiguyur dengan kuah berbumbu yang seringkali terbuah dari ikan, udang, cumi, atau kepiting. dan biasanya ditambahi dengan toge atau kecambah, mentimun atau timun, dan kerupuk, lezat bila dihidangkan masa-masa masih panas, dan ditambahi rasa pedas dari cabe.

10. Lampung

Seruit ialah makanan khas provinsi Lampung, yakni masakan ikan yang digoreng atau dihanguskan dicampur sambel terasi, tempoyak (olahan durian) atau mangga.

11. Banten

Sate Bandeng adalahmakanan khas Banten. Berbeda dengan ikan bandeng biasa, daging sate bandeng lunak dan tidak bertulang. Sate bandengmemakai gula coklat dan santan. Karena kekhasannya, sate bandeng menjadi oleh-oleh dari Banten.

12. Jakarta

Kerak Telor ialah makanan asli wilayah Jakarta (Betawi), dengan bahan-bahan beras ketan putih, telur ayam, ebi (udang kering yang diasinkan) yang disangrai kering diperbanyak bawang merah goreng, kemudian diberi bumbu yang dihaluskan berupa kelapa sangrai, cabai merah, kencur, jahe, merica butiran, garam dan gula pasir. Saya telah pernah jajaki dan ini enak banget!

13. Jawa Barat

Serabi Kadang biasa dinamakan srabi tercipta dari tepung beras dan kuah cair manis. Manis dan menggugah selera!

14. Jawa Tengah

Lunpia ialah makanan khas Jawa Tengah terutama kota Semarang. Makanan ini mengandung rebung, telur, dan daging udang. Setelah dibungkus dapat dimakan langsung, dapat juga digoreng. Saya suda pernah santap lunpia di Semarang dan rasanya buat ketagihan!

15. D.I. Yogyakarta

Nasi Gudeg, makanan khas D.I. Yogyakarta yang tercipta dari nangka muda yang dimasak dengan santan. Gudeg dimakan dengan nasi dan disajikan dengan kuah santan kental (areh), ayam kampung, telur, tahu dan sambal goreng krecek. Mantap!

16. Jawa Timur

Rujak Cingur ialah salah satu makanan tradisional yang gampang ditemukan di wilayah Jawa Timur, terutama wilayah asalnya Surabaya. Cingur sendiri berrati mulut. Makanan ini memang menyajikan mulut sapi. Biasanya dihidangkan dengan sayuran lantas diberi bumbu yang tercipta dari olahan petis udang, air matang, gula/gula merah, cabai, kacang tanah yang digoreng, bawang goreng, garam dan irisan tipis-tipis pisang biji hijau yang masih muda (pisang klutuk). Rsanya sedap!

17. Bali

Salah satu makanan khas Bali ialah ayam betutu. Ayam betutu ialah lauk yang tercipta dari ayam yang utuh yang mengandung bumbu, lantas dipanggang dalam api sekam. Nikmat dan mantap!

18. Nusa Tengara Barat

Ayam Taliwang ialah makanan khas Lombok, Nusa Tenggara Barat yang berbahan dasar ayam yang disajikan bareng bumbu-bumbunya berupa cabai merah kering, bawang merah, bawang putih, tomat merah, terasi goreng, kencur, gula Jawa, dan garam. Biasanya disajikan bareng makanan khas Lombok lainnya laksana Plecing kangkung.

19. Nusa Tenggara Timur

Catemak Jagung ialah makanan khas Nusa Tenggara Timur. Catemak jagungialah makanan penutup yang tercipta dari jagung, labu lilin, dan kacang hijau yang dimasak dengan bumbu masak penyedap rasa. Rasanya asin namun lezat!

20. Kalimantan Barat

Bubur Pedas Sambas ialah makan khas dari distrik sambas di Kalimantan Barat. Meski nama makanan khas itu berbanderol kata “pedas” yang akan menciptakan pencinta kuliner yang tidak suka rasa pedas bergidik ngeri,ketika disuguhkan tentu akan mohon tambah lagi. Karena, bubur pedas ialah bubur yang tercipta dari gabungan sayur mayur dan saat diubah tidak terdapat dicampurkan bahan cabai sedikitpun.

21. Kalimantan Selatan

Soto Banjar ialah soto khas suku Banjar, Kalimantan Selatan dengan bahan utama ayam dan beraroma harum rempah-rempah laksana kayu manis, biji pala, dan cengkeh. Soto mengandung daging ayam yang telah disuwir-suwir, dengan ekstra perkedel atau kentang rebus, rebusan telur, dan ketupat. Melihatnya saja telah tidak tahan guna mencoba. Soto banjar enak dan mantap!

22.Kalimantan Tengah

Juhu Singkah ialah makanan khas masyarakat Dayak, Kalimantan Tengah, yangpaling lezat. Makanan ini dapat dijumpai di Kota Palangkaraya, Kalteng. Makanan yang tercipta dari umbut rotan ini lebih lezat bila dipadukan dengan ikan betok. Umbut rotan didapatkan warga dengan mencarinya di dekat hutan lokasi mereka tinggal.

23. Kalimantan Timur

Ayam Cincane ialah salah satu kuliner tumpuan di kota Samarinda. Biasanya, kuliner ini dijadikan hidangan utama saat masyarakat Samarinda menyelanggarakan pesta pernikahan atau acara menyambut tamu kehormatan. daging ayam dusun yang disajikan bareng bumbu berwarna kemerahan menjadi karakteristik tersendiri dari Ayam Cincane.

24. Sulawesi Selatan

Sup Konro ialah masakan sup iga sapi khas Indonesia yang berasal dari tradisi Bugis dan Makassar. Sup ini seringkali dibuat dengan bahan iga sapi atau daging sapi. Masakan berkuah warna coklat kehitaman ini biasa dimakan dengan ketupat kecil yang dipotong-potong terlebih dahulu. Warna gelap ini berasal dari buah kluwek yang memang berwarna hitam. Bumbunya relatif “kuat” dampak digunakannya ketumbar. Sup ini mantap abis!

25. Sulaweisi Tengah

Sup Ikan Jantung Pisang ialah makanan khas sulawesi tengah, Tepatnya di kota Palu. Makanan dengan cita rasa yang asam pedas yang segar ini,memakai ikan kakap sebagai bahan utama.

26. Sulawesi Tenggara

Lapa-Lapa ialah makanan khas sulawesi tenggara, lapa-lapa memiliki rasa yang guri dan enak, lagipula dikonsumsi dengan ikan kaholeonarore (ikan asin) semakin meningkatkan selerah makan.


27. Gorontalo

Binte Biluhuta ialah makanan khas Gorontalo. Makanan ini biasa pun disebut dengan milu siram, sebab terbuat dari milu (bahasa setempat berarti jajung). Makanan ini tercipta dari jagung, udang, kelapa separuh tua, belimbing sayur, daun bawang, daun kemangi, bawang merah, jeruk nipis.

28. Sulawesi Utara

Tinutuan atau Bubur Manado ialah makanan khas Indonesia dari Manado, ibukota Sulawesi Utara. Tinutuan adalah campuran sekian banyak  macam sayuran, tidak berisi daging. Tinutuan seringkali disajikan guna sarapan pagi beserta sekian banyak  pelengkap hidangannya.

29. Maluku

Ikan Asar ialah ikan cakalang atau tongkol yang dipanggang dengan asap. Karena proses pembuatannya diasap, terkadang disebut pun ikan asap.

30. Maluku Utara

Gohu Ikan ialah Salah satu masakan khas Ternate. Penyebutannya mesti lengkap: gohu ikan. Soalnya, kalau melulu disebut gohu, maka artinya ialah rujak pepaya muda yang pun populer di Sulawesi Utara. Gohu ikan khas Ternate diciptakan dari ikan tuna mentah. Tidak heran bila tidak sedikit orang menyebutnya sebagai sashimi Ternate.

31. Papua Barat

Ikan Bakar Manokwari ialah makanan khas Manokwari, Papua. Tidak laksana ikan bakar yang biasa anda temui di banyak sekali warung ataupun lokasi tinggal makan, ikan bakar ini mempunyai rasa khas yang dapat membuat lidah bergoyang sebab tambahan sambal khas Papua yang disiramkan di atasnya. Ikan yang biasa dijadikan bahan masakan ini ialah ikan tongkol.

32. Papua Timur

Papeda atau Bubur Sagu, adalah makanan pokok masyarakat Maluku dan Papua. Makanan ini ada di nyaris semua wilayah di Maluku dan Papua. Papeda diciptakan dari tepung sagu. Papeda seringkali disantap bareng kuah kuning, yang tercipta dari ikan tongkol atau ikan mubara dan dibumbui kunyit dan jeruk nipis.

33. Papua Tengah

Kue Sagu atau Bagea ialah kue yang berasal dari papua, bahan dasar penciptaan kue ini ialah tepung sagu. Kue sagu ini agak keras ketika digigit tetapi bila sudah terdapat di dalam mulut atau di celup ke airbakal cepat lunak/ lembek.

34. Kalimantan Utara

Di Kalimantan Utara terutama kota Tarakan, familiar dengan hidangan laut. Salah satu yang patut dicoba ialah Kepiting Soka. Kepiting ini dapat kita santap keseluruh unsur tubuhnya. Kepiting Soka mempunyai cangkang yang empuk sehingga dapat dimakan. Kepiting ini juga dapat dibikin camilan atau kerupuk.

Semoga Bermanfaat….

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Makanan Khas Seluruh Provinsi Indonesia"

Post a Comment