Viral! Cara Mudah Menjadi Seorang Pembelajar Sejati yang Harus Makmalian Ketahui!


Viral! Cara Mudah Menjadi Seorang Pembelajar Sejati yang Harus Makmalian Ketahui!

Belajar merupakan suatu kegiatan yang memiliki awal tapi tidak memiliki akhir. Kita tahu sejak kapan seseorang itu harus mulai belajar, mulai mengenal sesuatu dan mulai melakukan sesutu tapi kapan kita berhenti atau dikatakan selesai belajar. Karena sejatinya belajar adalah kegiatan yang terus dialakukan selama hayat dikandung badan. Belajar tidak hanya dilakukan di bangku sekolah atau bangku kuliah saja. Banyak sumber belajar yang bisa dijadikan pelajaran dalam menjalani kehidupan ini. Setiap rangkaian kehidupan ini mengandung pelajaran yang bisa menambah pengetahuan yang baik bagi kita.

Viral! Cara Mudah Menjadi Seorang Pembelajar Sejati yang Harus Makmalian Ketahui!


Realita yang kita hadapi saat ini bahwa setelah lulus sekolah atau lulus kuliah kemudian bekerja dan ada juga yang belum bekerja. Mereka mengatakan telah selesai belajar dan cukup belajar sampai disitu saja sehingga mereka berada pada titik nyaman. Titik di mana mereka tidak mau bergeser atau berpindah ke titk lain walaupun titik saat ini titik yang nyaman baginya adalah titik yang merugikan banyak orang. Katakanlah seorang pendidik. Ketika telah menjadi guru, mengajar dan menghasilakn sesuatu untuk hidup dan keluarganya, maka posisi itu dianggap sudah ideal baginya, walaupun cara mengajarnya belum sesuai dengan yang seharusnya. Padahal, guru adalah pembelajar. Ketika guru memutuskan untuk berhenti belajar berarti ia memutuskan untuk berhenti mengajar.


Bagaimana agar semangat belajar terus menggelora pada diri kita.  Agar setiap tarikan nafas kita dijadikan pelajaran dan bagaimana agar setiap langkah kita menjadi catatan pahala. Sehingga jalan kita menuju syurga dipermudah dengan menjadi pembelajar sepanjang hayat. Tentu ada kiat-kiat untuk mewujudkan semua itu, berikut tips agar menjadi pembelajar sepanjang hayat:

1.            Seiring berjalannya waktu ilmu terus mengalami perkembangan, jika kita berhenti belajar maka kita akan tertinggal.
2.            Manusia akan mudah pikun jika sel saraf tidak digunakan secara optimal karena makin banyak informasi yang kita dapatkan maka sel saraf kita akan terus bersatu menyatukan diri yang memperkuat daya ingat, begitupun sebaliknya sel saraf otak akan putus memisahkan diri yang memicu percepatan pikun pada seseorang.
3.            Dapat menjadikan seseorang bahagia dunia dan akhirat. Orang yang senantiasa belajar maka ia akan terus mendapatkan ilmu maka seseorang itu telah memenuhi syarat untuk bahagia di dunia dan bahagia di akhirat.
4.            Belajar merupakan kewajiban bagi setiap insan, maka ketika seseorang itu belajar berarti ia telah menjalankan kewajibannya sehingga ia juga mendapat kemudahan untuk menuju surga.
5.            Agar diterimanya amal kita karena syarat diterimanya amal adalah jika dilakukan denagn ilmu. Sedangkan untuk mendapatkan ilmu melalui belajar.
6.            Menjadi sebaik-baik manusia. Karena orang yang belajar dan mengajarkan sesuatu atau orang yang bermanfaat  bagi manusia lain adalah sebaik-baik manusia.

Inilah tips menjadi pembelajar sepanjang hayat dari saya. Tips keenam menurut saya sangat cocok bagi program yang sekarang saya ikuti yaitu Program Sekolah Literasi Indonesia dari Makmal Pendidikan Dompet Dhuafa, di mana kepala sekolah dan dewan guru diajarkan, dimotivasi dan didampingi untuk terus belajar dan mengajarkan kepada peserta didik sesuai dengan Al-Qur’an  dan sunnah.  Program ini sangat bagus dan penuh manfaat. Semoga terus berlanjut untuk selamanya. Dan suatu saat nanti program ini bisa diikuti oleh seluruh lembaga pendidikan di Indonesia hingga tercipta Indonesia yang bermartabat.

Sumber: makmalpendidikan.net

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Viral! Cara Mudah Menjadi Seorang Pembelajar Sejati yang Harus Makmalian Ketahui!"

Post a Comment