Meningkatkan Hasil Belajar Ekonomi Melalui Model Pembelajaran Debat Pada Kelas Xi Siswa SMA Pada Materi Pelaku Ekonomi
Meningkatkan Hasil Belajar Ekonomi Melalui Model Pembelajaran
Debat Pada Kelas Xi Siswa SMA Pada Materi Pelaku Ekonomi
Bab I
Pandahuluan
1.1 Latar Belakang Masalah
Proses pembelajaran ketika
ini tidak cukup memiliki pesona disebabkan oleh 2 (dua) hal.
Pertama, pembelajaran yang dirancang oleh guru tidak bisa memacu keingintahuan murid untuk membedah masalah yang dihadapi oleh siswa. Kedua,
guru memposisikan diri sebagai individu
yang menggurui, belum
membintangi diri sebagai fasilitator yang membelajarkan siswa, sampai-sampai siswa lebih mempunyai sifat sebagai pendengar.
Dalam pekerjaan belajar melatih yang dilakukan di lingkup sekolah dibutuhkan sekian banyak variasi kiat yang mesti dikuasai oleh seorang guru supaya proses belajar yang
terbuat di ruang belajar menjadi
lebih dinamis dan bernuansa interaktif. Di
samping itu, variasi kiat yang dipakai juga mesti dapat menolong siswa
dalam menuntaskan tugas-tugas
perkembangannya dalam fase remaja cocok
dengan pedoman psikologi individu. Beberapa diantara tugas pertumbuhan tersebut menjadi landasan
terciptanya model pembelajaran kooperatif yang mengedepankan kerja sama dari semua peserta didik sampai-sampai tercipta nuansa ruang belajar yang dinamis,
interaktif, dan bisa menjadi hal stimulan supaya peserta didik bisa
mengembangkan pola pikir yang kritis.
Belajar Membuat Skripsi Sendiri |
Hingga ketika ini,
terdapat sekian banyak macam model yang dipakai dari turunan model pembelajaran tipe kooperatif. Salah
satu dari model yang berkembang dan sering dipakai pada pekerjaan belajar
mengajarialah debat. Debat dipakai pendidik dalam upaya
menumbuh kembangkan pola pikir kritis dan
keterampilan kerja
sama antar peserta didik dalam format kelompok. Perkembangan model pembelajaran debat ketika ini masih barlangsung, bahkan
model ini diterapkan sampai menjadi
jenis persaingan antar pelajar sampai tingkat dunia. Oleh sebab itu, pengarang mencoba
membicarakan model pembelajaran debat.
Berdasarkan hasil
pemantauan terhadap hasil belajar ekonomi siswa, nampaknya melatih bukan sebatas proses pengalihan pengetahuan dan ketrampilan tetapi sebagai landasan dalam
mememajukan edukasi terutama
terhadap hasil belajar menjadi lebih baik. Lebih dari tersebut pengajar mesti
dapat membina keahlian siswa guna secara kreatif bisa menghadapi kondisi sejenis, bahkan kondisi baru sama sekali dengan teknik yang memuaskan.
Dengan demikian pembelajaran di ruang belajar XI SMA Negeri 2 ............ mesti dapat membangun pemikiran kreatif yang bisa memelurkan perbuatan kreatif. Pilihan model
pembelajarannya pun harus
mengembangkan pemikiran dan perbuatan kreatif
yang sangat dibutuhkan dalam menambah hasil belajar siswa.
Berdasarkan keterangan dari Dimyati dan Mudjiono (2006:3)
hasil belajar adalah hasil dari sebuah interaksi tindak belajar dan
tindak mengajar. Dari sisi guru, tindak mengajar diselesaikan dengan proses
penilaian hasil belajar. Dari sisi siswa, hasil belajar adalah berakhirnya penggal dan puncak
proses belajar. Hasil belajar, guna sebagian ialah berkat tindak guru, sebuah pencapaian destinasi pengajaran.
Hasil belajar yang
dijangkau siswa dapat
diprovokasi oleh dua hal yaitu hal internal dan eksternal (Slameto,
2003:72). Penyebab utama kendala belajar
(Learning disabilities) ialah faktor
internal yakni diantaranya
minat, bakat, motivasi, tingkat intelegensi, sementara penyebab utama problema belajar (learning problems) ialah faktor eksternal antara beda berupa strategi pembelajaran
yang keliru, pengelolaan pekerjaan belajar
yang tidak membangunkan motivasi
belajar anak, maupun hal lingkungan
yang sangat dominan pada hasil
belajar yang dijangkau oleh
siswa.
Mengajar bukan semata
permasalahan menceritakan. Belajar bukanlah konsekuensi otomatis dari
perenungan informasi ke dalam pikiran siswa.
Belajar membutuhkan keterlibatan
mental dan kerja murid sendiri.
Penjelasan dan pemeragaan semata tidak
bakal membuahkan hasil belajar yang langgeng. Yang dapat membuahkan hasil belajar yang
langgeng hanyalahpekerjaan belajar
aktif dan gaya pembelajaran yang menarik. Sehingga salah satu teknik meningkatkan bobot pendidikan ialah dengan menambah hasil belajar siswa. Setiap mata latihan yang diajarkan mempunyai ciri khas ilmu yang berbeda-beda, salah satunya ialah mata latihan ekonomi.
Kurangnya seorang siswa
mengetahui sebuah materi urusan ini diakibatkan karena tidak cukup adanya variasi dalam
pembelajaran, kitab pelajaran
tidak menyeluruh serta kurangnya
pehamahan dalam belajar murid dan
model yang dipakai pendidik dalam mengucapkan materi tidak cukup sesuai atau belum
maksimal dalam menyerahkan perubahan
hasil belajar khususnya dengan memakai model pembelajaran debat.
Model pembelajaran debat adalahsalah
satu model pembelajaran yang sangaturgen
untuk meningkatkan keterampilan akademik
siswa. Materi ajar dipilih dan disunsun menjadi paket pro dan kontra. Siswa di untuk kedalamsejumlah kelompok dan setiap kumpulan terdiri dari enam orang. Didalam kelompoknya, murid (tiga orang memungut posisi pro dan tiga orang
lainnya dalam posisi kontra)
mengerjakan perdebatan mengenai topik
yang ditugaskan. Laporan masing-masing
kumpulan yang mencantol kedua
posisi pro dan kontra diserahkan kepada
guru.
Model pembelajaran debat
ialah kegiatan adu argumentasi antara dua pihak atau lebih, baik secara
perorangan maupun kelompok, dalam mendiskusikan dan menyimpulkan masalah dan perbedaan. Secara formal, debat tidak sedikit dilakukan dalam
institusi legislatif laksana parlemen,khususnya di negara-negara yang memakai sistem oposisi. Dalam urusan ini, debat dilaksanakan menuruti aturan-aturan
yang jelas dan hasil dari debat dapat
didapatkan melalui voting atau keputusan juri.
Berkaitan dengan permasalah di atas bisa di simpulkan
terdapat penyebab terjadinya kurangnya tingkat hasil belajar ekonomi
pada siswa ruang belajar XI SMA
Negeri 2 ............ diantaranya: 1) Siswa mengalamikendala dalam menerima
pelajaran ajar yang diserahkan oleh
guru. 2) Siswa pun malu guna bertanya untuk guru dan teman. Sehinggamengakibatkan siswa tidak
dapat memecahkan soal yang
diserahkan oleh guru khususnya pada pelajaran pelaku ekonomi. 3)
Pembelajaran masihmempunyai sifat Metode
konvensional yang didominasi ceramah tidakmenggiatkan belajar siswa. Keadaan laksana ini menciptakan siswa
yang belajar secara pribadi kurang
melibatkan murid dalam belajar sampai-sampai menimbulkan kejemuan siswa yang menyebabkan rendahnya hasil belajar
ekonomi.
Dalam menangani persoalan tersebut,
proses belajar melatih di ruang belajar memerlukan pemakaian model sangat urgen untuk menunjang kreativitasan
siswa, maka komunikasi antara guru dengan siswa, sertamurid dengan murid akan berlangsung secara lancar. Hal ini berhubungan dengan adanya model
pembelajaran yakni model
pembelajaran Debat dalam proses belajar pada pelajaran pelaku ekonomi,
sampai-sampai hasil belajar ekonomi murid menjadi lebih baik dari sebelumnya.
Oleh karena tersebut perlu dilaksanakan langkah pilihan lain yangdiinginkan mampu menambah hasil belajar murid pada pelajaran pelaku ekonomi terutama latihan ekonomi. Berdasarkan persoalan diatas penelitihendak
melakukan riset dengan
judl “Meningkatkan Hasil Belajar Ekonomi Melalui Model Pembelajaran Debat Pada
Kelas XI Siswa SMA Negeri 2 ............ Pada Materi pelaku ekonomi”.
1.2 Identifikasi Masalah
Berdasarkan latar belakang di atas, maka yang menjadi identifikasi
masalah dalam penelitian ini adalah:
1) Hasil belajar
ekonomi siswa masih belum memuaskan dalam kategori rendah.
2) Aktivitas guru dan
siswa belum sepenuhnya maksimal dalam proses belajar mengajar.
3) Respon siswa dalam
setiap proses belajar masih belum mendapat perubahan terhadap keinginan dalam
belajar.
1.3 Rumusan Masalah
Berdasarkan pembatasan masalah di atas, maka permasalahan yang
muncul adalah:
1) Bagaimanakah
meningkatkan hasil belajar siswa di kelas XI SMA Negeri 2 ............ dengan
model pembelajaran debat pada materi pelaku ekonomi?
2) Bagaimanakah
aktivitas guru dan siswa kelas XI SMA Negeri 2 ............ dengan model
pembelajaran debat pada materi pelaku ekonomi?
3) Bagaimanakah respon
siswa dalam kelas XI SMA Negeri 2 ............ dengan model pembelajaran debat
pada materi pelaku ekonomi?
1.4 Tujuan Penelitian
Sesuai dengan permasalahan pokok di atas, tujuan yang ingin
dicapai dalam penelitian ini adalah:
1) Untuk mengetahui
hasil belajar siswa di kelas XI SMA Negeri 2 ............ dengan model
pembelajaran debat pada materi pelaku ekonomi?
2) Untuk mengetahui
aktivitas guru dan siswa kelas XI SMA Negeri 2 ............ dengan model
pembelajaran debat pada materi pelaku ekonomi?
3) Untuk mengetahui
respon siswa dalam XI SMA Negeri 3 ............ dengan model pembelajaran debat
pada materi pelaku ekonomi?
1.5 Manfaat Penelitian
Adapun berdasarkan tujuan penelitian diatas dapat diambil
mamfaatnya sebagai berikut:
1) Bagi Peneliti
Memberikan sumbangan pengalaman tentang penelitian tindakan kelas
serta sebagai tambahan ilmu pengetahuan.
2) Bagi siswa
Siswa menjadi lebih termotivasi untuk belajar pelajaran ekonomi
pada pokok materi pelaku ekonomi serta meningkatkan hasil belajar siswa di
kelas XI SMA Negeri 2 .............
3) Bagi Guru
Menambah pengetahuan tentang pemanfaatan dengan XI SMA Negeri 2 ............
dengan model pembelajaran debat dalam mata pelajaran ekonomi.
4) Bagi sekolah
Memberikan sumbangan yang baik bagi sekolah dalam rangka perbaikan
proses pembelajaran, sehingga dapat meningkatkan hasil belajar siswa.
1.6 Definisi Operasional
1) Hasil Belajar
Ekonomi adalah suatu proses keinganan yang memberikan peluang keberhasilan
belajar.
2) Model pembelajaran
debat adalah suatu diskusi antara dua orang atau lebih yang berbeda pandangan,
dimana antara satu pihak dan pihak yang lain saling menyerang.
Pelaku ekonomi adalah Badan Usaha yang telah ditetapkan oleh
pemerintah dengan persetujuan Dewan perwakilan Rakyat Daerah pada kelas XI
Semester Genap Tahun Ajaran 2018
Link Unduh
BAB
DownloadDaftar Pustaka
Download
Jadikan referensi anda dalam menyelesaikan tugas akhir... berhentilah mengeluarkan uang untuk membuat skripsi, menulis skripsi sendiri itu lebih baik...
selamat mencoba
0 Response to "Meningkatkan Hasil Belajar Ekonomi Melalui Model Pembelajaran Debat Pada Kelas Xi Siswa SMA Pada Materi Pelaku Ekonomi"
Post a Comment