Analisis Dampak Ketersediaan Sumber Daya Manusia (SDM) Dalam Meningkatkan Produktivitas Tenaga Kerja PT. Pupuk Iskandar Muda

Analisis Dampak  Ketersediaan  Sumber  Daya  Manusia (SDM) Dalam Meningkatkan Produktivitas Tenaga Kerja PT. Pupuk Iskandar Muda 

1.1 Latar Belakang
Sumber Daya insan (SDM) adalah modal dasar pembangunan nasional, oleh karena tersebut maka kualitas SDM senantiasa mesti dikembangkan dan diarahkan supaya bisa menjangkau tujuan yang diharapkan. Berbicara tentang sumber daya insan sebenarnya dapat disaksikan dari 2 aspek yakni aspek kualitas dan aspek kuantitas. Aspek kuantitas merangkum jumlah Sumber Daya Manusia yang tersedia/penduduk, sementara aspek kualitas mencakup keterampilan Sumber Daya Manusia baik jasmani maupun non fisik/kecerdasan dan mental dalam mengemban pembangunan. Sehingga dalam proses pembangunan pengembangan sumber daya insan paling diperlukan, karena kuantitas Sumber Daya Manusia yang besar tanpa didukung kualitas yang baik bakal menjadi beban pembangunan sebuah bangsa.

Masalah sumber daya insan masih menjadi sorotan dan tumpuan untuk perusahaan guna tetap bisa bertahan di era globalisasi, sumber daya insan mempunyai peran utama dalam setiap pekerjaan perusahaan, walaupun didukung dengan sarana dan prasarana serta sumber duit yang berlebihan,namun tanpa sokongan sumber daya insan yang andal pekerjaan perusahaan tidak akan teratasi dengan baik. Hal ini mengindikasikan bahwa sumber daya insan adalah kunci pokok yang mesti diacuhkan dengan segala kebutuhannya. Sebagai kunci pokok, sumber daya insan akan menilai keberhasilan pelaksanaan pekerjaan perusahaan, tuntutan perusahaan guna memperoleh, mengembangkan dan menjaga sumber daya insan yang berbobot, berkualitas semakin mendesak cocok dengan dinamika lingkungan yang tidak jarang kali berubah.


Dalam masyarakat yang berkembang, sumber daya insan mempunyai peranan urgen dimana sumber daya manusia ialah potensi yang adalah asset dan bermanfaat sebagai modal di dalam organisasi bisnis yang bisa diwujudkan menjadi potensi nyata (real) secara jasmani dan non jasmani dalam mewujudkan ekstensi organisasi, pada masing-masing organisasi / perusahaan hal tenaga kerja insan adalah bagian yang lumayan penting dalam pencapaian destinasi perusahaan baik tersebut perusahaan besar maupun kecil, jadi bagaimanapun sebuah perusahaan mempunyai suatu perlengkapan yang canggih dengan teknologi tinggi namun menusia adalah motor penggerak, tanpa insan perusahaan tidak bakal berfungsi.

Untuk menghasilkan Sumber Daya Manusia yang berbobot serta penetapan sistem pengelolaan yang baik berarti perlu dilaksanakan perencanaan, pengadaan, pemeliharaan, pembinaan, pengembangan, pemuasan dan pemanfaatan dengan sebaik-baiknya. Dan nampaknya pada manajemen kini ini, bagaimanapun kompleknya atau sederhananya suatu format usaha, insan (Sumber Daya Manusia) yang menjadi inti sekaligus kunci keberhasilansebuah perusahaan dalam menjangkau tujuan-tujuan yang sudah ditetapkan, meskipun perusahaan sebagai Badan Usaha Milik Negara (BUMN) atau Badan Usaha Milik Daerah (BUMD) dalam menjalankan usahanya telah tidak sedikit menggunakan perlengkapan teknologi tinggi, tetapi tidak bakal dapat menggantikan faedah dan status tenaga kerja. Dengan melihat urusan itu maka penting untuk perusahaan untuk memakai tenaga kerja yang memiliki produktivitas tinggi, professional serta memiliki kesadaran bakal tanggung jawabnya bekerja lebih baik dan maksimal sampai-sampai tujuan perusahaan bisa tercapai.

Tenaga kerja yang memiliki pengalaman yang lebih baik bakal semakin terbiasa dan terampil dalam mengerjakan pekerjaannya cocok dengan kemampuannya. Untuk tersebut tenaga kerja yang memiliki pengalamandiinginkan dapat menerima dengan cepat latihan–latihan yang diserahkan dalam masa eksperimen sebagai calon karyawan, dengan empiris kerja karyawan bakal dengan gampang memahami teknik kerja serta penyesuaian dan kerjasama antar karyawan gampang terjalin, ongkos pelatihan bisa ditekan dan secara psikologis bakal tenang menghadapi masalah pekerjaan, pada masing-masing perusahaan hal tenaga kerja insan adalahbagian yanglumayan penting dalam pencapaian destinasi perusahaan jadi bagaimanapunsebuah perencanaan yang sudah dapat diciptakan atau dioperasikanperlengkapan yang modern sekalipun tidak akan sukses tanpa peran serta dari tenaga kerja manusia, hal tenaga kerja bakal menjadi sangat urgen dan tinggi bilamana para pekerja mempunyai kemampuan dan kemempuan dalammengerjakan pekerjaan.

Faktor tenaga kerja bakal menjadi sangat urgen dan tinggi bilamana para pekerja mempunyai kemampuan dan keterampilan dalam mengerjakan pekerjaan. Kemampuan dan kemampuan pekerja dapat dibentuk oleh empiris kerja, kurangnya kedisiplinan karyawan, mengakibatkan etos kerja rendah, keengganan tenaga kerja guna lembur, tingkat absensi yang tinggi, tenaga kerja yang terlambat muncul dan tenaga kerja yang pulang mula sebelum jam kerja selesai mengakibatkan rendahnya produktivitas kerja yang berimbas pada pemenuhan penghargaan diri yakni prestasi kerja.

PT. Pupuk Iskandar Muda (PIM) ialah perusahaan yang bergerak dalam bidang industri pupuk beserta industri kimia lainnya yang didirikan pada tanggal 24 Februari tahun 1982, kini sudah mempunyai dua unit pabrik, yakni PIM-1 dan PIM-2, dan PIM-1 mulai beroperasi secara komersil pada tahun1985.

Visi dari PT. Pupuk Iskandar Muda (PIM) ialah menjadi perusahaan pupuk dan petro kimia yang terkemuka dan mempunyai keunggulan-keunggulan sampai-sampai mampu berlomba baik didalam negeri maupun didunia internasional. Dengan mempunyai misi yaitu guna memproduksi dan menjual Pupuk Urea dengan bobot cocok dengan Standard Internasional (ISO 9001,SML ISO 14001 & SMK3) guna mengisi kebutuhan domestik untuk menunjang swasembada pangan serta menambah pangsa pasar Internasional, dan turut aktif membangun kemitraan dengan Usaha Kecil, Menengah (UKM) dan Koperasi, serta berperan dalam pengembangan Industri Petrokimia yang memakai teknologi berwawasan lingkungan, dan memiliki komitmen sarat didalam memuaskan pihak-pihak yang berkepentingan dengan tetap menyimak kinerja perusahaan supaya tumbuh dan berkembang.


Bekerja efesien dengan produktivitas yang tinggi ialah adalah tuntutan yang mesti diisi oleh sebuah perusahaan, terlebih dalam menyongsong era pasar bebas nantinya, guna menghasilkan produktivitas yang tinggi dengan cara-cara yang efisien ialah merupakan hal utama, disamping faktor-faktor beda tentunya, dalam kaitannya dengan urusan tersebut, maka kecendrungan perilaku dari pribadi yang adalah sosok pimpinan butuh diketahui berkaitan dengan perannya sebagai manajer, maupun dalam perannya sebagai anggota organisasi, dengan kata beda sejauh mana keterampilan manajer dalam menyesuaikan diri terhadap faktor-faktor internal dan hal eksternal.
   Untuk meningkatkan produktivitas karyawan maka perlu diperhatikan hal-hal sebagai berikut:
1.      Peningkatan efektivitas karyawan
2.      Perancangan kebutuhan pelatihan
3.      Penempatan tenaga kerja
            Jika produktivitas karyawan diukur berdasarkan tingkat pendidikan dari seoramg karyawan tersebut, maka komposisi jumlah karyawan berdasarkan berdasarkan jenjang pendidikan karyawan PT Pupuk Iskandar Muda (PIM) adalah sebagai berikut:
Tabel 1.1
KOMPOSISI JUMLAH KARYAWAN PT PUPUK ISKANDAR MUDA (PIM) MENURUT TINGKAT PENDIDIKAN

Jenjang Pendidikan
2006
2007
2008
2009
2010
S-2 (Pasca Sarjana)
23
24
23
20
18
S-1 Sarjana
65
192
199
199
198
Politeknik/sarmud/D3
91
91
92
84
79
SLTA
798
805
775
745
715
SLTP
107
86
76
67
63
Jumlah
1.084 
1.198 
1.165 
1.115
1.073
                        Sumber:http://www.ptpim.com

Berdasarkan latar belakang tersebut, dalam penelitian ini penulis mengambil judul: Analisis Dampak Ketersediaan Sumber Daya Manusia (SDM) dalam Meningkatkan produktivitas Tenaga Kerja di PT Pupuk Iskandar Muda (PIM)”.

1.2 Perumusan Masalah
Berdasarkan latar belakang yang telah diuraikan, maka dapat dirumuskan pokok permasalahannya sebagai berikut:
-        Bagaimanakah dampak  ketersediaan Sumber Daya Manusia (SDM) dalam meningkatkan produktivitas karyawan di PT Pupuk Iskandar Muda (PIM)
1.3 Tujuan Penelitian
Berdasarkan rumusan masalah diatas, maka tujuan penelitian ini adalah:
-        Menjelaskan dampak ketersediaan Sumber Daya Manusia (SDM) dalam meningkatkan produktivitas karyawan di PT Pupuk Iskandar Muda (PIM)
1.4 Manfaat Penelitian
1.      Bagi PT Pupuk Iskandar Muda (PIM)
PT Pupuk Iskandar Muda (PIM) dapat dijadikan sumber dan modal dalam penelitian lebih lanjut tentang produktivitas karyawan dimasa mendatang.
2.      Bagi penulis
Melakukan penelitian ini dapat menambah pengetahuan penulis di dalam bidang SDM, khususnya menyangkut pengaruh ketersediaan Sumber Daya Manusia (SDM) terhadap tingkat produktivitas tenaga kerja di PT. Pupuk Iskandar Muda (PIM)

3.      Bagi Universitas
Sebagai masukan dan bahan pertimbangan yang berhubungan tentang Sumber Daya Manusia, juga memberikan pemahaman kepada mahasiswa tentang pengaruh produktivitas kerja yang berhubungan dengan sumber daya manusia.

Link Unduh:

Bab FULL
Download
Daftar Isi
Download

Semoga Bermanfaat silahkan share dan comennya jika memerlukan bantuan...

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Analisis Dampak Ketersediaan Sumber Daya Manusia (SDM) Dalam Meningkatkan Produktivitas Tenaga Kerja PT. Pupuk Iskandar Muda"

Post a Comment