Pengaruh Model Pembelajaran Learning Starts With A Question Terhadap Hasil Belajar Pada Kd Menganalisis Pelestarian Lingkungan Hidup Di Kelas XI Sma
Pengaruh Model Pembelajaran Learning Starts With A Question Terhadap Hasil Belajar Pada Kd Menganalisis Pelestarian Lingkungan Hidup Di Kelas XI Sma
Bab I
Pendahuluan
1.1 Latar Belakang Masalah
Pendidikan adalah suatu proses
mencerdaskan kehidupan bangsa, menambah kualitas insan Indonesia, serta
mewujudkan destinasi nasional bangsa Indonesia, proses edukasi yang
dilaksanakan di sekolah merupakan pekerjaan pendidikan belajar dan melatih untuk
menjangkau tujuan pendidikan ialah salah satu tanggung jawab dan beban seluruh pihak
yang bergerak dalam dunia edukasi untuk menerapkan peningkatan bobot pendidikan.
Salah satu usaha untuk menambah mutu edukasi yaitu melewati kualitas pengajaran
dari setiap mata pelajaran, keberhasilan peserta didik dalam menjangkau tujuan
edukasi tergantung dari proses belajar yang dialmi oleh peserta didik, selain
tersebut dalam proses belajar dan melatih dituntut sebuah perencanaan yang lumayan
mantap dari guru.
Bagi menunjang maksud tersebut,
pemerintah terus berjuang untuk menambah mutu pendidikan. Terdapat tidak sedikit
faktor yang diacuhkan antara beda guru sebagai pengajar, siswa, cara serta
pendekatan yang dipakai dan perangkat peraga. Keberhasilan edukasi formal bakal ditentukan
oleh pengamalan kegiatan belajar melatih yakni keterpaduan antara pekerjaan para
guru dengan peserta didik, sampai-sampai proses belajar melatih tidak bisa terlepas
dari borongan sistem pendidikan”.
Skripsi Pendidikan Geografi |
Salah satu masalah yang dihadapi
ketika ini ialah berkaitan dengan masalah belajar. Maka dalam urusan ini, guru
sebagai pebimbing murid mengupayakan agar dapat menanggulangi masalah
tersebut, menurut keterangan dari siswa latihan geografi adalah pelajaran yang
dirasakan sulit. Hal ini diakibatkan banyaknya kata ilmiah, menggambar, hafalan
yang diharuskan dalam mata latihan geografi, dan tidak jarang kena jam latihan geografi
jam terakhir sehingga menciptakan anak tidak gairah lagi dalam proses belajar
mengajar. Selain tersebut kebayakan guru masih ingin menggunakan metode latihan
yang terfokus pada kitab teks.
Media pembelajran menjadi salah
satu pilihan yang dijadikan penyelesaian terhadap persoalan minat murid dalam
keterampilan berbicara. Model pembelajaran dapat ditafsirkan sebagai sebuah rencana
yang dilakukan pendidik (guru) guna mengoptimalkan potensi peserta didik supaya
siswa tercebur aktif dalam pekerjaan pembelajaran dan menjangkau hasil yang
diharapkan. Ada sejumlah model pembelajaran yang dapat dipakai oleh guru dalam
melaksanakan pekerjaan belajar melatih di kelas, salah satunya ialah motode Star
Learning With A Question, guru mesti memilih strategi supaya anak didik bisa belajar
secara efektif dan efesian tentang pada destinasi yang diharapkan”.
Rendahnya hasil belajar murid dapat
disaksikan dari hasil ujian semester pada latihan bahasa insonesia doktrin 2014/2015
semester ganjil, dari 22 orang siswa ruang belajar X yang mengekor ujian
semester, melulu 11 murid yang telah menjangkau nilai kriteria ketuntasan paling
tidak (KKM) sebesar 70 dengan presentasi ketuntasan menjangkau 53. %. Salah
satu penyelesaian untuk menuntaskan masalah tersebut ialah dengan memakai model
pembelajaran yang bervariatif. Seperti, “Model Starts Learning With A. Question
adalah metode pembelajaran aktif dalam bertanya”. cara ini diminta untuk siswa
supaya aktif dalam bertanya,
Kelebihan cara ini antara lain,
(1) merangsang kegiatan siswa dalam format ide, usulan dan solusi masalah (2)
membudayakan siswa bertukar fikiran, (3) menyerahkan keterampilan untuk siswa
guna menyajikan pendapat, meneriama dan menghargai pendapat orang beda (4)
cakrawala berfikir murid menjadi lebih luas dalam mengupas sebuah masalah.
Adapun kelemahan model ini
yaitu:(1) menilai masalah yang tingkat kesulitannya cocok tingkat murid bukan
urusan mudah, (2) percakapan dimonopoli oleh murid yang sudah terbisa dan
terampil menyampaikan pendapat. Berdasarkan uraian diatas yang memakai model
pembelajaran kooperatif , maka peneliti hendak melakukan riset yang berjudul
:“Pengaruh Model Pembelajaran Learning Starts With A Question Terhadap Hasil
Belajar Pada Kd Menganalisis Pelestarian Lingkungan Hidup Di Kelas XI Sma
Negeri 1 ............”
1.2 Rumusan masalah
Berdasarkan latar belakang diatas, maka yang menjadi
permasalahan dalam penelitian ini adalah: “Adakah Pengaruh model pembelajaran learning starts with a question terhadap hasil belajar
pada KD menganalisis pelestarian lingkungan hidup di kelas XI SMA negeri 1 .............
1.3 Tujuan Penelitian
Tujuan dilakukannya penelitian ini adalah untuk mengetahui
Pengaruh model pembelajaran
learning starts with a question terhadap
hasil belajar pada KD menganalisis pelestarian lingkungan hidup di kelas XI SMA Negeri 1 .............
1.4 Manfaat Penelitian
Penelitian ini memberikan manfaat kepada berbagai pihak yakni
siswa, guru dan peneliti yaitu sebagai berikut:
1.4.1 Manfaat teoritis
Manfaat
penelitian ini diharapkan dapat memberikan manfaat sebagai berikut :
1. Bagi
siswa hasil belajar lebih meningkat , permasalah pembelajaran siswa akan cepat
diselesaikasn sesui dengan kebutuhan belajar siswa.
2. Sebagai
bahan pertimbangan gurun dalam memilih model pembelajaran yang sesuai materi
yang diajarkan dapat mengoptimalkan kegiatan belajar mengjar.
3.
Mendapatkan bekal tambahan bagi peneliti sebagai mahasiswa sehingga siap
melaksanakan tugas lapangan.
1.5Anggapan Dasar dan Hipotesis
1.5.1 Anggapan Dasar
Menurut Surakhmad (2007:123) anggapan dasar merupakan
sebuah titik tolak pemikiran yang kebenaranya diterima oleh penyelidik, dimana
setiap penyelidikdapat merumuskan postulat yang berbeda.yang menjadi anggapan
dalam penelitian ini adalah: “Adakah Pengaruh
model pembelajaran learning
starts with a question terhadap hasil belajar pada KD menganalisis
pelestarian lingkungan hidup di kelas XI SMA
Negeri 1 .............
1.5.2 Hipotesis
Menurut sugiono (2008), menyatakan bahwa hipotesis
merupakan jawaban terhadap rumusan maslah penelitian. Berdasarkan kerangka
teoristis yang telah peneliti uraikan di atas , maka hipotesis dalam penelitian
ini adalah : terdapat Pengaruh model pembelajaran learning starts with a question terhadap hasil belajar
pada KD menganalisis pelestarian lingkungan hidup di Kelas XI SMA negeri 1 .............
1.6 Ruang Lingkup Penelitian
Adapun yang menjadi ruang lingkup dalam penelitian ini
adalah. Terhadap lokasi penelitian dan menganalisis pelestarian lingkungan
hidup di kelas XI SMA Negeri 1 .............
1.7 Defenisi Operasional
Untuk menghindari kesalahan penafsiran terhadap istilah
yang dipakai pada judul penelitian ini, maka penulis pelu menjelaskan defeniisi
operasionalnya sebagai berikut:
1) Hasil
belajar adalah kemampuan yang dimiliki siswa selama proses belajar mengajar
dalam kurun waktu tertentu, yang di ukur dengan tes.
2) Menurut
Tarigan (2008:16) mengatakan bahwa”berbicara berarti kemampuan mengungkapkan
bunyi-bunyi artikulasi atau kata-kata untuk mengekpresikan, menyatakan atau
menyampaikan pikiran, gagasan dan perasaan”.
3) Pembelajaran
Learning Starts With A. Question Menurut Howard (2008 : 63), menyebutkan bahwa
“Model Learning Starts With A. Question merupakan metode pembelajaran aktif
dalam bertanya”
Link Unduh:
Bab I-III
Bab IV-V/ Daftar Pustaka
Jangan lupa, like, share dan comentnya jika ada masalah.. semoga bermanfaat
0 Response to "Pengaruh Model Pembelajaran Learning Starts With A Question Terhadap Hasil Belajar Pada Kd Menganalisis Pelestarian Lingkungan Hidup Di Kelas XI Sma"
Post a Comment