Akibat Global Warming untuk Kehidupan di Bumi

Akibat Global Warming untuk Kehidupan di Bumi

Global warming atau tidak jarang disebut dengan pemanasan global akibatnya meleleh es kutup utara. Bumi adalah planet yang paling sempurna untuk makhluk hidup, yaitu manusia, hewan dan tumbuhan bilamana dibandingkan dengan planet lainnya. Ciri- ciri planet Bumi sangat menggambarkan bahwa Bumi adalah planet yang sempurna guna ditinggali. Bumi mempunyai sekian banyak  sumber daya alam yang bisa dimanfaatkan oleh makhluk hidup laksana air, sinar matahari, dan udara yang membludak yang dapat digunakan guna bernafas. Ada tidak sedikit sumber air yang ada di Bumi, laksana macam- macam laut, macam- macam danau, sungai, waduk, bendungan, dan beda sebagainya.

Kondisi di Bumi beserta seluruh sumber daya alam yang dimilikinya bakal menjadikan makhluk hidup gampang untuk mengisi kebutuhannya. Namun seiring dengan peradaban zaman, situasi di Bumi perlahan- lahan mulai berubah. Kemajuan teknologi menyebabkan insan semakin gampang untuk memenuhi keperluan hidupnya. Namun peradaban teknologi pula yang menyebabkan situasi Bumi perlahan- lahan mulai berubah. Salah satuevolusi yang dirasakan oleh Bumi terletak pada suhu. Suhu yang terdapat di Bumi makin lama makin panas. Kenaikan suhu rata- rata di Bumi inidinamakan sebagai peristiwa pemanasan global. Pada peluang kali inianda akan membicarakan mengenai pemanasan global, yaitu mengenaiakibat atau dampak dan juga teknik pencegahannya.

Akibat Global Warming untuk Kehidupan di Bumi

A. Akibat Pemanasan Global

Sudah menjadi rahasia umum sesungguhnya pemanasan global adalah salah satu situasi yang buruk untuk Bumi. Belakangan ini pemanasan global menjadi ancaman yang serius untuk Bumi dan pun makhluk hidup yang terdapat di dalamnya. Karena pemanasan global ini merupakan situasi yang paling buruk maka dapat dikatakan bahwa pemanasan global adalahsalah satu jenis bencana alam. Pemanasan global ini bisa memunculkan sekian banyak  macam akibat atau akibat. Hampir semua akibat atau dampak yang dimunculkan oleh pemanasan global merupakan dampak yang mempunyai sifat negatif.

Ada tidak sedikit sekali akibat pemanasan global mempunyai sifat negatif yang dapat dialami oleh Bumi, insan dan bahkan makhluk hidup lainnya di dunia ini dampak adanya pemanasan global. Dampak ini dapat dirasakan dalam kehidupan sehari- hari, baik yang disadarai oleh insan maupun yang tidak disadari oleh manusia. Beberapa akibat atau dampak yang bisa dirasakan dampak pemanasan global antara lain ialah sebagai berikut:

1. Mencairnya es yang sedang di kutub unsur utara dan kutub unsur selatan Bumi

Akibat pemanasan global yang kesatu yang akan anda bahas ialah mencairnya es yang sedang di kutub unsur utara dan pun kutub unsur selatan Bumi. Seperti yang anda ketahui bareng bahwasanya kutub unsur utara dan kutub unsur selatan Bumi ialah berupa es. Es yang berada dilokasi kutub volumenya lebih banyak dari pada yang berada di distrik bukan kutub Bumi.

Pemanasan global adalah peristiwa niknya suhu rata- rata yang terdapat Bumi. Kenaikan suhu ini akan mengakibatkan mencairnya es- es yangterdapat di Bumi, termasuk pun es yang terdapat di distrik kutub Bumi. Hal ini pasti saja akan menyebabkan berkurangnya volume es yang sedang di Bumi. Akibat selanjutnya ialah suhu di distrik kutub Bumi menjadi lebih hangat dan penguapan air menjadi lebih banyak.

2. Naiknya permukaan air laut

Pemanasan global akan mengakibatkan suhu rata- rata di Bumi menjadi meningkat. Memang eskalasi suhu ini tidak terjadi secara menyeluruh atau dengan kata beda berangsunr-angsur. Meski demikian eskalasi suhu rata- rata di Bumi ini dapat menyebabkan evolusi pada situasi global di Bumi. Adapun suhu rata- rata di Bumi ini pun tidak lepas dari suhu atmosfer Bumi yang meningkat.

Meningkatnya suhu rata- rata Bumi dan atmosfer Bumi ini akanmengakibatkan es di kutub menjadi cair, baik kutub Utara Bumi maupun kutub Selatan Bumi. Akibat mencairnya bongkahan es atau gunung es ini, air laut juga menjadi meningkat volumenya. Hal ini sebab es yang mencair bakal lari ke dalam lautan dan bakal menambah jumlah atau volume air laut. Ketika volume air laut bertambah, maka permukaan air laut juga menaik. Kasus eskalasi permukaan air laut sendiri sekitar abad 20 sudahmenjangkau 10 cm sampai 25 cm. Kemudian prediksi oleh lembaga IPCC, eskalasi air laut sampai abad 21 akan menjangkau 88 cm.

3. Banyaknya daratan yang tenggelam

Pemanasan global pada akhirnya bakal menyebabkan akibat yang berupa tenggelamnya daratan yang terdapat di Bumi. Hal ini khususnya menyerang pulau- pulau kecil dan pun daratan yang terdapat di pesisir pantai. Hal ini tidak lepas dari dua dampak pemanasan global yang telah diterangkan sebelumnya, yaitu mencairnya es di distrik kutub dan pun naiknya permukaan air laut.

Mencairnya es di kutub yang akan meningkatkan volume air laut dan mengakibatkan permukaan air laut ini menaik ini bakal menggeser garis permukaan pada pantai menjadi naik dan menciutkan distrik daratan yang bebas dari air. Akibatnya tidak sedikit pulau- pulai kecil yang akan terbenam atau permukaannya tertutup oleh air dan pun garis pantai menjadi naik. Garis pantai yang menik ini akan mengakibatkan daratan disebuah wilayah lebih sempit daripada semula.

4. Menipisnya lapisan ozon

Pemanasan global pun akan mengakibatkan masalah yang paling serius. Masalah serius yang akan ditimbulkan dari adanya pemanasan global diantaranya ialah menipisnya lapisan ozon yang menyelimuti Bumi. Seperti yang sudah kita ketahui bersama sesungguhnya lapisan ozon ini sangatlahurgen keberadaannya di Bumi sebab dapat mengayomi Bumi dari sekian banyak  macam ancaman buruk, laksana menyaring sinar ultraviolet yang bakal masuk ke permukaan Bumi sampai-sampai tidak langsung menyinari permukaan Bumi dan memberikan sekian banyak  dampak penyakit.

Pemanasan global yang menciptakan suhu rata- rata Bumi menjadi naik ini akan mengakibatkan lapisan ozon menjadi tipis dan bahkan berlubang. Apabila lapisan ozon berlubang maka sekian banyak  macam ancaman yang membahayakan bakal masuk ke Bumi. Hal ini berarti lapisan ozon tidakbakal menjalankan kegunaannya dengan semestinya. Dan saat lapisan ozon tidak bermanfaat dengan baik, maka Bumi bakal mendapatkan tidak sedikit kerugian dampak menipisnya lapisan ozon tersebut.

5. Terjadinya peralihan musim yang tidak teratur

Pemanasan global ini menciptakan suhu rata- rata di Bumi menjadi meningkat. Meningkatnya suhu rata- rata di Bumi ini tidak melulu membuat Bumi menjadi terasa lebih panas, tidak sedikit makhluk hidup yang mati, bahkan pun akan menciptakan pergantian musim menjadi tidak stabil. Pergantian musim yang tidak stabil ini menciptakan musim yang terdapat sebelumnya menjadi sulit ditebak pergantiannya. Terkadang satu musim lebih lama terjadi daripada musim yang lainnya.

Sebagai misal di Indonesia sendiri. Musim hujan dan pun musim kemarau pada dasarnya terjadi masing- masing sekitar enam bulan. Waktu berlangsungnya musim ini pun paling tertatur, yaitu musim hujan dari November – Maret dan musim kemarau dari Oktober – April. Namun adanya pemanasan global terkadang membuat eksistensi musim- musim itu menjadi tidak tertata dan susah sekali ditebak kapan terjadinya musim tersebut.

Akibatnya di Indonesia hujan turun di musim- musim yang biasanya dilangsungkan musim kemarau dan terkadang musim kemarau dilangsungkan terlalu lama dari pada biasanya. Hal ini bakal membawa sekian banyak  macam akibat buruk untuk manusia dan pun makhluk hidup lainnya, sebagai contoh ialah bencana kekeringan.

6. Terjadinya ketidakstabilan iklim

Pemanasan global mengakibatkan iklim yang terdapat menjadi tidak stabil dan pun sulit diprediksi. Iklim yang laksana ini susah sekali ditebak dan tidak seperti situasi iklim pada biasanya. Pada situasi pemanasan global ini situasi di kutub unsur utara Bumi lebih panas dan inimengakibatkan salju yang terdapat di distrik kutub Bumi menjadi mencair. Akibat pemanasan global berikut daerah- wilayah yang di sekitar kutub yang pada tadinya mengalami hujan salju enteng menjadi tidak lagi merasakan hujan salju ringan.

Hal ini diakibatkan karena di distrik kutub unsur utara Bumi inimemiliki lapisan ozon yang berlubang lebih banyak daripada situasi lapisan ozon di kutub selatan. Karena iklim yang tidak stabil dan lebih mengarah pada bertambahnya suhu ini, menyebabkan pada musim dingin suhu lebih bertambah daripada musim dingin sebelumnya. Hal ini akan dominan  pada penguapan air yang lebih banyak dan menyebabkan tidak sedikit wilayah yang merasakan kekeringan yang lebih panjang.

7. Produksi pertanian menjadi menurun

Dampak lainnya yang bakal dirasakan dampak pemanasan global ialah turunnya buatan pertanian masyarakat. Hal ini tidak terlepas dari akibat pemanasan global yang menciptakan iklim tidak stabil. Ketidakstabilan iklim ini akan menciptakan lamanya musim hujan dan kemarau menjadi susah diprediksi. Lamanya curah hujan turun menjadi berbeda-beda di masing-masing wilayahnya.

Lama tidaknya curah hujan ini akan memprovokasi produksi pertanian yang ada. Misalnya di Kanada, ketidakstabilan iklim menciptakan musim hujan di Kanada lebih panjang daripada biasanya. Sehingga buatan pertanian di Kanada bakal melimpah sebab masa tanam yang lebih panjang. Sebaliknya, di wilayah Afrika akan merasakan masa kekeringan dan musim tanam yang lebih pendek. Sehingga urusan ini akan mengakibatkan produksi pertanian menjadi menurun. Kenaikan suhu secara global ini mengakibatkan produksi pertanian menjadi turun sampai mencapai 4 persen masing-masing kali panen.

8. Terjadinya evolusi pola hidup hewan dan pun tumbuhan

Dampak selanjutnya dari pemanasan global ialah terjadinya evolusi pola hidup hewan dan pun tumbuh- tumbuhan. Wilayah Bumi yang mengalamieskalasi suhu rata- rata (terutama di distrik utara) menyebabkan tidak sedikit binatang bermigrasi menggali tempat yang lebih dingin (diwilayah selatan misalnya).

Sehingga urusan ini mengakibatkan di wilayah yang mempunyai suhu yang lebih dingin memiliki tidak sedikit hewan. Hal ini pun terjadi pada tumbuhan. Banyak tanaman yang mati sebab suhu di lokasi yang lamatelah memanas. Hal ini mengakibatkan tumbuhan mulai tumbuh di tempat-lokasi yang baru yang memiliki suhu yang lebih dingin. Kenaikan suhupun membuat tidak sedikit binatang dan tanaman yang mati. Banyak rerumputan dan tanaman sebagai produsen yang mati, sampai-sampai makanan alami yang terdapat pun bakal berkurang jumlahnya.

9. Menimbulkan tidak sedikit penyakit untuk manusia

Dampak selanjutnya yang dimunculkan dari pemanasan global ialah timbulnya sekian banyak  macam jenis penyakit untuk manusia. Banyak penyakit yang bisa timbulkan dari pemanasan global ini. Penyakit yang dapat dimunculkan tersebut antara beda stress, gangguan kardiovaskular,sampai stroke.

Di samping penyakit yang langsung hadir dari virus- virus yang bisa menyerang syaraf- syaraf di dalam tubuh, tidak sedikit juga penyakit yang dapat dimunculkan oleh sekian banyak  jenis binatang. Sebagai contoh ialah panyakit malaria dan pun demam berdarah yang dimunculkan oleh serangga jenis nyamuk. Binatang ini bakal berkembang biak dengan cepat seiring dengan bertambahnya suhu di permukaan Bumi. Oleh sebab itulah pemanasan global akan mengakibatkan perkembangan penyakit jenis ini menjadi merebak luas.

Itulah sekian banyak  macam dampak atau akibat buruk yang dapat dimunculkan dari adanya pemanasan global. Akibat- dampak tersebut merupakan dampak yang dialami oleh Bumi maupun makhluk hidup yangterdapat di dalamnya. Akibat dari pemanasan global memang mayoritas memang merupakan akibat yang mempunyai sifat negatif. Selain akibat yang telah dilafalkan di atas, masih tidak sedikit lagi akibat ataudampak yang dapat dimunculkan oleh pemanasan global ini baik yang anda sadari ataupun tidak anda sadari.

Jika pemanasan global semakin lama tidak segera ditangani dengan baik, maka urusan ini bisa riskan dan dapat semakin memperburuk suasana Bumi serta makhluk hidup yang bermukim di dalamnya. Oleh sebab itulah perluuntuk manusia guna mengupayakan sekian banyak  cara menangkal pemanasan global ini supaya dampaknya tidak terlampau menyebar luas.

B. Cara Mencegah Pemanasan Global

Pemanasan global adalah peristiwa yang tidak baik. Pemanasan global ini bisa menyebabkan sekian banyak  macam akibat yang negatif guna Bumi dan isinya, laksana yang sudah kita ketahui sebelumnya. Oleh sebab itulah sebagai insan yang menjadi penghuni Bumi, anda wajib mengayomi dan mengawal kesehatan Bumi, termasuk pun melindungi Bumi dari adanya pemansan global. Ada sekian banyak  macam teknik yang dapat saya dan anda lakukan untuk menangkal atau mengurangi terjadinya pemanasan global ini. Cara atau teknik yang bisa dilakukan dapat dari diri kita individu maupun berkelompok. Beberapa teknik yang dapat dilaksanakan untuk menangkal terjadinya pemanasan global antara lain ialah sebagai berikut:

1. Upaya yang dapat dilaksanakan secara pribadi

a.         Menghemat listrik
Upaya kesatu yang dapat saya dan anda lakukan secara individu untuk menangkal terjadinya pemanasan global ialah menghemat listrik. Hal inisebab untuk memproduksi listrik kita memakai fosil sebagai bahan bakar. Ketika memakai fosil sebagai bahan bakar maka urusan ini bakal memproduksi gas- gas yang dapat mengakibatkan pemanasan global.

Sehingga saat kita memakai listrik dengan boros, maka kita menyokong produksi listrik secara berlebihan yang pada akhirnya mengakibatkan terjadinya pemanasan global. Cara menghemat listrik yang dapat saya dan anda lakukan diantaranya ialah mematikan perlengkapan yang beroperasimemakai listrik bilamana tidak dipakai lagi. Selain tersebut kita jugadapat mencabut chrager hp, laptop, maupun yang lainnya.

b.         Menanam pohon
Upaya selanjutnya yag dapat saya dan anda lakukan untuk menangkal pemanasan global selanjutnya ialah dengan menempatkan pepohonan. Pepohonan sangat diperlukan untuk memproduksi gas-gas yang diperlukan oleh Bumi. Gas yang bisa diproduksi oleh pepohonan laksana Oksigen.
Oksigen sangat diperlukan oleh Bumi guna mentralisir situasi di Bumi supaya tidak terlampau panas. Oksigen bakal memerangi gas- gas yang menciptakan Bumi menjadi panas sampai-sampai udara di Bumi menjadi lebih segar. Ketika stock Oksigen di Bumi ini melimpah, maka urusan ini bakal gas- gas yang mengakibatkan pemanasan global tidak bakal bekerja secara maksimal. Hal ini pasti saja akan mengakibatkan lambatnya pemanasan global ini.

c.          Membiasakan memakai transportasi umum
Dengan kita membudayakan diri memakai sarana transportasi umum, maka intensitas polusi udara yang dimunculkan dari kendaraan bakal berkurang. Seperti yang anda ketahui bersama sesungguhnya polusi yang didapatkan oleh kendaraan dapat mengakibatkan pemanasan global. Sehingga bilamana masyarakat membudayakan diri mengemudikan transportasi umum, urusan ini akan menciptakan kendaraan yang beredar di masyarakat menjadi berkurang jumlahnya dan otomatis meminimalisir produksi gas-gas penyebab pemanasan global.

d.         Mengganti bahan bakar dengan bahan bakar yang ramah lingkungan
Upaya anda mengubah bahan bakar kendaraan dengan bahan bakar yang ramah lingkungan pun akan mengurangi terjadinya pemanasan global. Bahan bakar yang ramah lingkungan tidak akan mengakibatkan timbulnya gas- gas yangriskan dan mengakibatkan pemanasan global. Oleh sebab itulah bilamana kita tetap hendak menggunakan kendaraan, maka kita dapat menggunakan bahan bakar yang ramah lingkungan supaya tidak memunculkan pemanasan global.

e.         Mengganti bahan pembersih dengan pembersih yang ramah lingkungan
Tidak melulu bahan bakar kendaraan saja yang dapat memunculkan gas- gas pemanasan global. Bahan pembersih lokasi tinggal tangga yang dipakai sehari- hari pun pun dapat memunculkan gas- gas penyebab pemanasan global. Maka dari itulah kita memerlukan bahan- bahan pembersih yang alami dan ramah lingkungan supaya tercipta lingkungan yang asri dan bebas pemanasan global.

2. Upaya yang dapat dilakukan secara kolektif

a.         Melestarikan hutan
Hutan adalah rumah untuk banyak sekali jenis pohon dan pun binatang. Seperti yang anda ketahui sebelumnya bahwa pohon sangatlah urgen untuk mengurangi sekian banyak  hal yang sehubungan dengan penyebab pemanasan global. Adanya pepohonan dalam jumlah besar bakal sangat menolong mengurangi polusi udara yang terdapat di Bumi yang mengakibatkan terjadinya pemanasan global. Pepohonan di hutan bakal menetralisirsituasi udara yang terdapat di Bumi bahkan yang sudah tercemar sekalipun anda harus memiliki teknik menjaga kelestarian hutan.

b.         Menggunakan energi alternatif
Penggunaan energi pilihan yang aman perlu dilaksanakan oleh sebuah negara. Energi pilihan secara kolektif bakal sangat menolong mengurangibuatan gas- gas lokasi tinggal kaca. Penggunaan energi pilihan inidapat dilakukan dalam buatan listrik. Kita dapat mengganti pemakaian fosil dan berpindah menggunakan energi- energi yang alami laksana energi matahari, air, angin, dan beda sebagainya.

c.          Mengurangi pemakaian CFC
CFC adalah jenis gas yang sangat menolong terjadinya pemanasan global. Maka dari itulah CFC butuh diminimalisir pemakaiannya supaya terjadinya pemanasan global menjadi berkurang. CFC dapat didapatkan dari pemakaiansekian banyak  peralatan elektronik, diantaranya ialah hair dryer, air conditioner atau AC dan pun lemari pendingin.

Bila anda lihat dari faedah alat perangkat pendingin, mereka memangdapat membuat udara selama menjadi segar. Namun dibalik tersebut semua kita dapat menemukan bahwa efek samping pemakaian alat- perangkat tersebut ialah munculnya gas- gas CFC dan penyebab pemanasan global lainnya. Maka dari itulah anda harus mengurangi pemakaian alat-perangkat yang mengakibatkan timbulnya gas- gas tersebut.


Itulah sejumlah upaya yang dapat saya dan anda lakukan untuk menangkal terjadinya pemanasan global. Upaya pencegahan itu dapat saya dan anda lakukan secara individu maupun bersama- sama atau secara kolektif. Apabila anda tidak melakukan upaya- upaya tersebut, maka yang anda dapatkan hanyalah pemanasan global yang semakin parah. Kita sebagai insan memang yang mesti menjaga situasi di Bumi ini. Hal ini di antara alasannya ialah karena manusia pun yang temasuk menimbulkan kehancuran yang terdapat di Bumi. Maka dari itulah keharusan manusia guna mengembalikannya ke situasi semula.

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Akibat Global Warming untuk Kehidupan di Bumi"

Post a Comment