Makalah Sistem Respirasi Pada Ikan


MAKALAH SISTEM RESPIRASI PADA IKAN

BAB I
PENDAHULUAN
A.Latar Belakang
Setiap makhluk hidup memerlukan udara untuk bernapas. Udara tersebut masukkedalam tubuh melalui proses. Proses ini dinamakan respirasi. Respirasi adalah suatuproses perombakan bahan makanan dengan menggunakan oksigen, sehingga diperolehenergi dan gas CO2. Selain manusia hewan pun melakukan respirasi, respirasi padahewan juga terjadi dalam 2 fase. Ikan merupakan salah satu hewan yang memiliki sistempernafasan berbeda daripada makhluk lainnyaHewan Vertebrata telah memiliki sistem sirkulasi yang fungsinya antara lain untukmengangkut gas pernapasan (O2) dari tempat penangkapan gas menuju sel-sel jaringan.Begitu pula sebaliknya, untuk mengangkut gas buangan (CO2) dari sel sel jaringan ketempat pengeluarannya. Mekanisme pernapasan pada hewan Vertebrata beragam.Simaklah uraian di bawah ini agar Anda lebih memahami mekanisme pernapasan padahewan Vertebrata khususnya ikan.

Makalah Sistem Respirasi Pada Ikan

B.Tujuan
Adapun tujuan yang ingin diperoleh dalam pembuatan tugas paper ini adalah :
1.      Untuk mengetahui lebih mendalam tentang materi-materi pelajaran fisiologihewan air.
2.      Untuk mengetahui serta menambah wawasan tentang sistem respirasi hewan,khususnya sistem respirasi ikan

BAB II
PEMBAHASAN
A.  Pengertian Respirasi
Pengertian respirasi adalah suatu proses mulai dari pengambilan oksigen,pengeluaran karbohidrat hingga penggunaan energi di dalam tubuh. Menusia dalambernapas menghirup oksigen dalam udara bebas dan membuang karbon dioksida kelingkungan.

B.  Sistem Respirasi Pada Ikan
Ikan bernapas menggunakan insang. Insang berbentuk lembaran-lembaran tipisberwarna merah muda dan selalu lembap. Bagian terluar dari insang berhubungandengan air, sedang bagian dalam berhubungan erat dengan kapilerkapiler darah.Tiap lembaran insang terdiri dari sepasang filamen dan tiap filamen mengandungbanyak lapisan tipis (lamela). Pada filamen terdapat pembuluh darah yang memilikibanyak kapiler, sehingga memungkinkan O2 berdifusi masuk dan CO2 berdifusi keluar.

C.  Pernafasan pada Ikan
Pada ikan bertulang sejati (Osteichthyes) insangnya dilengkapi dengan tutup insang(operkulum), sedangkan pada ikan bertulang rawan (Chondrichthyes) insangnyatidak mempunyai tutup insang. Selain bernapas dengan insang, ada pula kelompokikan yang bernapas dengan gelembung udara (pulmosis), yaitu ikan paru-paru (Dipnoi). Insang tidak hanya berfungsi sebagai alat pernapasan, tetapi juga berfungsisebagai alat ekskresi garam-garam, penyaring makanan, alat pertukaran ion, danosmoregulator.
Insang merupakan organ terpenting dalam proses respirasi, didalam insang sendiriterdapat beberapa bagian penyusunnya. Berikut bagian-bagian penyusun dari insang:
1.      Tutup insang (operculum). Hanya terdapat pada ikan bertulang sejati, sedangkanpada ikan bertulang rawan, tidak terdapat tutup insang. Operculum berfungsimelindungi bagian kepala dan mengatur mekanisme aliran air sewaktu bernapas
2.      Membrane brankiostega (selaput tipis di tepi operculum), berfungsi sebagaikatup pada waktu air masuk ke dalam rongga mulut.
3.      Lengkung insang (arkus brankialis), sebagai tempat melekatnya tulang tapisinsang dan daun insang, mempunyai banyak saluran-saluran darah dan saluransyaraf
4.      Tulang tapis insang, berfungsi dalam sistem pencernaan untuk mencegahkeluarnya organisme makanan melalui celah insang.
5.      Daun (lembaran) insang, berfungsi dalam sistem pernapasan dan peredarandarah, tempat terjadinya pertukaran gas O2 dengan CO2.
6.      Lembaran (filamen) insang (holobran kialis) berwarna kemerahan.
7.      Saringan insang (tapis insang) berfungsi untuk menjaga agar tidak ada bendaasing yang masuk ke dalam rongga insang.
  Insang berbentuk lembaran-lembaran tipis berwarna merah muda dan selalu lembab. Bagian terluar dari insang berhubungan dengan air, sedangkan bagian dalam berhubungan erat dengan kapiler-kapiler darah. Tiap lembaran insang terdiri dari sepasang filamen, dan tiap filamen mengandung banyak lapisan tipis (lamela).Pada filamen terdapat pembuluh darah yang memiliki banyak kapiler sehinggamemungkinkan O2 berdifusi masuk dan CO2 berdifusi keluar. Insang pada ikanbertulang sejati ditutupi oleh tutup insang yang disebut operculum, sedangkaninsang pada ikan bertulang rawan tidak ditutupi oleh operculum.
Insang tidak saja berfungsi sebagai alat pernapasan tetapi dapat pula berfungsisebagai alat ekskresi garam-garam, penyaring makanan, alat pertukaran ion, danosmoregulator. Beberapa jenis ikan mempunyai labirin yang merupakan perluasanke atas dari insang dan membentuk lipatan-lipatan sehingga merupakan rongga-rongga tidak teratur. Labirin ini berfungsi menyimpan cadangan O2 sehingga ikantahan pada kondisi yang kekurangan O2. Contoh ikan yang mempunyai labirin adalahikan gabus dan ikan lele. Untuk menyimpan cadangan O2, selain dengan labirin, ikanmempunyai gelembung renang yang terletak di dekat punggung.

D.  Mekanisme Pernapasan Ikan
Mekanisme pernapasan pada ikan diatur oleh mulut dan tutup insang. Pada waktututup insang mengembang, membran brankiostega menempel rapat pada tubuh, sehingga air masuk lewat mulut. Sebaliknya jika mulut ditutup, tutup insang mengempis, rongga faring menyempit, dan membran brankiostega melonggarsehingga air keluar melalui celah dari tutup insang. Air dengan oksigen yang larut didalamnya membasahi filamen insang yang penuh kapiler darah dan karbon dioksidaikut keluar dari tubuh bersama air melalu celah tutup insang. Ikan juga mempuyaigelembung renang yang berfungsi untuk menyimpan oksigen dan membantugerakan ikan naik turun.Dalam mekanisme pernapsan ikan terdapat 2 fase yaitu :
1.      Fase Inspirasi IkanGerakan tutup insang ke samping dan selaput tutup insang tetap menempelpada tubuh mengakibatkan rongga mulut bertambah besar, sebaliknya celahbelakang insang tertutup. Akibatnya, tekanan udara dalam rongga mulut lebihkecil daripada tekanan udara luar. Celah mulut membuka sehingga terjadi aliranair ke dalam rongga mulut. Perhatikan gambar di samping.
2.      Fase Ekspresi IkanSetelah air masuk ke dalam rongga mulut, celah mulut menutup. Insang kembalike kedudukan semula diikuti membukanya celah insang. Air dalam mulutmengalir melalui celah-celah insang dan menyentuh lembaran-lembaran insang.Pada tempat ini terjadi pertukaran udara pernapasan. Darah melepaskan CO2 kedalam air dan mengikat O2 dari air. Pada fase inspirasi, O2 dan air masuk kedalam insang, kemudian O2 diikat oleh kapiler darah untuk dibawa ke jaringan- jaringan yang membutuhkan. Sebaliknya pada fase ekspirasi, CO2 yang dibawaoleh darah dari jaringan akan bermuara ke insang, dan dari insang diekskresikankeluar tubuh.

Sistem Pernapasan pada ikan bertulang rawan Insang ikan bertulang rawantidak mempunyai tutup insang (operkulum) misalnya pada ikan hiu. Masuk dankeluarnya udara dari rongga mulut, disebabkan oleh perubahan tekanan padarongga mulut yang ditimbulkan oleh perubahan volume rongga mulut akibatgerakan naik turun rongga mulut. Bila dasar mulut bergerak ke bawah, volumerongga mulut bertambah, sehingga tekanannya lebih kecil dari tekanan air disekitarnya. Akibatnya, air mengalir ke rongga mulut melalui celah mulut yangpada akhirnya terjadilah proses inspirasi. Bila dasar mulut bergerak ke atas,volume rongga mulut mengecil, tekanannya naik, celah mulut tertutup, sehinggaair mengalir ke luar melalui celah insang dan terjadilah proses ekspirasi CO2.Pada saat inilah terjadi pertukaran gas O2 dan CO2.
Sistem Pernapasan pada ikan paru-paru ( Dipnoi ) Pernapasan ikan paru-parumenyerupai pernapasan pada Amphibia. Selain mempunyai insang, ikan paruparu mempunyai satu atau sepasang gelembung udara seperti paru-paru yangdapat digunakan untuk membantu pernapasan, yaitu pulmosis. Pulmosis banyakdikelilingi pembuluh darah dan dihubungkan dengan kerongkongan oleh duktus   pneumatikus. Saluran ini merupakan jalan masuk dan keluarnya udara dari mulutke gelembung dan sebaliknya, sekaligus memungkinkan terjadinya difusi udarake kapiler darah.
Ikan paru-paru hidup di rawa-rawa dan di sungai. Ikan ini mampu bertahan hidupwalaupun airnya kering dan insangnya tidak berfungsi, karena ia bernapasmenggunakan gelem bung udara. Ada tiga jenis ikan paru-paru di dunia, yaituikan paru-paru afrika, ikan paru paru amerika selatan, dan ikan paru - paruqueensland (Australia).
Pada beberapa jenis ikan, seperti ikan lele, gabus, gurami, dan betok memilikialat bantu pernapasan yang disebut labirin. Labirin merupakan perluasan ke atasdalam rongga insang, dan membentuk lipatan-lipatan sehingga merupakanrongga-rongga tidak teratur. Rongga labirin berfungsi menyimpan udara (O2),sehingga ikan-ikan tersebut dapat bertahan hidup pada perairan yangkandungan oksigennya rendah. Selain dengan labirin, udara (O2) juga disimpandi gelembung renang yang terletak di dekat punggung.

BAB III
PENUTUP

A.  Kesimpulan
Dari penyampaian diatas, dapat dsimpulkan bahwa :
1.      Sistem respirasi ikan berbeda dari manusia.
2.      Proses sistem respirasi ikan merupakan proses pertukaran O2 dan CO2 yangterjadi secara difusi dari insang ke kapiler dan kemudian kapiler ke jaringan.


DAFTAR PUSTAKA

http://www.scribd.com/doc/96862625/Sistem-Respirasi-Ikan

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Makalah Sistem Respirasi Pada Ikan"

Post a Comment