Beberapa Hal Penting Pendidikan Anak Usia Dini dan Menurut Para Ahli

Beberapa Hal Penting Pendidikan Anak Usia Dini dan Menurut Para Ahli

Saat si Kecil menginjak usia pra sekolah, Mam barangkali mulaiberanggapan untuk mendaftarkannya ke playgroup atau kumpulan bermain. Tetapi, apakah Mam sudah mengetahui tujuan utama menyerahkan si Keciledukasi anak umur dini?

Sebelumnya, Mam perlu memahami bahwa semenjak tahun 2016, Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan RI mengharuskan setiap anak untuk mengekor pendidikan anak umur dini (PAUD) paling tidak sekitar setahun, sebelum masuk jenjang sekolah dasar (SD). PAUD dirasakan sebagai langkah pentinguntuk perkembangan masing-masing anak. Prof. Dr. Lydia Freyani Hawadi, Direktur Jenderal Pendidikan Anak Usia Dini, Nonformal dan Informal (PAUDNI), yang biasa disapa Prof. Reni mengatakan, pekerjaan di PAUD dapat menyerahkan rangsangan atau stimulasi edukasi yang cocok denganetape tumbuh kembang anak umur pra sekolah.

Beberapa Hal Penting Pendidikan Anak Usia Dini dan Menurut Para Ahli

Pendidikan yang diserahkan untuk anak umur 3-6 tahun tidak melulu bertujuan memperkenalkan anak pada bidang-bidang latihan ataupun melatihnya berinteraksi dengan anak sebaya. Lebih jauh dari itu, PAUD memiliki faedah utama mengembangkan seluruh aspek pertumbuhan anak,mencakup perkembangan kognitif, bahasa, jasmani (motorik kasar dan halus), sosial dan emosional. Agar lebih jelas, simak sekian banyak  manfaat yang akan dialami oleh si Kecil sesudah mendapatkan edukasi di playgroup atau TK berikut:

Memperkenalkan anak pada dunia sekolah

Pengalaman belajar di PAUD akan menolong anak guna lebih siap dalam menerima latihan formal di bangku edukasi selanjutnya (SD). Hal ini yang menjadi salah satu dalil UNESCO merekomendasikan masing-masing anak mendapatkan edukasi anak umur dini pada umur pra sekolah.

Lingkungan belajar di sekolah tentu bertolak belakang dengan lingkungan di rumah. PAUD bisa menjembatani perbedaan keadaan di kedua lokasi tersebut. Si Kecil bakal belajar berinteraksi dengan anak sebayanya,mengekor aturan yang diputuskan di playgroup atau TK, belajar beradaptasi dengan rutinitas, dan sebagainya. Anak yang sebelumnya mendapatkan edukasi di PAUD tidak jarang kali memiliki keterampilan yang lebih baik dalam berkomunikasi ketika sekolah. Hal ini disebabkan ia telah terbiasa guna bermain, belajar, sampai makan bareng denganrekan yang mempunyai usia sebaya.

Membiasakan anak terhadap pekerjaan terstruktur

Meski bukan lembaga edukasi formal, namun, pekerjaan yangdiselenggarakan di playgroup atau TK dirancang khusus supaya sesuai dengan faedah pendidikan anak umur dini. Salah satu tujuannya ialah melatih anak supaya terbiasa terhadap rutinitas dan kegiatan-kegiatan terstruktur. Misalnya, anak bakal belajar berolahraga, berbaris,merangkai puzzle, dan sebagainya.

Mengajari anak guna disiplin dan mengekor peraturan

Di rumah, si Kecil pasti terbiasa bermain sesuka hati. Ia pun mungkintelah terbiasa mengekor “aturan” yang Mam tetapkan, yang seringkali tergolong lentur dikomparasikan “aturan” yang ada di luar rumah. Nah,umur pra sekolah ialah saat yang tepat baginya guna belajar mengekor pola pekerjaan maupun aturan beda di luar rumah. Mengikuti pekerjaan pendidikan anak umur dini bakal melatihnya beradaptasi dengan lingkungan baru dan ketentuan baru. Ia pun akan belajar berbagi, mengantre, menunggu, dan mengetahui bahwa ternyata tidak seluruh hal yang ia inginkan dapat ia dapatkan. Dengan begitu, ia tidak bakal kaget atau stres ketika masuk SD dan mesti belajar dalam kondisi yang paling terstruktur dan menuntut kedisiplinan.

Menumbuhkan khayalan dan kreativitas

Anak umur dini belajar dengan teknik bermain. Lembaga-lembaga penyediaedukasi anak umur dini adalahtempat yang tepat guna memfasilitasikeperluan si Kecil tersebut. Bila si Kecil belajar dalam keadaan yang menyenangkan, bakal lebih gampang baginya guna menyerap sekian banyak  bimbingan yang diberikan. Di samping mempelajari sekian banyak  keterampilan dasar untuk menyimak dan menulis, si Kecil pun akan mendapatkan tidak sedikit rangsangan yang bakal memancing khayalan dan kreativitasnya.

Menanamkan nilai-nilai positif

Program pekerjaan yang diselenggarakan di lembaga-lembaga edukasi anakumur dini pun bertujuan menanamkan nilai-nilai positif, laksana kejujuran, toleransi, berbagi, dan sebagainya. Pada umur pra sekolah, anak belajar dengan teknik bermain. Maka dari itu, pekerjaan yangdilaksanakan di playgroup dan TK dirancang layaknya permainan, walau sebenarnya menyimpan maksud pembelajaran tertentu. Melalui sekian banyak  permainan tersebut, si Kecil bakal belajar mengenai sopan santun,memuliakan orang lain, berbagi dengan orang lain, pentingnya bersikap jujur, dan lain-lain.

Membentuk dasar jati diri anak

Pada fase golden years, benak anak merasakan perkembangan yang paling pesat. Pengalaman yang didapat si Kecil di periode ini turut menyusun kepribadiannya dan bakal memengaruhi sosoknya sampai kelak ia dewasa. Maka dari itu, Prof. Reni mengingatkan, edukasi karakter memang usahakandibuka sejak dini. Melalui edukasi anak umur dini, si Kecil bakal mendapatkan sekian banyak  contoh dan pekerjaan positif yang bakal ia ingat dan praktikkan dalam kehidupannya.

Nah, sekarang Mam paham bahwa mengikutsertakan si Kecil ke PAUD memberikan tidak sedikit manfaat. Pastikan pembelajaran yang ia bisa di PAUD selaras dengan yang Mam ajarkan di rumah, ya. Sebab, walau pendidikan anak umur dini dominan penting untuk perkembangan si Kecil, namun, peran Mam dan Pap sebagai pendidik utama untuk anak tetapmustahil tergantikan.

Sumber:

paud-dikmas.kemdikbud.go.id/segment/19.html

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Beberapa Hal Penting Pendidikan Anak Usia Dini dan Menurut Para Ahli"

Post a Comment