Pengaruh Pelatihan Kerja Terhadap Produktivitas Kerja Karyawan Pada Pt. Pupuk Iskandar Muda (Pim)


Pengaruh Pelatihan Kerja Terhadap Produktivitas Kerja Karyawan Pada Pt. Pupuk Iskandar Muda (Pim)

Bab I Pendahuluan

1.1 Latar Belakang Masalah
Perusahaan atau organisasi memiliki sekian banyak macam instrumen dalam menjangkau tujuannya. Instrumen-instrumen tersebut laksana sumber daya alam (bahan baku), sumber daya insan (tenaga kerja), teknologi dan modal. Namun instrumen yang sangat penting sebenarnya ialah sumber daya manusia, dimana insan merupakan hal penggerak terpenting dari roda organisasi atau perusahaan.
Perusahaan sangat memerlukan sumber daya insan yang kompeten dan berkualitas, khususnya di era globalisasi kini ini. Pada era ini,seluruh organisasi bisnis mesti siap beradaptasi dan memperkuat diri supaya dapat berlomba sehingga dapat menjawab seluruh tantangan di masa yang bakal datang. Sumber daya insan dalam urusan ini karyawan tidak jarang kali berperan aktif dan berpengaruh dalam setiap pekerjaan organisasi sebab manusia sebagai perencana, pelaku serta penentu terwujudnya destinasi organisasi.
Skripsi Ekonomi Manajemen

Produktivitas ialah suatu konsep yang mempunyai sifat universal yang bertujuan untuk meluangkan lebih tidak sedikit barang dan jasa guna lebih tidak sedikit manusia, dengan memakai sumber-sumber riil yang kian sedikit.” Produktivitas ialah suatu pendekatan interdisipliner guna menilai destinasi yang efektif, penciptaan rencana, software pemakaian teknik yang produktivitas untuk memakai sumber-sumber secara efisien, dam tetap mengawal adanya kualitas yang tinggi. Produktivitas memboncengkan pendayagunaan secara terpadu sumber daya insan dan keterampilan, barang modal teknologi, manajemen, informasi, energi, dan sumber-sumber beda menuju untuk pengembangan dan penambahan standar hidup untuk semua masyarakat, melewati konsep produktivitas semesta total.
Pelatihan adalah suatu usaha yang terencana dari perusahaan untuk menambah pengetahuan, kemampuan dan keterampilan karyawan. Dengan pengamalan pelatihan yang tepat, maka perusahaan diinginkan dapat membetulkan efektivitas kerja karyawan dalam menjangkau hasil-hasil kerja yang sudah ditetapkan.
Dengan adanya pelatihan dalam sebuah perusahaan atau organisasi, maka bisa dimungkinkan terjadi penambahan produktivitas kerja, yang pun dikarenakan semua karyawan sudah mempunyai modal atau keterampilan yang lumayan untuk menjangkau tujuan perusahaan atau organisasi.
Karyawan adalah sumber daya potensial sebagai aset yang mempunyai nilai paling penting untuk kelangsungan dan daya saing suatu perusahaan. PT PIM sudah beroperasi lebih dari 30 tahun, untuk tersebut Perusahaan melakukan sekian banyak  pendekatan yang menyokong pencapaian strategi perusahaan dengan mengelola karyawan supaya berdaya guna untuk keselarasan terhadap pencapaian visi dan tujuan perusahaan.
Berdasarkan data di atas jumlah karyawan PT PIM dari mula sampai kini telah merasakan peningkatan yang paling signifikan dampak dari keperluan yang paling tinggi guna menyokong rencana pengembangan perusahaan kedepan, pada tahun kesatu PT PIM berdiri jumlah karyawan sejumlah 199 orang dan terus meningkat sampai menjangkau angka 1.057 pada tahun 2013.
Pelatihan yang diterapkan oleh PT. PIM Persero Kreung Geukuh Kabupaten Aceh Utara dimaksudkan guna mempersiapkan tenaga berpengalaman serta tenaga terampil dalam menyerap dan memungut alih teknologi baik untuk keperluan PT. PIM Persero Kreung Geukuh Kabupaten Aceh Utara, maupun untuk keperluan masyarakat pada umumnya, serta mempersiapkan pendidikan untuk para karyawan PT. PIM Persero Kreung Geukuh Kabupaten Aceh Utara, dalam melaksanakan pekerjaan operasional dalam meniti karier pada sekian banyak  bidang cocok dengan keterampilannya.
Seperti yang peneliti amati di tempat penelitian, diketahui dari tahun ketahun terjadi ketidaktetapan peningkatan dan penurunan antara taget dan realisasi dari segi pelatihan dan produktivitas kerja karyawan di PT. PIM Persero Kreung Geukuh Kabupaten Aceh Utara. Fluktuasi penambahan dan penurunan ini bisa menjadi indikasi bahwa pelatihan dan produktivitas kerja karyawan sekitar ini tidak stabil.
Berdasarkan cerminan latar belakang tersebut, maka diinginkan melalui pelatihan yang baik, nantinya dapat menambah produktivitas kerja karyawan PT. PIM Persero Kreung Geukuh Kabupaten Aceh Utara. Hal ini pun bertujuan untuk menyerahkan rasa percaya diri dan menumbuhkan rasa kepercayaan pada diri karyawan dalam mengerjakan pekerjaannya. Dengan demikian,bilamana rasa percaya diri sudah diwujudkan, maka karyawan itu akan dapat bekerja semaksimal mungkin, sampai-sampai perusahaan dapat menjangkau tujuan yang sudah ditetapkan, yakni produktivitas kerja yang lebih baik.

Berdasarkan pemikiran tersebut di atas, maka penyusun mencoba melakukan penelitian dengan judul: “Pengaruh Pelatihan Kerja Terhadap Produktivitas Kerja karyawan Pada PT. PIM Kabupaten Aceh Utara”.

1.2 Identifikasi Masalah
Berdasarkan latar belakang dapat di identifikasi masalah dalam penelitian ini adalah sebagai berikut:
1)        Masih rendahnya produktivitas kerja karyawan di lingkungan PT. PIM Kreung Geukuh Kabupaten Aceh Utara.
2)        Belum teridentifikasi dampak pelatihan terhadap produktivitas kerja karyawan.
3)        Belum semua karyawan memperoleh pelatihan yang relevan dalam mendukung produktivitas kerja karyawan.

1.3 Pembatasan Masalah 
Pembatasan masalah dilakukan agar peneliti lebih terarah dan terfokus agar tidak menyimpang dari sasaran pokok penelitian yaitu:
1)        Pengaruh materi pelatihan yang diberikan terhadap produktivitas kerja karyawan.
2)        Pengaruh pelatih dalam memberikan pelatihan terhadap produktivitas kerja karyawan.
3)        Pengaruh metode pelatihan dalam memberikan pelatihan terhadap produktivitas kerja karyawan.

1.4 Perumusan Masalah
                  Berdasarkan latar belakang masalah maka dapat dirumuskan permasalahan adalah sebagai berikut:
1)        Sejauhmana relevansi dan efektivitas pelatihan, baik dari sisi materi, pelatih (tutor) dan metodenya pada karyawan PT. PIM Kreung Geukuh Kabupaten Aceh Utara.
2)        Bagaimanakah mengukur tingkat produktivitas kerja karyawan PT. PIM Kreung Geukuh Kabupaten Aceh Utara.
3)        Bagaimanakah pengaruh pelatihan terhadap produktivitas kerja karyawan PT. PIM Kreung Geukuh Kabupaten Aceh Utara.

1.5 Tujuan Penelitian
                  Adapun yang menjadi tujuan dalam penelitian ini adalah sebagai berikut:
1)        Untuk mengetahui sejauhmana relevansi dan efektivitas pelatihan, baik dari sisi materi, pelatih (tutor) dan metodenya pada karyawan PT. PIM Kreung Geukuh.
2)        Untuk mengukur tingkat produktivitas kerja karyawan PT. PIM Kreung Geukuh Kabupaten Aceh Utara.
3)        Untuk mengetahui pengaruh pelatihan terhadap produktivitas kerja karyawan PT. PIM Kreung Geukuh Kabupaten Aceh Utara.

Link Unduh:
Bab I-III
Download
Bab IV-V
Download
Daftar Pustaka
Download

Semoga bermanfaat, jadikanlah sebagai referency anda dalam menyelesaikan kuliah

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Pengaruh Pelatihan Kerja Terhadap Produktivitas Kerja Karyawan Pada Pt. Pupuk Iskandar Muda (Pim) "

Post a Comment