Pengaruh inflasi terhadap pertumbuhan perekonomian di kota Banda Aceh tahun periode 2010-2016

Pengaruh inflasi terhadap perkembangan perekonomian di kota Banda Aceh tahun periode 2010-2016

Bab I
Pendahuluan

1.1 Latar Belakang Masalah
Perubahan-perubahan pada sekian banyak  sektor ekonomi itu akan menyebabkan terjadinya perkembangan ekonomi, yang ditandai dengan naiknya buatan nasional, penghasilan nasional, dan penghasilan perkapita. Situasi semacam tersebut akan dilangsungkan secara terus-menerus.Pertumbuhan ekonomi dan pembangunan ekonomi adalah dua istilah yang berbeda, sekalipun terdapat beberapa berpengalaman mengatakan sama.
Berdasarkan keterangan dari Boediono (2011:35) perkembangan ekonomi ialah proses eskalasi output perkapita dalam jangka panjang. Pertumbuhan ekonomi adalah indikator untuk menyaksikan keberhasilan pembangunan dan adalah syarat keharusan untuk penurunan pengangguran.Pendirian industri-industri baru dan meningkatnya pekerjaan ekspor dan impor akan membawa perubahan dalam sektor industri dan sektor perdagangan. Sektor pertanianpun akan berubah melewati pembangunan di bidang sarana dan prasarana, seperti peningkatan ruasa jalan. 



Berdasarkan keterangan dari Sukirno, (2010:21) Pertumbuhan ekonomi (Economic Growth) ialah perkembangan pekerjaan dalam perekonomian yang mengakibatkan barang dan jasa yang diproduksikan dalam masyarakat meningkat dan kemakmuran masyarakat meningkat. Masalah perkembangan ekonomi dapat di anggap sebagai masalah makro ekonomi dalam jangka panjang. Perkembangan keterampilan memproduksi barang dan jasa sebagai dampak pertambahan faktor-faktor buatan pada lazimnya tidak selalu dibuntuti oleh pertambahan buatan barang dan jasa yang sama besarnya. Pertambahan potensi memproduksi seringkali lebih banyak dari pertambahan buatan yang sebenarnya. Dengan demikian pertumbuhan ekonomi ialah lebih lambat dari potensinya. ( Sukirno, 2010;21).
Pertumbuhan ekonomi dapat ditafsirkan juga sebagai proses eskalasi kapasitas buatan suatu perekonomian yang diwujudkan dalam format kenaikan penghasilan nasional.Perekonomian disebutkan mengalami pertumbuhan bilamana jumlah balas jasa riil terhadap pemakaian faktor-faktor buatan pada tahun tertentu lebih banyak daripada tahun sebelumnya. Berkelanjutan perkembangan ekonomi mesti mengarah standar hidup yang lebih tinggi nyata dan kerja meningkat.

Sesuia dengan data diatas, laju perkembangan ekonomi di Kota Banda Aceh pada dari tahun 2012-2016 terjadi evolusi dan terus meningkat. Selaintersebut perubahan tersebut diakibatkan oleh dari sejumlah sektor perekonomian yakni sektor perdagangan, transportasi dan administrasi pemerintahan.

Latumaerissa (2011:22) Inflasi ialah sebuah suasana perekonomian yang menunjukan adanya kecenderungan eskalasi tingkat harga secara umum (price level) dan mempunyai sifat secara terus-menerus. Hal ini diakibatkan karena tidak seimbangnya arus barang dan arus dana yang di sebabkan olehsekian banyak  faktor.Inflasi berperan urgen dalam menilai situasi perekonomian, sampai-sampai perlu menemukan perhatian serius dari sekian banyak  kalangan terutama otoritas moneter yang bertanggung jawab mengendalikan inflasi. Inflasi memprovokasi keputusan-keputusan ekonomilaksana penetapan harga dan upah, konsumsi daninvestasi.
Melalui keputusan-keputusan tersebut, inflasi secara langsung maupun tidak langsung memprovokasi perekonomian. Bila masyarakat mempersepsikan inflasi yang tinggi maka akan dominan terhadap perekonomian secara keseluruhan. Oleh karena tersebut perlu diketahui seberapa besar pengaruh inflasi itu terhadap tingkat perekonomian yang terjadi di Kota Banda Aceh.

Pada tahun 2010 kota Banda Aceh merasakan inflasi sebesar 4,64 %. pada tahun 2011 inflasi kota Banda Aceh Mengalami penurunan sebesar 3,32%, dan pada tahun 2012 pun mengalami penurun tingkat inflasi sebesar 0,06%. Pada tahun 2013 kota Banda Aceh merasakan peningkatan tingkat Inflasi sebesar 6,39%, dan pada tahun 2014 kota Banda Aceh merasakan peningkatan tingkat Inflasi sebesar 7,83%. Pada tahun 2015 merasakan penurunan tingkat Inflasi sebesar 1,27%, dan pada tahun 2016 kota Banda Aceh merasakan peningkatan tingkatan Inflasi sebesar 3,13%.
Selanjutnya inflasi tidak dapat dicermati secara langsung. Salah satuteknik untuk memahami inflasi ialah melalui survey, yaitu dengan menanyakan secara langsung untuk responden tentang pengaruh inflasi tersebut. Analisis riset hasil survey inflasi dari sekian banyak  negara yang mengerjakan survey pengaruh inflasi mengungkapkan bahwa direct quantitative survey adalahpengukuran inflasi yang lebih baik dari pada survey kualitatif. Inflasi pun adalahsalah satu indikator urgen dalammeneliti perekonomian selain perkembangan ekonomi, pengangguran, kemiskinan, dan ekspor-inpor.
Inflasi adalahmasalah yang paling besar dalam perekonomian masing-masing negara dan adalahsuatu gejala moneter yang tidak jarang kali meresahkan negara sebab kebijakan yang dipungut untuk menanggulangi inflasi tidak jarang menjadi pisau permata dua yang akan dominan  pada tingkat perkembangan ekonomi secara agregat. Diantaranya ekuilibrium eksternal dan tingkat bunga. Terjadinya guncangan dalam negri bakal menimbulkan ketidaktetapan harga di pasar dalam negeri yang selesai dengan penambahan inflasi pada perekonomian. Berdasarkan latar belakang diatas maka peneliti tertarik memungut judul “Pengaruh inflasi terhadapperkembangan perekonomian di kota Banda Aceh tahun periode 2010-2016.

1.2 Rumusan Masalah
Dari latar belakang di atas, maka yang menjadi rumusan masalah apakah inflasi dominan terhadap perkembangan perekonomian di kota Banda Aceh periode 2010-2016?

1.3 Tujuan Penelitian
Berdasarkan Rumusan Masalah di atas yang menjadi destinasi penelitianialah untuk menyatakan apakah inflasi dominan terhadap perkembangan perekonomian di kota Banda Aceh tahun periode 2010-2016.?

1.4 Manfaat Penelitian
Adapun yang menjadi guna dalam riset ini ialah sebagai berikut:
1. Untuk Pemerintah, sebagai bahan pertimbangan instansi berhubungan yang terdapat hubungan dengan factor-faktor yang memprovokasi pertumbuhan perekonomian di kota Banda Aceh tahun periode 2010-2016.
2. Bagi riset selanjutnya, sebagai bahan informasi dan pertimbangan yangdiinginkan dapat bermanfaat untuk penelitian yang bakal datang,terutama yang bersangkutan dengan masalah yang sama.


3. Untuk Penulis, untuk meningkatkan wawasan dan pengetahuan mengenai pengaruh inflasi terhadap perkembangan perekonomian di kota Banda Aceh tahun periode 2010-2016.
Link Unduh:


Semoga Bermanfaat..... Jangan Like and Sharesnya Terima kasih

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Pengaruh inflasi terhadap pertumbuhan perekonomian di kota Banda Aceh tahun periode 2010-2016"

Post a Comment