Meningkatkan Hasil Belajar Ekonomi Melalui Model Pembelajaran Debat Pada Kelas Xi Siswa SMA Pada Materi Pelaku Ekonomi

Meningkatkan Hasil Belajar Ekonomi Melalui Model Pembelajaran Debat Pada Kelas Xi Siswa SMA Pada Materi Pelaku Ekonomi

Bab I
Pandahuluan

1.1 Latar Belakang Masalah
Proses pembelajaran ketika ini tidak cukup memiliki pesona disebabkan oleh 2 (dua) hal. Pertama, pembelajaran yang dirancang oleh guru tidak bisa memacu keingintahuan murid untuk membedah masalah yang dihadapi oleh siswa. Kedua, guru memposisikan diri sebagai individu yang menggurui, belum membintangi diri sebagai fasilitator yang membelajarkan siswa, sampai-sampai siswa lebih mempunyai sifat sebagai pendengar.

Dalam pekerjaan belajar melatih yang dilakukan di lingkup sekolah dibutuhkan sekian banyak  variasi kiat yang mesti dikuasai oleh seorang guru supaya proses belajar yang terbuat di ruang belajar menjadi lebih dinamis dan bernuansa interaktif. Di samping itu, variasi kiat yang dipakai juga mesti dapat menolong siswa dalam menuntaskan tugas-tugas perkembangannya dalam fase remaja cocok dengan pedoman psikologi individu. Beberapa diantara tugas pertumbuhan tersebut menjadi landasan terciptanya model pembelajaran kooperatif yang mengedepankan kerja sama dari semua peserta didik sampai-sampai tercipta nuansa ruang belajar yang dinamis, interaktif, dan bisa menjadi hal stimulan supaya peserta didik bisa mengembangkan pola pikir yang kritis.


Belajar Membuat Skripsi Sendiri
Hingga ketika ini, terdapat sekian banyak  macam model yang dipakai dari turunan model pembelajaran tipe kooperatif. Salah satu dari model yang berkembang dan sering dipakai pada pekerjaan belajar mengajarialah debat. Debat dipakai pendidik dalam upaya menumbuh kembangkan pola pikir kritis dan keterampilan kerja
sama antar peserta didik dalam format kelompok. Perkembangan model pembelajaran debat ketika ini masih barlangsung, bahkan model ini diterapkan sampai menjadi jenis persaingan antar pelajar sampai tingkat dunia. Oleh sebab itu, pengarang mencoba membicarakan model pembelajaran debat.
Berdasarkan hasil pemantauan terhadap hasil belajar ekonomi siswa, nampaknya melatih bukan sebatas proses pengalihan pengetahuan dan ketrampilan tetapi sebagai landasan dalam mememajukan edukasi terutama terhadap hasil belajar menjadi lebih baik. Lebih dari tersebut pengajar mesti dapat membina keahlian siswa guna secara kreatif bisa menghadapi kondisi sejenis, bahkan kondisi baru sama sekali dengan teknik yang memuaskan.
Dengan demikian pembelajaran di ruang belajar XI SMA Negeri 2 ............ mesti dapat membangun pemikiran kreatif yang bisa memelurkan perbuatan kreatif. Pilihan model pembelajarannya pun harus mengembangkan pemikiran dan perbuatan kreatif yang sangat dibutuhkan dalam menambah hasil belajar siswa.
Berdasarkan keterangan dari Dimyati dan Mudjiono (2006:3) hasil belajar adalah hasil dari sebuah interaksi tindak belajar dan tindak mengajar. Dari sisi guru, tindak mengajar diselesaikan dengan proses penilaian hasil belajar. Dari sisi siswa, hasil belajar adalah berakhirnya penggal dan puncak proses belajar. Hasil belajar, guna sebagian ialah berkat tindak guru, sebuah pencapaian destinasi pengajaran.
Hasil belajar yang dijangkau siswa dapat diprovokasi oleh dua hal yaitu hal internal dan eksternal (Slameto, 2003:72). Penyebab utama kendala belajar (Learning disabilities) ialah faktor internal yakni diantaranya minat, bakat, motivasi, tingkat intelegensi, sementara penyebab utama problema belajar (learning problems) ialah faktor eksternal antara beda berupa strategi pembelajaran yang keliru, pengelolaan pekerjaan belajar yang tidak membangunkan motivasi belajar anak, maupun hal lingkungan yang sangat dominan pada hasil belajar yang dijangkau oleh siswa.
Mengajar bukan semata permasalahan menceritakan. Belajar bukanlah konsekuensi otomatis dari perenungan informasi ke dalam pikiran siswa. Belajar membutuhkan keterlibatan mental dan kerja murid sendiri. Penjelasan dan pemeragaan semata tidak bakal membuahkan hasil belajar yang langgeng. Yang dapat membuahkan hasil belajar yang langgeng hanyalahpekerjaan belajar aktif dan gaya pembelajaran yang menarik. Sehingga salah satu teknik meningkatkan bobot pendidikan ialah dengan menambah hasil belajar siswa. Setiap mata latihan yang diajarkan mempunyai ciri khas ilmu yang berbeda-beda, salah satunya ialah mata latihan ekonomi.
Kurangnya seorang siswa mengetahui sebuah materi urusan ini diakibatkan karena tidak cukup adanya variasi dalam pembelajaran, kitab pelajaran tidak menyeluruh serta kurangnya pehamahan dalam belajar murid dan model yang dipakai pendidik dalam mengucapkan materi tidak cukup sesuai atau belum maksimal dalam menyerahkan perubahan hasil belajar khususnya dengan memakai model pembelajaran debat.
Model pembelajaran debat adalahsalah satu model pembelajaran yang sangaturgen untuk meningkatkan keterampilan akademik siswa. Materi ajar dipilih dan disunsun menjadi paket pro dan kontra. Siswa di untuk kedalamsejumlah kelompok dan setiap kumpulan terdiri dari enam orang. Didalam kelompoknya, murid (tiga orang memungut posisi pro dan tiga orang lainnya dalam posisi kontra) mengerjakan perdebatan mengenai topik yang ditugaskan. Laporan masing-masing kumpulan yang mencantol kedua posisi pro dan kontra diserahkan kepada guru.
Model pembelajaran debat ialah kegiatan adu argumentasi antara dua pihak atau lebih, baik secara perorangan maupun kelompok, dalam mendiskusikan dan menyimpulkan masalah dan perbedaan. Secara formal, debat tidak sedikit dilakukan dalam institusi legislatif laksana parlemen,khususnya di negara-negara yang memakai sistem oposisi. Dalam urusan ini, debat dilaksanakan menuruti aturan-aturan yang jelas dan hasil dari debat dapat didapatkan melalui voting atau keputusan juri.
Berkaitan dengan permasalah di atas bisa di simpulkan terdapat penyebab terjadinya kurangnya tingkat hasil belajar ekonomi pada siswa ruang belajar XI SMA Negeri 2 ............ diantaranya: 1) Siswa mengalamikendala dalam menerima pelajaran ajar yang diserahkan oleh guru. 2) Siswa pun malu guna bertanya untuk guru dan teman. Sehinggamengakibatkan siswa tidak dapat memecahkan soal yang diserahkan oleh guru khususnya pada pelajaran pelaku ekonomi. 3) Pembelajaran masihmempunyai sifat Metode konvensional yang didominasi ceramah tidakmenggiatkan belajar siswa. Keadaan laksana ini menciptakan siswa yang belajar secara pribadi kurang melibatkan murid dalam belajar sampai-sampai menimbulkan kejemuan siswa yang menyebabkan rendahnya hasil belajar ekonomi.
Dalam menangani persoalan tersebut, proses belajar melatih di ruang belajar memerlukan pemakaian model sangat urgen untuk menunjang kreativitasan siswa, maka komunikasi antara guru dengan siswa, sertamurid dengan murid akan berlangsung secara lancar. Hal ini berhubungan dengan adanya model pembelajaran yakni model pembelajaran Debat dalam proses belajar pada pelajaran pelaku ekonomi, sampai-sampai hasil belajar ekonomi murid menjadi lebih baik dari sebelumnya.

Oleh karena tersebut perlu dilaksanakan langkah pilihan lain yangdiinginkan mampu menambah hasil belajar murid pada pelajaran pelaku ekonomi terutama latihan ekonomi. Berdasarkan persoalan diatas penelitihendak melakukan riset dengan judl “Meningkatkan Hasil Belajar Ekonomi Melalui Model Pembelajaran Debat Pada Kelas XI Siswa SMA Negeri 2 ............ Pada Materi pelaku ekonomi”.

1.2 Identifikasi Masalah
Berdasarkan latar belakang di atas, maka yang menjadi identifikasi masalah dalam penelitian ini adalah:
1)        Hasil belajar ekonomi siswa masih belum memuaskan dalam kategori rendah.
2)        Aktivitas guru dan siswa belum sepenuhnya maksimal dalam proses belajar mengajar.
3)        Respon siswa dalam setiap proses belajar masih belum mendapat perubahan terhadap keinginan dalam belajar.

1.3 Rumusan Masalah
Berdasarkan pembatasan masalah di atas, maka permasalahan yang muncul adalah:
1)        Bagaimanakah meningkatkan hasil belajar siswa di kelas XI SMA Negeri 2 ............ dengan model pembelajaran debat pada materi pelaku ekonomi?
2)        Bagaimanakah aktivitas guru dan siswa kelas XI SMA Negeri 2 ............ dengan model pembelajaran debat pada materi pelaku ekonomi?
3)        Bagaimanakah respon siswa dalam kelas XI SMA Negeri 2 ............ dengan model pembelajaran debat pada materi pelaku ekonomi?

1.4       Tujuan Penelitian
Sesuai dengan permasalahan pokok di atas, tujuan yang ingin dicapai dalam penelitian ini adalah:
1)        Untuk mengetahui hasil belajar siswa di kelas XI SMA Negeri 2 ............ dengan model pembelajaran debat pada materi pelaku ekonomi?
2)        Untuk mengetahui aktivitas guru dan siswa kelas XI SMA Negeri 2 ............ dengan model pembelajaran debat pada materi pelaku ekonomi?
3)        Untuk mengetahui respon siswa dalam XI SMA Negeri 3 ............ dengan model pembelajaran debat pada materi pelaku ekonomi?

1.5 Manfaat Penelitian
Adapun berdasarkan tujuan penelitian diatas dapat diambil mamfaatnya sebagai berikut: 
1)        Bagi Peneliti
Memberikan sumbangan pengalaman tentang penelitian tindakan kelas serta sebagai tambahan ilmu pengetahuan.
2)        Bagi siswa
Siswa menjadi lebih termotivasi untuk belajar pelajaran ekonomi pada pokok materi pelaku ekonomi serta meningkatkan hasil belajar siswa di kelas XI SMA Negeri 2 .............
3)        Bagi Guru
Menambah pengetahuan tentang pemanfaatan dengan XI SMA Negeri 2 ............ dengan model pembelajaran debat dalam mata pelajaran ekonomi.

4)        Bagi sekolah
Memberikan sumbangan yang baik bagi sekolah dalam rangka perbaikan proses pembelajaran, sehingga dapat meningkatkan hasil belajar siswa.

1.6 Definisi Operasional
1)        Hasil Belajar Ekonomi adalah suatu proses keinganan yang memberikan peluang keberhasilan belajar.
2)        Model pembelajaran debat adalah suatu diskusi antara dua orang atau lebih yang berbeda pandangan, dimana antara satu pihak dan pihak yang lain saling menyerang.
Pelaku ekonomi adalah Badan Usaha yang telah ditetapkan oleh pemerintah dengan persetujuan Dewan perwakilan Rakyat Daerah pada kelas XI Semester Genap Tahun Ajaran 2018

Link Unduh
BAB
Download

Daftar Pustaka
Download

Jadikan referensi anda dalam menyelesaikan tugas akhir... berhentilah mengeluarkan uang untuk membuat skripsi, menulis skripsi sendiri itu lebih baik...

selamat mencoba

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Meningkatkan Hasil Belajar Ekonomi Melalui Model Pembelajaran Debat Pada Kelas Xi Siswa SMA Pada Materi Pelaku Ekonomi"

Post a Comment