Dampak Global Warming Terhadap Lingkungan Sekitar

Dampak Global Warming Terhadap Lingkungan Sekitar

Pemanasan global adalah sebuah peristiwa alam yang terjadi dalam jangkamasa-masa yang lama. Pemanasan global ini adalahsuatu peristiwa dimana suhu rata- rata pada atmosfer, laut, maupun daratan Bumi merasakan peningkatan. Banyak akibat yang tidak sedikit ditimbulkan dari adanya pemanasan global. Dampak yang dimunculkan ini lebih tidak sedikit berupa akibat negatif.

Dampak Global Warming Terhadap Lingkungan Sekitar

Ada tidak sedikit sekali akibat buruk yang dapat dimunculkan dari adanya penyebab pemanasan global. Beberapa akibat sudah dapat disaksikan dari sekarang, namun sejumlah dampak akan dapat dilihat dalam jangka panjang. Beberapa akibat negatif atau bahaya pemanasan global antara lainialah sebagai berikut:

1.            Meningkatnya suhu air laut
Akibat atau bahaya dari pemanasan global yang kesatu ialah meningkatnya suhu air laut. Pemanasan global akan menciptakan suhu udara yang terdapat di bumi menjadi bertambah (lebih panas). Suhu yang panas ini bakal menyebabkan sejumlah hal yang terdapat di bumi pun akan merasakan perubahan menjadi panas. Salah satu benda yang bakal megalami peribahan suhu menjadi panas ialah air laut. Air laut ini bakal meningkat suhunya menjadi panas daripada sebelumnya. Sehingga bilamana kita mencocokkan tingkat suhu air laut sejarang bila dibandngkan yang dulu maka bakal lebih dingin suhu air laut yang dulu.

2.            Meningkatkan terjadinya badai
Pemanasan global ini akan menambah terjadinya badai. Hal ini telah diajukan oleh sekian banyak  peneliti. Terjadinya pemanasan global ini secara signifikan akan menambah frekuensi terjadinya badai. Badai yang terjadi ini dapat badai yang terdapat di laut maupun badai yangterdapat di daratan.

3.            Melelehnya es di kutub
Efek buruk atau akibat buruk yang diakibatkan kerana adanya pemanasan global ialah melelehnya es yang sedang di kutub unsur utara dan kutubunsur selatan bumi. Melelehnya es ini diakibatkan karena adanya penambahan suhu pada udara dan pun air laut. Ketika suhu udara dan air laut bertambah menjadi lebih panas, maka urusan ini akan merangsang es di kutub unsur utara dan unsur selatan bumi menjadi panas juga. Olehsebab sifat es yang gampang mencair saat suhu panas, maka dari itu, gunung es itu akan mencair. Sehingga urusan ini akan mengakibatkan terjadinya pengurangan volume es yang terdapat di kutub bumi.

4.            Meningkatnya permukaan air laut
Pemanasan global pun akan membawa akibat buruk pada air laut. Cepat atau lambat pemanasan global akan dominan  pada bertambahnya permukaan air laut tersebut. Akibat adanya pemanasan global, es yang sedang di kutubunsur utara dan unsur selatan bumi bakal mencair menjadi air dan airitu akan melebur dan bercampur dengan air yang sedang di lautan. Air es yang melebur dengan air laut itu sudah tentu akan meningkatkan jumlah atau volume air laut. Dan urusan tersebut akan menambah permukaan air laut.

5.            Terjadinya banjir
Pemanasan global pun membawa akibat buruk berupa terjadinya penyebab banjir. Terjadinya banjir ini khususnya jenis banjir rob, yaitu banjir yang diakibatkan karena meluapnya air laut sampai menuju ke daratan. Air laut yang meluap ini tidak lepas sebab adanya lelehan es yang terdapat di kutub yang mengakibatkan volume air laut menjadi meningkat. Meningkatnya permukaan air laut ini secara cepat atau lambat akan mengakibatkan terjadinya banjir, terlebih andai air laut merasakan pasang. Kasus banjir ini telah terjadi di sejumlah tempat. Dalamsejumlah tahun terakhir ini kita sudah mengetahui permasalahan terjadinya banjir besar yang menimpa sekian banyak  belahan dunia. Bahkan diduga banjir bandang pun akan terjadi dalam jangka panjang.

6.            Punahnya sekian banyak  spesies tumbuhan dan fauna
Kaitan antara penamasan global dengan punahnya spesies tumbuhan dan hewan ini memang susah untuk dipikir secara logika. Namun urusan ini sudah diperlihatkan oleh semua peneliti. Para peneliti yang telah mengerjakan penelitian mengaku bahwa dalam jangka panjang, pemanasan global ini akan mengakibatkan gangguan pada kelangsungan hidup makhluk hidup, terutama tumbuhan dan fauna. Jika kelangsungan hidup tumbuhan dan fauna bilamana mengalami gangguan, maka lama kelamaan pun akan memprovokasi kelangsungan hidup manusia. Hal ini sebab manusia ialah tipe makhluk hidup yang tidak bisa hidup tanpa makhluk hidup lainnya.

7.            Hilangnya sekian banyak  terumbu karang
Dampak jangka panjang yang diakibatkan karena adanya pemanasan global ialah menghilangnya populasi terumbu karang. Hal ini merupakan bisa jadi terjelek yang bakal terjadi. Pernyataan laksana ini diungkapkan oleh World Wide Fund for Nature (WWF). Kondisi laksana ini dapat terjadididuga pada tahun 2100 seiring dengan bertambahnya temperatur serta keasaman pada air laut. Yang terjadi kini ini, telah ada sejumlah dampak yang menyerang terumbu karang. Dampak yang tampak ini ialah terumbu karang merasakan pemutihan atau biasa dinamakan bleaching. Dampak negatif yang bisa timbul sebab punahnya terumbu karang ialah tidakseimbangnya ekosistem yang terdapat di laut yang akan mengakibatkan kepunahan tumbuhan dan hewan laut.

8.            Terjadinya krisis air bersih
Pemanasan global secara tidak langsung akan mengakibatkan terjadinya krisis air bersih. Terjadinya krisis air bersih ini tidak lepas dari adanya akibat meluapnya air laut. Krisis air bersih ini akan menakut-nakuti kehidupan insan dan pun makhluk hidup lainnya. Hal ini sebab air bersih adalah tonggak terjadinya kehidupan makhluk hidup.

9.            Merebaknya wabah penyakit
Salah satu akibat negatif yang dimunculkan dampak adanya pemanasan global ialah merebaknya wabah penyakit. Salah satu penyakit yang merebaksebab pemanasan global ialah penyakit malaria. Memang secara medis penyakit malaria ini diakibatkan karena satu jenis nyamuk. Namun penularan penyakit ini salah satunya diprovokasi kerana adanya pemanasan global.

10.          Banyak pulau bakal menghilang
Sudah diterangkan sebelumnya bahwa salah satu akibat yang palinggampang kelihatan yang dimunculkan oleh pemanasan global ialah mencairnya es yang sedang di kutub unsur utara dan kutub unsur selatan bumi, yang lantas akan dapat meningkatkan volume air yangterdapat di dalam laut dan pun menyebabkan banjir. Meluapnya air laut ini akan mengakibatkan pulau- pulau terendam yang lama- kelamaan akanmengakibatkan pulau itu berkurang luasnya atau bahkan terbenam (terutama pulau- pulau yang berukuran kecil).

11.          Menyusutnya tubuh binatang
Kondisi suhu global yang semakin menghangat tanpa sadar bakal membawaakibat tersendiri untuk makhluk hidup, khususnya spesien hewan tertentu. Salah satu akibat yang bisa ditimbulkan ialah adanya penyempitan massa pada hewan tertentu. satu contoh hewan yang kehilagan sejumlah persen dari massa tubuhnya ialah jenis kambing yang hidup di Skotlandia. Bahkan terdapat studi teranyar yang mengkaji adanya penurunan massa tubuh dari hewan rata- rata sebesar 50% sekitar 30 tahun terakhir. Hal ini diakibatkan karena evolusi ekologi pada pemanasan global.

12.          Pegunungan Alpen meleleh
Pegunungan Alpen adalahsalah satu pegunungan yang tidak sedikit mempunyai stok salju. Pemanasan global secara tidak langsung bakal menghilangkan salju- salju di pegunungan Alpen ini. pasti saja urusan ini terjadi dalam jangka panjang. Yang terlihat kini ini tidak sedikit ada gletser- gletser ketida datang musim hangat atau kemarau. Bahkan slju yang berada di elevasi rendah sudah tidak sedikit yang berkurang.

13.          Meningkatkan perbuatan terorisme
Meningkatnya terorisme ini barangkali saja menjadi akibat yang tidak langsung dampak pemanasan global. Pemanasan global akan mengakibatkan terjadinya migrasi besar- besaran. Untuk orang yang suasana ekonominya tidak stabil atau rendah, urusan ini memaksa menreka untuk melakukan jahat demi menemukan temoat bermukim baru di negara yang iklimnya lebih stabil. Hal ini pasti saja dapat merangsang terjadinya perbuatan terorisme.

14.          Hutan pulang menjadi padang pasir
Pemanasan global bakal mengaibatkan alih faedah hutan sebagai penyerap karbon yang akan mengolah hutan hujan menjadi padang savana yang kering sebesar 30 sampai 60%. Akibat ini bakal terjadi dalam jangka masa-masa yang panjang.

15.          Terjadinya Kabut Asap
Salah satu akibat atau bahaya dari adanya pemanasan global ialah mendorong semakin banyaknya kabut asap yang terdapat di distrik atmosfer bumi. Peningkatan jumlah kabut asap ini bakal membawa akibat yangpaling serius untuk kelangsungan hidup makhluk hidup yang terdapat di bumi, baik tersebut menimbulkan penyakit maupun kematian.

16.          Terjadinya kebakaran hutan
Suhu dunia yang merasakan peningkatan bakal dapat menambah resiko terjadinya kebakaran hutan semakin berlipat ganda. Bukan melulu kebakaran hutan yang diakibatkan karena alami pemanasan, namun pun memicu semakin merebak luasnya kebakaran hutan yang dirangsang di satu titik. Akibatnya hutan akan merasakan kegundulan.
Itulah sejumlah bahaya pemanasan global. Dampak itu dapat berupa akibat jangka pendek maupun jangka panjang. Dampak itu akan semakin terealisasibilamana tidak terdapat upaya penanganan pemanasan global.

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Dampak Global Warming Terhadap Lingkungan Sekitar"

Post a Comment