Pengaruh Model Pembelajaran Learning Starts With A Question Terhadap Hasil Belajar Pada Kd Menganalisis Pelestarian Lingkungan Hidup Di Kelas XI Sma

Pengaruh Model Pembelajaran Learning  Starts With A Question Terhadap Hasil Belajar Pada Kd Menganalisis Pelestarian Lingkungan Hidup Di Kelas XI Sma

Bab I
Pendahuluan

1.1 Latar Belakang Masalah
Pendidikan adalah suatu proses mencerdaskan kehidupan bangsa, menambah kualitas insan Indonesia, serta mewujudkan destinasi nasional bangsa Indonesia, proses edukasi yang dilaksanakan di sekolah merupakan pekerjaan pendidikan belajar dan melatih untuk menjangkau tujuan pendidikan ialah salah satu tanggung jawab dan beban seluruh pihak yang bergerak dalam dunia edukasi untuk menerapkan peningkatan bobot pendidikan. Salah satu usaha untuk menambah mutu edukasi yaitu melewati kualitas pengajaran dari setiap mata pelajaran, keberhasilan peserta didik dalam menjangkau tujuan edukasi tergantung dari proses belajar yang dialmi oleh peserta didik, selain tersebut dalam proses belajar dan melatih dituntut sebuah perencanaan yang lumayan mantap dari guru.

Bagi menunjang maksud tersebut, pemerintah terus berjuang untuk menambah mutu pendidikan. Terdapat tidak sedikit faktor yang diacuhkan antara beda guru sebagai pengajar, siswa, cara serta pendekatan yang dipakai dan perangkat peraga. Keberhasilan edukasi formal bakal ditentukan oleh pengamalan kegiatan belajar melatih yakni keterpaduan antara pekerjaan para guru dengan peserta didik, sampai-sampai proses belajar melatih tidak bisa terlepas dari borongan sistem pendidikan”.


Skripsi Pendidikan Geografi

Salah satu masalah yang dihadapi ketika ini ialah berkaitan dengan masalah belajar. Maka dalam urusan ini, guru sebagai pebimbing murid mengupayakan agar dapat menanggulangi masalah tersebut, menurut keterangan dari siswa latihan geografi adalah pelajaran yang dirasakan sulit. Hal ini diakibatkan banyaknya kata ilmiah, menggambar, hafalan yang diharuskan dalam mata latihan geografi, dan tidak jarang kena jam latihan geografi jam terakhir sehingga menciptakan anak tidak gairah lagi dalam proses belajar mengajar. Selain tersebut kebayakan guru masih ingin menggunakan metode latihan yang terfokus pada kitab teks.
Media pembelajran menjadi salah satu pilihan yang dijadikan penyelesaian terhadap persoalan minat murid dalam keterampilan berbicara. Model pembelajaran dapat ditafsirkan sebagai sebuah rencana yang dilakukan pendidik (guru) guna mengoptimalkan potensi peserta didik supaya siswa tercebur aktif dalam pekerjaan pembelajaran dan menjangkau hasil yang diharapkan. Ada sejumlah model pembelajaran yang dapat dipakai oleh guru dalam melaksanakan pekerjaan belajar melatih di kelas, salah satunya ialah motode Star Learning With A Question, guru mesti memilih strategi supaya anak didik bisa belajar secara efektif dan efesian tentang pada destinasi yang diharapkan”.
Rendahnya hasil belajar murid dapat disaksikan dari hasil ujian semester pada latihan bahasa insonesia doktrin 2014/2015 semester ganjil, dari 22 orang siswa ruang belajar X yang mengekor ujian semester, melulu 11 murid yang telah menjangkau nilai kriteria ketuntasan paling tidak (KKM) sebesar 70 dengan presentasi ketuntasan menjangkau 53. %. Salah satu penyelesaian untuk menuntaskan masalah tersebut ialah dengan memakai model pembelajaran yang bervariatif. Seperti, “Model Starts Learning With A. Question adalah metode pembelajaran aktif dalam bertanya”. cara ini diminta untuk siswa supaya aktif dalam bertanya,
Kelebihan cara ini antara lain, (1) merangsang kegiatan siswa dalam format ide, usulan dan solusi masalah (2) membudayakan siswa bertukar fikiran, (3) menyerahkan keterampilan untuk siswa guna menyajikan pendapat, meneriama dan menghargai pendapat orang beda (4) cakrawala berfikir murid menjadi lebih luas dalam mengupas sebuah masalah.
Adapun kelemahan model ini yaitu:(1) menilai masalah yang tingkat kesulitannya cocok tingkat murid bukan urusan mudah, (2) percakapan dimonopoli oleh murid yang sudah terbisa dan terampil menyampaikan pendapat. Berdasarkan uraian diatas yang memakai model pembelajaran kooperatif , maka peneliti hendak melakukan riset yang berjudul :“Pengaruh Model Pembelajaran Learning Starts With A Question Terhadap Hasil Belajar Pada Kd Menganalisis Pelestarian Lingkungan Hidup Di Kelas XI Sma Negeri 1 ............”


1.2 Rumusan masalah            
Berdasarkan latar belakang diatas, maka yang menjadi permasalahan dalam penelitian ini adalah: “Adakah Pengaruh  model pembelajaran learning  starts with a question terhadap hasil belajar pada KD menganalisis pelestarian lingkungan hidup di  kelas XI SMA negeri 1 .............

1.3 Tujuan Penelitian
Tujuan dilakukannya penelitian ini adalah untuk mengetahui Pengaruh  model pembelajaran learning  starts with a question terhadap hasil belajar pada KD menganalisis pelestarian lingkungan hidup di  kelas XI SMA Negeri 1 .............

1.4 Manfaat Penelitian
Penelitian ini memberikan manfaat kepada berbagai pihak yakni siswa, guru dan peneliti yaitu sebagai berikut:
1.4.1 Manfaat teoritis
                        Manfaat penelitian ini diharapkan dapat memberikan manfaat sebagai berikut :
1.         Bagi siswa hasil belajar lebih meningkat , permasalah pembelajaran siswa akan cepat diselesaikasn sesui dengan kebutuhan belajar siswa.
2.         Sebagai bahan pertimbangan gurun dalam memilih model pembelajaran yang sesuai materi yang diajarkan dapat mengoptimalkan kegiatan belajar mengjar.
3.         Mendapatkan bekal tambahan bagi peneliti sebagai mahasiswa sehingga siap melaksanakan tugas lapangan.

1.5Anggapan Dasar dan Hipotesis
1.5.1 Anggapan Dasar
Menurut Surakhmad (2007:123) anggapan dasar merupakan sebuah titik tolak pemikiran yang kebenaranya diterima oleh penyelidik, dimana setiap penyelidikdapat merumuskan postulat yang berbeda.yang menjadi anggapan dalam penelitian ini adalah: “Adakah Pengaruh  model pembelajaran learning  starts with a question terhadap hasil belajar pada KD menganalisis pelestarian lingkungan hidup di kelas XI SMA  Negeri 1 .............
1.5.2  Hipotesis
Menurut sugiono (2008), menyatakan bahwa hipotesis merupakan jawaban terhadap rumusan maslah penelitian. Berdasarkan kerangka teoristis yang telah peneliti uraikan di atas , maka hipotesis dalam penelitian ini adalah :  terdapat Pengaruh  model pembelajaran learning  starts with a question terhadap hasil belajar pada KD menganalisis pelestarian lingkungan hidup di Kelas XI SMA negeri 1 .............

1.6 Ruang Lingkup Penelitian
Adapun yang menjadi ruang lingkup dalam penelitian ini adalah. Terhadap lokasi penelitian dan menganalisis pelestarian lingkungan hidup di kelas XI SMA Negeri 1 .............

1.7 Defenisi Operasional        
Untuk menghindari kesalahan penafsiran terhadap istilah yang dipakai pada judul penelitian ini, maka penulis pelu menjelaskan defeniisi operasionalnya sebagai berikut:
1)         Hasil belajar adalah kemampuan yang dimiliki siswa selama proses belajar mengajar dalam kurun waktu tertentu, yang di ukur dengan tes.
2)         Menurut Tarigan (2008:16) mengatakan bahwa”berbicara berarti kemampuan mengungkapkan bunyi-bunyi artikulasi atau kata-kata untuk mengekpresikan, menyatakan atau menyampaikan pikiran, gagasan dan perasaan”.

3)         Pembelajaran Learning Starts With A. Question Menurut Howard (2008 : 63), menyebutkan bahwa “Model Learning Starts With A. Question merupakan metode pembelajaran aktif dalam bertanya”


Link Unduh:
Bab I-III

Bab IV-V/ Daftar Pustaka

Jangan lupa, like, share dan comentnya jika ada masalah.. semoga bermanfaat

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Pengaruh Model Pembelajaran Learning Starts With A Question Terhadap Hasil Belajar Pada Kd Menganalisis Pelestarian Lingkungan Hidup Di Kelas XI Sma"

Post a Comment