Beberapa Hal Penting Pendidikan Anak Usia Dini dan Menurut Para Ahli
Beberapa Hal Penting Pendidikan
Anak Usia Dini dan Menurut Para Ahli
Saat si Kecil menginjak usia pra sekolah, Mam barangkali mulaiberanggapan untuk mendaftarkannya ke
playgroup atau kumpulan bermain.
Tetapi, apakah Mam sudah mengetahui tujuan
utama menyerahkan si Keciledukasi anak umur dini?
Sebelumnya, Mam perlu memahami bahwa semenjak tahun 2016, Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan RI mengharuskan setiap anak untuk mengekor pendidikan anak umur dini (PAUD) paling tidak sekitar setahun, sebelum
masuk jenjang sekolah dasar (SD). PAUD
dirasakan sebagai langkah pentinguntuk perkembangan masing-masing anak. Prof. Dr. Lydia
Freyani Hawadi, Direktur Jenderal Pendidikan Anak Usia Dini, Nonformal dan
Informal (PAUDNI), yang biasa disapa Prof. Reni mengatakan, pekerjaan di PAUD dapat menyerahkan rangsangan atau stimulasi edukasi yang cocok denganetape tumbuh
kembang anak umur pra sekolah.
Beberapa Hal Penting Pendidikan Anak Usia Dini dan Menurut Para Ahli |
Pendidikan yang diserahkan untuk anak umur 3-6 tahun tidak melulu bertujuan memperkenalkan anak pada bidang-bidang latihan ataupun melatihnya
berinteraksi dengan anak sebaya. Lebih jauh dari itu, PAUD memiliki faedah utama mengembangkan seluruh aspek pertumbuhan anak,mencakup
perkembangan kognitif, bahasa,
jasmani (motorik kasar dan halus), sosial dan emosional. Agar lebih
jelas, simak sekian banyak manfaat yang akan dialami oleh si Kecil sesudah mendapatkan edukasi di playgroup atau TK berikut:
Memperkenalkan anak pada dunia
sekolah
Pengalaman belajar di PAUD akan menolong anak guna lebih siap dalam menerima latihan formal di bangku
edukasi selanjutnya (SD). Hal ini yang menjadi salah satu dalil UNESCO merekomendasikan masing-masing anak mendapatkan edukasi anak umur dini pada umur pra
sekolah.
Lingkungan belajar di sekolah
tentu bertolak belakang dengan
lingkungan di rumah. PAUD bisa menjembatani
perbedaan keadaan di kedua lokasi tersebut. Si Kecil bakal belajar berinteraksi dengan
anak sebayanya,mengekor aturan
yang diputuskan di playgroup
atau TK, belajar beradaptasi dengan rutinitas, dan sebagainya. Anak yang
sebelumnya mendapatkan edukasi di
PAUD tidak jarang kali memiliki keterampilan yang lebih baik dalam
berkomunikasi ketika sekolah.
Hal ini disebabkan ia telah terbiasa guna bermain, belajar,
sampai makan bareng denganrekan yang mempunyai usia sebaya.
Membiasakan anak terhadap pekerjaan terstruktur
Meski bukan lembaga edukasi formal, namun, pekerjaan yangdiselenggarakan di playgroup atau TK dirancang khusus supaya sesuai dengan faedah pendidikan anak umur dini. Salah satu tujuannya ialah melatih anak supaya terbiasa terhadap rutinitas
dan kegiatan-kegiatan terstruktur. Misalnya, anak bakal belajar berolahraga, berbaris,merangkai puzzle, dan sebagainya.
Mengajari anak guna disiplin dan mengekor peraturan
Di rumah, si Kecil pasti terbiasa bermain sesuka hati. Ia pun mungkintelah terbiasa mengekor “aturan”
yang Mam tetapkan, yang seringkali tergolong
lentur dikomparasikan “aturan”
yang ada di luar rumah. Nah,umur pra sekolah ialah saat yang tepat baginya guna belajar mengekor pola pekerjaan maupun
aturan beda di luar rumah.
Mengikuti pekerjaan pendidikan
anak umur dini bakal melatihnya beradaptasi dengan
lingkungan baru dan ketentuan baru.
Ia pun akan belajar berbagi,
mengantre, menunggu, dan mengetahui bahwa
ternyata tidak seluruh hal yang
ia inginkan dapat ia dapatkan.
Dengan begitu, ia tidak bakal kaget
atau stres ketika masuk SD dan mesti belajar dalam kondisi yang paling terstruktur dan menuntut kedisiplinan.
Menumbuhkan khayalan dan kreativitas
Anak umur dini belajar dengan
teknik bermain. Lembaga-lembaga penyediaedukasi anak umur dini
adalahtempat yang tepat guna memfasilitasikeperluan si Kecil tersebut. Bila si
Kecil belajar dalam keadaan yang
menyenangkan, bakal lebih gampang baginya guna menyerap sekian banyak bimbingan
yang diberikan. Di samping mempelajari sekian banyak keterampilan dasar untuk menyimak dan menulis, si Kecil pun akan mendapatkan tidak sedikit rangsangan yang bakal memancing khayalan dan kreativitasnya.
Menanamkan nilai-nilai positif
Program pekerjaan yang
diselenggarakan di lembaga-lembaga edukasi anakumur dini pun bertujuan menanamkan nilai-nilai
positif, laksana kejujuran,
toleransi, berbagi, dan sebagainya. Pada
umur pra sekolah, anak belajar dengan teknik bermain. Maka dari itu, pekerjaan yangdilaksanakan
di playgroup dan TK dirancang layaknya permainan, walau sebenarnya menyimpan maksud pembelajaran tertentu. Melalui sekian banyak permainan tersebut, si Kecil bakal belajar mengenai sopan santun,memuliakan
orang lain, berbagi dengan orang lain, pentingnya bersikap jujur, dan
lain-lain.
Membentuk dasar jati diri anak
Pada fase golden years, benak anak merasakan perkembangan yang paling pesat. Pengalaman yang didapat si Kecil di periode ini
turut menyusun kepribadiannya dan bakal memengaruhi sosoknya sampai kelak ia dewasa. Maka dari
itu, Prof. Reni mengingatkan, edukasi karakter
memang usahakandibuka sejak
dini. Melalui edukasi anak umur dini, si Kecil bakal mendapatkan sekian banyak contoh dan pekerjaan positif yang
bakal ia ingat dan praktikkan dalam kehidupannya.
Nah, sekarang Mam paham bahwa
mengikutsertakan si Kecil ke PAUD memberikan tidak sedikit manfaat. Pastikan pembelajaran yang ia bisa di PAUD selaras dengan yang Mam
ajarkan di rumah, ya. Sebab, walau pendidikan
anak umur dini dominan penting untuk perkembangan si Kecil, namun,
peran Mam dan Pap sebagai pendidik utama
untuk anak tetapmustahil tergantikan.
Sumber:
paud-dikmas.kemdikbud.go.id/segment/19.html
0 Response to "Beberapa Hal Penting Pendidikan Anak Usia Dini dan Menurut Para Ahli"
Post a Comment